Jangan Buru-buru!! Bacalah Artikel di Internet Dengan Teliti dan Cermat

Jawab yang jujur ya!!!

Seberapa teliti dan cermatkah anda membaca artikel di internet? Baik itu dari blog atau situs berita.



Pengalaman saya membaca artikel seperti ini :

Pertama : Saat baru mempunyai smartphone, mencari berita sangat mudah di internet. Artikelnya saya baca dengan teliti dan detail.
Kedua : Setelah menjadi kebiasaan, membaca mulai dipercepat dan kadang hanya mencari inti beritanya.

Ternyata salah

Pengalaman nomor dua ternyata sangatlah salah dan tidak menguntungkan. Itu saya sadari setelah mencoba untuk membaca artikel dengan lebih teliti.

"Ini sih dari pengalaman saya pribadi ya dan mudah-mudahan bisa membantu teman-teman." 
Ada sedikit alasan yang membuat membaca cepat-cepat, bahkan melompat-lompat itu tidak baik.

1. Tidak mendapatkan isi yang lengkap

Kebiasaan terburu-buru membuat saya tidak mendapatkan isi artikel yang lengkap.

Akhirnya setelah membaca ulang, barulah sadar betapa kelirunya kalau membaca tidak cermat dan teliti.
Informasi penting terlewati dan tidak mendapatkan pemahaman yang baik.


2. Banyak informasi tambahan yang terlewatkan 

Sering dalam suatu artikel ada informasi-informasi tambahan yang masih berhubungan dengan topik utama.

Informasi seperti inilah sering terlewat.
Sayang sekali lho.

Setelah membaca lebih teliti dan cermat, ternyata banyak informasi tambahan yang bisa diperoleh dalam satu artikel dengan topik tertentu. 
Pengetahuan bertambah, betul kan?


3. Mempelajari gaya bahasa

Membaca teliti membuat kita memahami gaya bahasa si penulis. Saya bisa mempelajarinya untuk diterapkan dalam tulisan-tulisan blog ini.

Semakin banyak gaya bahasa yang diketahui, bisa memperkaya kemampuan dalam menulis artikel
Dengan harapan pembaca semakin nyaman dan senang membaca tulisan saya.


4. Melatih kecermatan dan ketelitian

Betul kan? 
Semakin teliti dan cermat dalam membaca, bisa berimbas ke aktivitas lain.

Lebih teliti dan cermat dalam berbagai bidang, pasti hasilnya lebih baik. Akhirnya kita puas dengan pencapaian tersebut.

Kesimpulan

Nah, dengan membaca lebih teliti dan cermat, saya bisa mendapatkan banyak manfaat lho. Semoga teman-teman merasakan hal yang sama ketika membaca suatu artikel di blog atau lainnya.

Apalagi pada pelajaran sekolah, janganlah terburu-buru membaca suatu buku. Serap dengan cermat dan teliti sehingga berbagai informasi penting bisa diperoleh tanpa takut terlewatkan karena terburu-buru.

Semoga bermanfaat ya...


Baca juga ya :

Post a Comment for "Jangan Buru-buru!! Bacalah Artikel di Internet Dengan Teliti dan Cermat"