Home » » Bersihkah Udara yang Kita Hirup?

Bersihkah Udara yang Kita Hirup?

Breath
Breath
Ketika saya membuka jendela di pagi hari dan membiarkan cahaya matahari dengan bebasnya menembus kaca jendela, ada pemandangan yang sangat membuat saya heran. Saya tidak menyangka kalau akan melihat hal seperti itu.

[Apa yang terjadi?]

Ketika melihat cahaya matahari di dalam kamar, saya bisa dengan jelas melihat banyak debu melayang-layang dengan santainya. Mereka menjadi terlihat jelas ketika ada cahaya matahari yang menerangi kamar.

Timbul suatu pertanyaan, di dalam kamar saja debunya banyak apalagi di luar rumah ya?

[Lihat di luar]

Di luar rumah, misalnya di jalan raya, debu tentu akan lebih banyak lagi yang melayang-layang tanpa kita ketahui. Ini bisa terjadi karena :
  1. Banyaknya kendaraan yang lalu lalang membuat debu yang terbang semakin banyak. Ini karena ketika kendaraan lewat, debu yang sebelumnya tenang tiba-tiba mendapatkan hempasan angin yang diciptakan kendaraan tersebut.
  2. Plus tambahan dari asap kendaraan yang mengepul keluar dari knalpotnya, tambah kotor sudah udara disana.
[Hidungpun siap sedia]

Ternyata hidungpun sudah memperhitungkan hal ini dengan segera menyiapkan pertahanan untuk menghalangi debu masuk ke dalam tubuh. Apalagi kalau bukan dengan menumbuhkan rambut-rambut disekitar lubangnya.

Rambut-rambut ini (lebih dikenal dengan bulu hidung), menyaring kotoran yang bercampur dengan udara, sehingga udara yang kita hirup menjadi lebih bersih.

[Ingin lebih bersih lagi?]

Jika anda berkendara dengan motor, maka agar udara yang dihirup lebih bersih lagi, masker bisa digunakan. Masker membuat debu-debu bisa dirazia sebelum masuk ke dalam hidung. Penggunaan masker ini sangatlah penting agar pernafasan kita lebih sehat.

********************
Nah tanpa polusi dari asap kendaraan pun udara sudah berisi debu di dalamnya, apalagi jika ditambah dengan kepulan asap hitam kendaraan ya? Cara terbaiknya adalah menggunakan masker ketika akan bepergian ke daerah yang kondisi udaranya sudah agak kotor, salah satunya adalah jalan raya yang padat akan kendaraan.




Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment