Home » » Inilah Persamaan Bahasa-bahasa yang Ada di Dunia

Inilah Persamaan Bahasa-bahasa yang Ada di Dunia


Language
Language
Bahasa merupakan faktor penting dalam kehidupan kita sehari-hari, betul ga sob? So pasti dong.. Komunikasi menjadi lebih mudah dan kita bisa memahami maksud dari lawan bicara dengan cepat dan tepat.

[Banyak sekali jenisnya]

Bahasa merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh dunia ini dan tentu juga di Indonesia. Di negara kita tercinta ini saja ada banyak sekali bahasa daerah dan itu merupakan kekayaan budaya yang sangat luar biasa nilainya.

Kalau di dunia ini, setiap negara mempunyai bahasa masing-masing dan tentu akan semakin menambah jenis bahasa yang ada. Misalnya bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa perancis dan bahasa lainnya.

[Ada persamaannya]

Bahasa yang berbeda tentu memiliki keunikan masing-masing, baik dari segi pengucapan, kosa-kata dan juga susunan kalimatnya. Tapi disamping beberapa perbedaan itu, ada juga beberapa persamaan yang rasanya hampir dimiliki semua bahasa di dunia ini.

Nah, kira-kira apa sih persamaan yang ada dalam setiap bahasa di dunia ini? Penasaran? Yuk langsung simak dibawah ini!!!

1. Sinonim

Sinonim adalah persamaan kata dalam suatu bahasa dan memiliki arti yang sama. Setiap bahasa rasanya memiliki sinonim ya. Contohnya bahasa indonesia ada "dapat dan bisa" yang artinya mampu. Bahasa inggris contohnya "Pretty dan beautiful" yang artinya cantik dan sebagainya.

2. Antonim

Antonim merupakan lawan dari suatu kata. Misalnya "besar dan kecil", "panjang dan pendek". Bahasa lain pasti mempunyai antonim atau lawan kata ini.

3. Ungkapan

Ungkapan bisa diartikan sebagai perumpaan untuk menyatakan sesuatu. Misalnya " Jangankan batu besar, gunungpun bisa dengan mudah diangkatnya", ini bisa diartikan bahwa orang itu memiliki kekuatan yang sangat luar biasa besar. Bahasa lainpun pasti mempunyai ungkapan-ungkapan khas masing-masing.

4. Homonim

Homonim merupakan kata yang memiliki tulisan sama tapi memiliki arti yang berbeda. Misalnya kata "Bisa" yang bisa berarti "dapat ataupun racun ular". Dalam bahasa inggris misalnya ada kata "Bank", yang artinya bisa "tepi sungai ataupun tempat menabung uang".

[Ingin mempelajari bahasa lain?]

Mempelajari bahasa asing sangatlah penting sekarang ini mengingat pergaulan internasional yang sudah sangat mudah dan cepat berkat kehadiran internet. Dan mempelajari bahasa asing bisa dipermudah dengan memahami persamaan yang ada seperti diatas.

Caranya?

Kita bisa mempelajari kata-kata bahasa yang sedang dipelajari tersebut berdasarkan antonim, homonim, ungkapan dan sinonimnya. Misalnya kita mempelajari kata yang berdasarkan antonim dahulu.

Cobalah hafalkan kata-kata yang mempunyai arti "besar dan lawannya kecil", "panjang dan pendek", "jauh dan dekat" dan sebagainya. Mungkin dengan cara ini kosakata kita bisa cepat bertambah.

Kemudian cobalah untuk mencari sinonim-sinonim dalam bahasa yang sedang dipelajari dan untuk mendapatkannya sangatlah mudah sekarang. Cukup cari saja di internet dan tinggal tekan "Enter" dan hasilnya silahkan dibaca.

**********************

Nah, itulah beberapa persamaan dari bahasa-bahasa yang ada di dunia dan semoga bermanfaat bagi kita semua ya..




Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment