Home » » Trik Menghafal Pelajaran Yang Menyenangkan dan Jauh Dari Membosankan

Trik Menghafal Pelajaran Yang Menyenangkan dan Jauh Dari Membosankan

Menghafal pelajaran
Menghafal pelajaran

Mata pelajaran menghafal mungkin menjadi suatu momok tersendiri bagi beberapa pelajar. Ini bisa terjadi jika mereka kurang begitu dekat dengan aktivitas membaca.

Tapi jika berhasil menghafal materi pelajaran yang akan diujikan, pastinya mereka percaya diri menghadapi tes tersebut dan bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.


 Intinya adalah sering 

Dalam trik yang saya bagikan kali ini, inti utamanya adalah sering dibaca dan dibaca. Disini para pelajar memang harus mau membaca dan jangan terbuai godaan sesat untuk menjauhi membaca.

1. Sering. Ya, memang harus sering dan sering lagi.

2. Tapi tidak perlu banyak-banyak.

Ok, dua hal diatas bisa disimpulkan seperti ini :
Agar bisa menghafal dengan baik, maka suatu materi harus sering-sering dibaca dan bahkan hanya dalam waktu yang tidak begitu lama.
Para pelajar bisa membaca materi tersebut misalnya dua halaman-dua halaman setiap10 menit, atau rentang waktu yang diatur sendiri. 
Dengan begitu, maka anda tidak akan terbebani oleh jumlah halaman yang harus dibaca. Anda bisa memfokuskan untuk membaca dua halaman itu sampai benar-benar setiap kata anda ingat.

Keuntungan membaca sering-sering adalah kita akan menjadi hafal dengan sendirinya, ini karena kita sering melihat dan membaca materi itu. Hasilnya berbagai materi itu seperti tertanam dalam otak dengan sendirinya.

#Tips tambahan

Coba deh lakukan tes kecil-kecilan terhadap diri sendiri. Buat pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang dipelajari dan coba jawab tanpa melihat buku.

Kalau ada yang lupa, segera lihat kembali bukunya dan ulangi menjawab pertanyaan tadi sehingga jawabannya lengkap dan tepat.

 Ulangi dan ulangi 

Dengan hanya membaca dua halaman, maka anda akan dengan mudah mengulangi membacanya lagi dari awal. Lakukan pengulangan ini terus dan terus, sampai benar-benar hafal.

Ini akan membuat  anda semakin hafal dengan materi yang ada di dalamnya. Kemudian jika sudah terbiasa dengan dua halaman, lanjutkan dengan menghafal sampai 5 halaman.

 Atur waktunya 

Jika ada beberapa pelajaran yang harus dihafal, maka aturlah waktu anda di rumah dengan baik. Sehingga bisa membaca semua pelajaran yang sedang dipelajari.

#Tips tambahan

Setelah pulang sekolah dan tiba di rumah, cobalah untuk mengulang pelajaran hari ini selama 15 menit saja.

Coba ingat poin-poin penting dari apa yang sudah dipelajari. Cara ini sangat efektif sekali untuk membuat kita semakin ingat dengan materi yang dibaca.

Terus malamnya jangan lupa untuk belajar lagi. Agar semakin nempel saja berbagai pelajaran itu di otak. Melakukan ini terus maka anda akan mudah mengingat berbagai materi di sekolah.

 Saya sudah membuktikan 

Menghafal dengan cara membaca sering tapi sedikit-sedikit dan diulang-ulang terus sudah saya buktikan khasiatnya. Dalam suatu ujian kuliah yang membutuhkan hafalan banyak, nilai saya sempurna "A".

Ini karena saya sudah membaca materi pelajaran itu "sebulan" sebelum ujian dilakukan. Tentu saja dengan cara dicicil dan dibaca sering terus diulang-ulang.

Mata kuliah yang lain tidak saya lupakan begitu saja dan tidak hanya terfokus pada mata kuliah ini. Semua saya kombinasikan membacanya agar semua mata kuliah saya ingat dengan baik materinya.

 Kesimpulan 

Ok, berikut bisa saya simpulkan bagaimana caranya agar menghafal materi pelajaran itu menyenangkan dan jauh dari kata membosankan :

1. Baca jauh-jauh hari sebelum ujian dilakukan. Persiapan yang lebih lama hasilnya lebih baik.
2. Bacanya sedikit-sedikit tapi sering.
3. Jika sudah hafal dengan beberapa halaman awal, lanjutkan membaca lagi halaman berikutnya.
4. Ulangi prosesnya dari awal. Ulangi-ulangi dan ulangi.
5. Atur waktunya agar semua pelajaran mendapatkan kesempatan yang sama untuk dibaca dengan cara diatas.
6. Semoga berhasil...



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


2 comments:

  1. efektif sekali... saya mulai menerapkan trik ini dan hasilnya luar biasa, saya jadi merasa pintar hahaha terimakasih untuk artikelnya, very useful

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga membantu mas diman..
      memang menghafal itu kadang membosankan, tapi kalau dilakukan sedikit sedikit, hasilnya sungguh bagus..

      Delete