Mengapa Pelajaran Kimia Ini Selalu Saya Nanti-nantikan?

Kimia bagi beberapa murid merupakan pelajaran yang dikategorikan agak susah dan keruwetannya sama menakutkannya dengan matematika serta fisika.

Tapi jika bisa dimengerti, maka pelajaran ini sangat asyik lho..



Ketika mulai masuk SMA, saya sudah menduga kalau pelajaran kimia ini pasti sangat menyenangkan, menyenangkan untuk diratapi kesulitannya...😁

Hasilnya pun terbukti..

Ini terjadi ketika saya mendapatkan hasil ulangan harian pertama kimia di kelas 1 SMA, cukup menggembirakan..😞

Lho, kok ada emoji murung seperti itu?

Hasil ulangan saya itu adalah 3,00. Mending IPK 3, ini nilai ulangan harian tiga dari nilai maksimal 100.

Eh bukan nilai maksimalnya 10.

Padahal waktu ulangan itu, saya sudah berusaha mengerahkan usaha maksimal dengan mencontek kanan-kiri dan hasilnya tetap mengecewakan...πŸ˜‚

Saking marahnya karena tidak bisa kimia, saya terus mencoba belajar dan belajar serta rajin bertanya kanan kiri kepada teman yang lebih canggih prosesornya (bukan pada saat ulangan bertanya ya).

Akhirnya ulangan kimia kedua dilaksanakan dan nilai saya meningkat drastis menjadi 8. HOREEEE.......😍😍


#Suka kimia

Semenjak saat itu saya mulai menyukai pelajaran kimia dan berhasil meraih nilai yang bagus-bagus, jarang mendapat nilai dibawah 8. Dan sampai pada akhirnya sayapun lulus SMA dengan nilai kimia yang sangat memuaskan.

Itu diperoleh karena saya bekerja keras untuk belajar dan belajar.

Kalau ada yang susah, maka saya tanpa malu-malu menanyakan kepada teman yang lain sampai mengerti dengan jelas.


Masuk kuliah

Berhubung kuliah saya mengambil jurusan teknik mesin, maka di-semester pertamapun ada mata kuliah "Kimia". Setelah melihat silabusnya (bahan ajar), saya sudah tersenyum lebar.

Dalam hati : "Ini materinya gampang semua, dari SMA sudah saya kuasai dengan baik", 😁😁

Kemudian petualangan pelajaran kimia disemester pertama inipun dimulai.

Dosennya sudah masuk dan bersiap memberikan ceramahnya. Beliau terlihat lincah dan gesit geraknya, saya jadi bersemangat.





#Ada yang beda


Kesan pertama dari dosen kimia ini adalah kocak dan gokil. Kelas menjadi sangat menarik karena penuh dengan tawa dan rasanya teman-teman yang lainpun terhanyut dalam suasana senang ini.

Image kimia sebagai pelajaran yang susah, sama sekali tidak terlihat berkat aksi pak dosen dalam mengajar.

Entah bagaimana beliau bisa membuat pelajaran kimia menjadi menyenangkan dan asyik.



Pak dosen selalu bisa membuat lelucon dari materi yang sedang diajarkan dan itu semua membuat para mahasiswa senang.

Siapa yang tidak senang dengan cerita lucu dan menarik?

Terus terang saya sangat puas mengikuti pelajaran seperti ini dan entah mengapa ketika ada pelajaran asyik jam selalu cepat berlalu, haahhh...😌

Wajah benar-benar fresh setelah mengikuti pelajaran ini dan rasanya tidak sabar ingin segera di hari yang sama minggu depan.

Oh minggu depan, cepatlah datang.


#Berkat dosen kreatif


Minggu-minggu berikutnya pelajaran pun berlangsung dengan suasana ceria karena pak dosen selalu memberikan humor-humornya yang membuat tawa meledak. Kelas ini sungguh memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam perjalanan di universitas.

Ternyata pak dosen berhasil menciptakan suasana yang menyenangkan berkat kemampuannya membuat humor lucu dan berhubungan dengan materi yang sedang diajarkan.

Kelaspun menjadi seru dan saya selalu menanti-nantikan pelajaran ini dengan semangat.

Tapi sayang, pelajaran kimia ini hanya berlangsung satu semester saja.

Mengapa tidak sampai lulus saja ya? πŸ˜„...

Tapi nilai saya bagus dong dan tanpa memerlukan usaha keras contek kanan kiri. Saya mendapatkan nilai A dalam pelajaran pak dosen.


Lucu dan menarik

Pak dosen, tetap mengajar seperti itu ya dan buat adik-adik kami yang belajar dengan bapak selalu tertawa dan senang. Bapak sudah memberikan pengalaman yang berbeda kepada saya dalam belajar kimia..

Terima kasih bapak..

Ketika bapak mengajar, kelas selalu dipenuhi dengan mahasiswa-mahasiswa yang kangen dengan canda gurauan bapak.

Senang sekali rasanya belajar..

Kemampuan Bapak dalam mengolah materi dengan lucu dan menarik adalah kuncinya, sampai sekarang-pun saya masih teringat dengan kelas kimia ini..

Salah satu kelas terbaik saat kuliah dulu..


Baca juga :

Post a Comment for "Mengapa Pelajaran Kimia Ini Selalu Saya Nanti-nantikan?"