Cara Sepele Menghemat Listrik dan Menyelematkan Bumi Tercinta

Listrik sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari, bahkan hampir semua aktivitas kita sangat tergantung dari listrik. Listrik memang benda ajaib yang mampu mengubah dunia kita menuju dunia yang lebih maju dan melesat ke depan dengan lompatan yang sungguh luar biasa.



Jika tidak ada listrik mungkin kita tidak akan melihat berbagai penemuan canggih yang sekarang akrab kita gunakan sehari-hari. Contohnya seperti :
  • televisi, 
  • radio, 
  • smartphone, 
  • komputer, 
  • alat transportasi dan sebagainya. Semua itu lahir berkat adanya listrik yang menyuplai energi bagi setiap riset dan percobaan untuk menemukan sesuatu yang baru.


Menggunakan BBM yang tidak ramah lingkungan 

Listrik masih dibuat dengan pembangkit yang kebanyakan menggunakan bahan bakar fosil di negara kita, terutama BBM.

Pembangkit listrik yang masih menggunakan bahan bakar fosil terutama BBM memiliki kelemahan-kelemahan seperti : harganya mahal, bisa menyebabkan polusi dari hasil pembakaran BBM tersebut, jika semakin banyak pembangkit seperti ini karena kebutuhan listrik terus meningkat, maka CO₂ hasil pembakaran akan semakin menggelembung jumlahnya dan membuat bumi semakin panas.


Langkah sepele menghemat listrik 

Kok disebut sepele? Iya, karena banyak orang yang menganggap hal ini kurang penting tapi sebenarnya sangatlah besar efeknya untuk menghemat listrik.

Apa saja itu? Berikut adalah beberapa hal sepele yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik di rumah.

1. Mencabut kabel listrik dari alat-alat yang sudah tidak dipakai

Kabel listrik jangan terus ditancapkan ke sumbernya, jika terus ditancapkan lama-lama akan panas. Ini berpengaruh terhadap pemanasan global.

Memang jika cuma satu tertancap pemanasan yang terjadi sedikit, tetapi jika jutaan orang menancapkan maka panasnya juga bertambah besar.

Misalnya colokan televisi yang masih tertancap walaupun tv sedang mati, tetap menyedot listrik. Sebaiknya dicabut saja jika sudah tidak digunakan.

2. Tidur jangan menonton televisi

Kalau sudah mau tidur, televisi sebaiknya dimatikan saja. Ini untuk mencegah listrik tetap terpakai dan terbuang percuma.

Atau pakai cara lain, yaitu dengan mengaktifkan fitur sleep. Atur waktunya 30 menit saja dan andapun tidak perlu mematikan televisi sendiri karena ia akan mati dengan sendirinya. Sehingga listrikpun bisa dihemat.


3. Matikan lampu di siang hari

Usahakan untuk menggunakan penerangan alami di siang hari dengan bantuan matahari. Lampu jangan terus dihidupkan karena sangat boros energi.

Desain rumah bisa dibuat dengan banyak jendela sehingga sinar alami bisa masuk dengan leluasa ke dalam rumah.
(Baca : Manfaat bersih-bersih rumah yang belum diketahui)


4. AC jangan dinyalakan terus menerus

Energi yang disedot oleh AC lumayan besar lho dan jika terus dihidupkan ketika tidak ada orang di dalamnya, sungguh sangat boros dan merugikan.

Desain rumah yang banyak jendela memungkinkan udara untuk masuk dengan bebas dan membuat suasana dalam rumah tetap sejuk tanpa mengandalkan AC.

5. Gunakan lampu LED

Betul sekali lho, lampu LED ini sangat membantu dalam mengurangi tagihan listrik bulanan saya. Banyak yang bisa saya hemat jadinya, uangpun bisa disimpan untuk tabungan agar bisa membeli mobil :)
(Baca juga : Bagaimana lampu LED mampu mengurangi tagihan listrik saya secara drastis)


6. Gunakan termos dibanding dispenser

Jika anda sering menggunakan air hangat untuk membuat minum kopi atau teh, ada baiknya dipagi hari membuat air hangat agak banyak dan simpan di termos.

Ini jauh lebih hemat jika harus menggunakan dispenser ataupun pemanas air untuk membuat air hangat  setiap kali anda ingin menyeduh kopi.

7. Gunakan panel surya

Harga panel surya memang sekarang masih mahal, tapi jika anda punya uang lebih bisa menggunakan panel ini.

Andapun terbebas dari tagihan listrik bulanan dan cukup melakukan pemeliharaan rutin berkala untuk alat ini. (Baca : Teknik mudah menyelamatkan uang dari sifat boros)

8. Gunakan daya lampu yang optimal, jangan maksimal

Kalau misalnya di ruangan anda cukup menggunakan lampu yang dayanya 5 watt, mengapa harus pakai yang 10 watt atau lebih. Ini hanya pemborosan saja.

Lampu 5 watt LED dari merk terkenal sudah sangat terang dan cukup menerangi kamar ukuran 3m x 3m. Coba deh kalau tidak percaya.
(Baca : Ini dia penerangan cepat di kala gelap)

Kesimpulan 

Langkah-langkah sepele ini jika diterapkan dengan baik akan bisa memberikan penghematan listrik yang luar biasa bagi rumah anda.
  • Sekali lagi jangan sepelekan hal-hal yang remeh ini, karena ia bisa membantu kita dalam menghemat isi dompet untuk tagihan yang sebenarnya bisa dicegah.
  • Kemudian jika hemat listrik, kita bisa menyelamatkan bumi dari pengaruh pemanasan global yang bisa membuat suhu bumi semakin panas.
 Nah sudah siap untuk menerapkan cara-cara yang sepele ini???

Baca juga :

10 comments for "Cara Sepele Menghemat Listrik dan Menyelematkan Bumi Tercinta"

  1. Replies
    1. sama-sama gan.. semoga tagihan listriknya bisa dihemat nanti di rumah.. hehehe..

      Delete
  2. Replies
    1. iya gan.. agak mahal sih biaya awalnya.. tapi hemat nantinya..

      Delete
  3. sangat bermanfaat infonya gan trimakasih sudah berkenan untuk berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama gan, mudah-mudahan bisa membantu..

      Delete
  4. Sepele tapi sarat akan makna gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan ,yang sepele biasanya tidak dianggap. Tapi efeknya bisa besar sekali lho..

      Delete
  5. terima kasih gan atas infonya, sangat bermanfaat ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan..
      Mudah-mudahan bisa mengurangi tagihan listrik di rumah

      Delete