Home » » Sudah Tahu Belum Perbedaan Lebah dan Tawon? Cek Disini!!

Sudah Tahu Belum Perbedaan Lebah dan Tawon? Cek Disini!!

Lebah
Lebah
Sepintas dua mahkluk terbang ini memang terlihat sama, tapi kalau diamati lebih seksama lagi kita akan menemukan beberapa perbedaan yang mencolok. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari beberapa sisi dan kita akan urai satu per dua dibawah ini..

[Perbedaan]

Ok langsung saja kita simak perbedaan kedua hewan ini ya. Check them here!!!

1. Ukuran tubuhnya

Lebah mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan tawon. Dalam hal ini lebah terlihat lebih imut dari tawon, tapi jangan coba-coba untuk menyentuhnya ya. Nanti bisa disengat..

2. Desingan kengerian

Istilah ini saya buat sendiri untuk menggambarkan kengerian dan ketakutan kita ketika melihat dua binatang ini. Lebah biasanya tidak begitu mengerikan desingannya, tapi tawonlah yang berhasil merajai dalam urusan ketakutan.

Ketika tawon datang secara tiba-tiba  ke arah kita, desingan yang terdengar ditelinga itu sungguh menggetarkan hati. Wuih... Rasa ngeri dan takut sudah menjalar saja di tubuh. Mengapa bisa begitu? Karena saya tahu bahwa akibat sengatan tawon sungguh luar biasa. Bagian yang tersengat akan sakit dan bengkak dengan ukuran jumbo. Ga mau kan kesengat tawon?

3. Tingkat kekuatan sengatan

Tawon berjaya dalam hal ini, seperti yang sudah disebutkan diatas, sengatannya bisa membuat bengkak dan sakit yang luar biasa. Jadi sebaiknya jangan pernah dekat-dekat dengan tawon ya. Kalau lebah sengatannya tidak begitu sakit dan biasanya cepat hilang bengkaknya. Itu sih pengalaman saya ketika di cium lebah.

Tapi kalau tawon saya akan segera menghindar karena menyaksikan sendiri bagaimana kondisi adik yang terserang binatang ini. Wihh.. ga mau deh mengalami hal seperti itu.

4. Banyak koloni

Lebah mempunyai anggota dalam jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan tawon. Bisa kita lihat jika ada rumah lebah maka disekitanya akan banyak dijumpai gerombolannya.

Sedangkan tawon jumlah koloninya sedikit sekali, mungkin sekitar 4 sampai 7 ekor dalam satu rumah. Mungkin ini karena dia sudah merasa kuat jadi tidak perlu banyak teman ya, hehehe.. Dasar sombong si tawon ini.

5. Ukuran rumah

Tawon mempunyai ukuran rumah yang relatif kecil dibandingkan dengan lebah. Coba deh perhatikan kalau kebetulan melihatnya.

6. Madu

Tawon tidak pernah saya dengar atau saksikan menghasilkan madu, karena dari rumah yang dia tinggalkan tidak ada jejak-jejak rasa manis di dalamnya. Beda sekali dengan lebah yang bisa menghasilkan madu nikmat dan lezat.

7. Ratu

Koreksi saya kalau salah ya!! Sepanjang pengamatan, tawon tidak memiliki ratu seperti yang ada pada lebah.

[Semakin mengenal]

Dari beberapa perbedaan tawon serta lebah diatas, tentunya sekarang kita semakin mengenal dong ciri-ciri keduanya?

Pokoknya kalau tawon saya akan langsung menghindar dan menjauh darinya. Saya tidak mau mencari gara-gara dengannya karena sudah kebayang akibat yang akan terjadi kalau ia berhasil menancapkan senjata andalannya di kulit, hiiii...


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment