Home » » Inilah Beberapan Manfaat Tombol Escape yang Harus Diketahui

Inilah Beberapan Manfaat Tombol Escape yang Harus Diketahui

Escape button
Escape button
Tombol "ESC" adalah tombol penghuni keyboard di bagian ujung kiri paling atas dan mungkin dikategorikan sebagai tombol yang jarang digunakan bagi para pengguna komputer secara umum. Tapi yang sering menggunakan program desain atau sebagainya, tombol ini pasti sering dimanfaatkan.

ESC atau Escape dalam bahasa inggris berarti terlepas atau melarikan diri dan tombol ini memang berfungsi seperti itu, membuat kita keluar atau melarikan diri dari suatu jendela windows yang muncul.

[Beberapa fungsinya]


Ok, sekarang langsung saja kita masuk ke beberapa fungsi dari tombol escape ini :

1. Keluar dari jendela windows

Ini bisa dilakukan jika anda sedang membuka jendela properti dari suatu file. Misalnya anda "klik kanan suatu foto yang ada di komputer => pilih properties". Akan muncul jendela yang berisi beberapa keterangan mengenai foto tersebut.

Jendela yang muncul ini jika sudah selesai bisa anda tutup hanya dengan menekan tombol "ESC" alih-alih mengarahkan kursor dan menekan tanda silang diatas kanan jendela tersebut. Lebih cepat dan tangkas,, hehehe.. Ga percaya, coba aja buktikan sendiri..!!!!

2. Keluar dari layar penuh suatu video 

Jika anda sedang menonton film atau video dengan ukuran layar penuh (fullscreen), anda bisa dengan mudah kembali ke ukuran layar sebelumnya hanya dengan menekan tombol ini. Cukup geser jari beberapa sentimeter ke tombol ini dan tekanlah dia.

Layar yang semula memenuhi tampilan dari monitor komputer akan segera mengkerut dan menampakkan pilihan minimize, restore dan close.

3. Jendela pop-up pada web

Ketika sedang mau masuk ke suatu halaman web, tiba-tiba ada jendela yang pop-up (muncul dengan sendirinya) dan anda ingin menutupnya. Menekan tombol ini bisa menjadi salah satu cara untuk melakukannya.

Tapi tidak selamanya cara ini bisa berhasil. Ya, bisa dibilang sebagai alternatif saja. Kalau mau ya syukur, kalau tidak ya tidak apa-apa.. hehehe..

[Kesimpulan]

Jendela yang bisa ditutup menggunakan tombol "ESC" adalah jendela yang hanya menyediakan hanya tombol close (X), tidak ada pilihan minimize dan restore di bagian kanan atasnya.

Kalau sudah seperti ini, kemungkinan besar jendela tersebut bisa ditutup dengan tombol "ESC" ini saja. Sedangkan kalau jendela tersebut mengandung 3 tombol itu dibagian kanan paling atas, maka tombol "ESC" tidak bisa digunakan.

Nah semoga bermanfaat ya dan sekian dulu tips komputer hari ini..



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


1 comments:

  1. Saya juga sering banget pake tombol esc Mas, lebih simple...

    ReplyDelete