Home » » Menyerap Komentar Pengunjung Agar Blog Lebih Baik Lagi

Menyerap Komentar Pengunjung Agar Blog Lebih Baik Lagi

Visitor's Comments
Visitor's Comments
Template yang bagus dan menarik bisa menjadi faktor yang menentukan kesuksesan dari sebuah blog. Apalagi kalau disertai dengan artikel-artikel yang bermanfaat dan unik, maka blog akan semakin terkenal saja.

Tapi jangan lupakan faktor yang lain juga, yaitu komentar dari pengunjung. Memang banyak sih komentar pengunjung yang singkat dan berupa ucapan terimakasih, tapi ada juga lho komentar yang lebih positif lagi.

Komentar positif itu bisa berupa komentar yang bernada menyenangkan dan juga bisa membuat kita meradang. Jika komentar meradang ini bisa ditangani dengan baik, maka akan bisa memberikan manfaat baik bagi blog.

Komentar positif yang meradang bisa memberikan kita beberapa langkah apa yang harus dilakukan agar blog semakin baik. Berikut adalah pelajaran yang bisa dipetik dari komentar positif meradang :

(1) Memperbaiki isi tulisan

Jika komentar pengunjung menanyakan kualitas dari artikel kita, seperti menganggap artikel kita kurang informatif, bertele-tele, penjelasannya loncat-loncat, maka ini adalah sebuah masukan yang super luar biasa baik.

Cobalah cek lagi tulisan yang sudah dibuat itu. Lihat bagaimana tata bahasanya, tambah dengan informasi yang lebih menarik lagi, penjelasannya diurutkan dengan baik dari A-Z. Disini komentar pengunjung ini membuat kita lebih mahir lagi dalam menulis artikel yang baik.

(2) Pengaturan widget

Ada pengunjung yang mengomentari widget kita tidak baik penataannya, maka atur ulanglah widget-widget tersebut agar lebih rapi. Anda bisa mencari berbagi tips tentang menata widget dengan baik di internet. Banyak tutorial yang bisa diperoleh disana.

(3) Iklannya mengganggu

Kalau pengunjung sudah mengungkapkan rasa tidak nyamannya karena iklan yang mengganggu, segeralah atur iklan tersebut. Saya sering berkunjung ke blog dengan iklannya yang aduhai buannyakknya. Langkah pertama yang saya lakukan adalah pergi dari blog itu tanpa membaca artikel yang dimuat.

Saya pernah mendapat komentar bahwa iklan pop-up yang ada diblog membuat pengunjung itu tidak nyaman. Tanpa banyak pikir, saya langsung hapus saja iklan seperti itu karena tidak mau membuat pengunjung yang lain kecewa juga.

<<<<<>>>>>>>

Selain komentar yang positif meradang ada juga komentar positif adem. Komentar seperti ini akan membuat kita sebagai pemilik blog menjadi melayang dan tersenyum lepas, hehehe..

Misalnya komentar seperti ini :

  • Terimakasih ya, saya berhasil mengatasi masalah setelah membaca artikel ini.
  • Aduh, tulisannya keren sekali. Jadi senang membaca-baca diblog ini.
Komentar seperti itu sungguh adem dan sejuk, sehingga rasanya ingin sekali semua komentar yang muncul seperti itu.

<<<<<>>>>>>>

Ok, satu lagi yaitu komentar yang positif dan membangun. Membangun disini dimaksudkan bahwa komentar pengunjung itu memberikan masukan yang positif bagi tulisan kita diblog

Misalnya kita membuat artikel yang berjudul "Manfaat sering membaca", kemudian ada pengunjung yang memberikan tambahan manfaat yang belum kita tulis pada artikel itu. Ini artinya kita mendapatkan tambahan materi baru pada tulisan.

Jadi langsung saja tambahkan komentar pengunjung tersebut ke artikel yang dia komentari. Artikelpun menjadi semakin pada berisi dan tentunya artikel seperti ini sangat digemari oleh pembaca.

********************

Selamat mencoba ya dan semoga sukses dengan blog yang dikelola, sehingga bisa memberikan kita kebahagiaan karena memperoleh uang darinya.




Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


2 comments:

  1. Makasih infonya Mas. Satu lagi, menurut Mas eka, blog saya lama loading? Iklannya mengganggu gak? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas.. blognya loadingnya cepat kok mas.. iklannya juga ok..

      Delete