Home » » Yuk Intip Ilmu Fisika yang Diturunkan dari Orang Jaman Dahulu

Yuk Intip Ilmu Fisika yang Diturunkan dari Orang Jaman Dahulu

Physic
Physic
Ilmu fisika merupakan ilmu yang membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas alam semesta, seperti panas matahari, gerak benda, terjadinya siang  malam dan sebagainya. Ilmu ini sudah sangat dipahami oleh para orang tua kita sejak jaman dahulu.

[Jaman dahulu]

Mengapa saya sebut jaman dahulu? Karena ini berkaitan dengan pengalaman saya pribadi bagaimana kakek dan nenek saya mengajari sedikit ilmu fisika walaupun mereka tidak pernah mengenyam bangku pendidikan apalagi mendengar istilah "FISIKA".

Tapi saya kagum dengan mereka karena mereka belajar langsung dari alam dan selalu menggunakan ilmu itu dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mungkin kakek dan nenek saya ini mendapatkan ilmu fisika dari kakek dan neneknya juga, atau buyut saya. Wah lama sekali ya..

Nah berikut adalah beberapa ilmu fisika yang mereka ajarkan kepada saya ketika saya masih sangat kecil dan belum bersekolah. Sayapun kemudian menyadari bahwa apa yang diajarkan ini ada ilmunya, yaitu fisika, setelah mengenyam bangku sekolahan.

1. Mendinginkan teh panas dengan cepat

Ada dua cara yang diajarkan kepada saya bagaimana mendinginkan teh panas dengan cepat.

#pertama

Meniupkan udara diatas teh yang panas akan cepat membuatnya dingin. Ini karena panas yang ada pada teh dengan cepat disalurkan ke lingkungan yang memiliki suhu lebih rendah darinya.

#menuangkan ke tempat yang lebih lebar

Waktu itu nenek mengambilkan piring untuk saya dan menyuruh menuangkan teh panas tadi ke dalamnya. Teh pun cepat dingin karena permukaan yang semakin lebar sehingga mempercepat pendinginan.

Cara ini akan lebih ampuh lagi jika dikombinasikan dengan meniupkan udara diatasnya, maka teh pun akan semakin cepat terasa dingin dan enak diseruput.

2. Menjemur baju

Baju yang dijemur dibawah terik matahari akan semakin cepat kering daripada di diamkan di tempat yang teduh. Para orang tua belajar dari alam bahwa matahari merupakan teman yang pas untuk mengeringkan pakaian dengan cepat karena panas yang dihasilkan.

Saya pun meniru langkah mereka dalam mengeringkan baju tanpa tahu alasan yang tepat mengapa baju bisa cepat kering ketika dijemur dibawah terik matahari. Tapi setelah sekolah saya tentunya tahu alasan apa yang melatarbelakangi itu semua.

3. Membuat air minum dengan merebus lebih dahulu

Ketika mereka akan membuat air minum, air yang diperoleh dari sumbernya tidak serta merta diminum langsung begitu saja. Air itu direbus terlebih dahulu sampai mendidih kemudian barulah disimpan ditempat yang disediakan.

Biasanya mereka akan menaruh air itu dalam teko dari tanah liat dan air yang sudah dingin dan siap minum itu rasanya sungguh segar sekali. Ada sensasi dingin seperti ada sedikit es di dalamnya. Air ini memang enak sekali.

Tapi sekarang kita tahu kan alasan apa yang melatarbelakangi air minum harus direbus terlebih dahulu sebelum diminum?

4. Membuat tangga di tanah miring untuk pijakan

Jalanan miring akan dengan mudah membuat kita tergelincir ketika menapakinya. Ini terjadi karena jaman dulu jalanan masih tanah dan semen masih sangat jarang. Jika dimusim hujan, maka peluang tergelincir akan semakin besar.

Merekapun dengan cerdiknya membuat tangga kecil-kecil di jalanan tanah yang miring agar proses berjalan menjadi nyaman dan tidak tergelincir. Tangga membuat kaki mendapatkan pijakan yang lebih besar dan tegak lurus dengan tanah. Hal ini membuat peluang tergelincir menjadi semakin kecil.

[Bagi kita sangat umum]

Bagi kita hal-hal seperti rasanya sangat umum sekali kan? Ini karena kita sudah mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan fisika semenjak berada dibangku sekolah. Disana kita bisa mendapatkan penjelasan yang pas dan tepat mengenai alasan dibalik itu semua.

Tapi para orang tua jaman dulu mungkin tidak mendapatkan alasan yang ilmiah dari apa yang mereka lakukan tapi mereka tahu bahwa hal itu sangatlah membantu aktivitasnya sehari-hari. Mereka langsung belajar dari alam dan mendapatkan solusi atas masalah yang sedang dihadapi. Keren kan?


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


2 comments:

  1. Keren mas Eka, yang pasti di sekeliling kita semuanya itu berkaitan sama ilmu fisika

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas..
      ilmu fisika adalah ilmu alam yang menarik ya..

      Delete