Home » » Beraneka Ragam Manfaat Bunga

Beraneka Ragam Manfaat Bunga

Bunga
Bunga
Bunga adalah tanaman yang sangat akrab dengan manusia. Mengapa begitu? Karena sebagian besar jenis bunga banyak ditaman oleh manusia dengan berbagai macam tujuan.

Bukan hanya manusia saja yang senang dengan adanya bunga bermekaran dan berwarna-warni. Hewan seperti kupu-kupu, lebah dan burung kolibri tidak akan melewatkan kesempatan mekarnya bunga.

Jenis-jenis bunga sangatlah banyak dan beberapa diantara yang sering dijumpai seperti kembang kertas, kamboja, kenanga, cempaka, melati, mawar, krisan dan lainnya. Bunga pun bisa di beli dengan mudah di tempat penjualan bunga terdekat.

Berikut adalah beberapa manfaat bunga yang patut diketahui :

(1) Sebagai pemanis rumah

Warna-warni yang dihasilkan oleh kembang bunga memberikan pemandangan indah bagi suatu rumah. Selain itu rumah akan terasa lebih sejuk dan segar. Rumah yang rindang bisa memberikan nuansa damai dan juga lebih manis berkat hadirnya berbagai warna bunga.

(2) Penyerap karbon

Dengan menanam bunga di rumah, berarti kita telah ikut untuk mengurangi pemanasan global. Ini karena semakin banyak tanaman yang ditanam, berarti semakin banyak karbondioksida yang diserap daun dan membuat dunia menjadi lebih sejuk. Jadi mengapa harus menunda lagi untuk menanam bunga?

(3) Sebagai sumber mencari uang

Bunga juga bisa memberikan penghasilan bagi mereka yang bisa mengembangkannya. Contohnya seperti penjual bunga. Ia bisa menghasilkan uang berkat hobinya merawat dan menumbuhkan bibit baru. Orang yang membutuhkan bunga bisa datang ke tempatnya dan membeli disana, uang pun diperoleh. 

Bukan cuma itu, kembang-kembang juga banyak dijual dan bisa dijadikan hadiah bagi yang tersayang atau dibuat rangkaian bunga untuk suatu acara. Si penjual pun bisa mendapatkan untung dari aktivitasnya menjual bunga.

(4) Pengisi liburan yang menarik

Nah apa coba hubungannya dengan liburan? Begini maksudnya. Daripada liburan hanya dihabiskan untuk bengong dan aktivitas kurang menarik lainnya, coba deh anda berkebun dan menanam bunga. Kalau di halaman sudah banyak ada tanaman bunga, maka anda bisa merawatnya dengan memotong ranting yang sudah tua, mencabuti rumput liar disekitar batang dan sebagainya.

Liburan pun menjadi semakin menyenangkan dan coba deh ajak anggota keluarga yang lain untuk berpartisipasi. Hubungan antar anggota keluarga pun bisa menjadi lebih erat berkat aktivitas ini. Kemudian jika sudah lelah bisa dilanjutkan dengan istirahat sambil menyeruput minuman segar bersama-sama. Wow.. so sweeetttt...

(5) Tempat berlibur


Kebun bunga dalam jumlah besar seperti yang ada di kebun raya, bisa menjadi tempat liburan yang menarik. Apalagi suasananya sangat sejuk dan membuat hati adem. Cocok sekali dijadikan tempat untuk menghabiskan akhir pekan atau weekend. Kalau di Bali ada "Kebun Raya Bedugul" yang di dalamnya banyak sekali ada jenis-jenis bunga. Anak-anak bisa diajak liburan ke sini sekaligus belajar mengenal berbagai macam bunga.


Dipadukan dengan rumput

Bunga ternyata cocok sekali jika dipadukan dengan rumput hias dibawahnya. Halaman pun menjadi lebih hijau dan tentunya lebih sejuk. Rumput hias ada beberapa jenisnya dan bisa dipilih sesuai selera. Rumput tersebut bisa dibeli di tempat orang menjual tanaman.

Jadi sekarang jika ada lahan kosong di rumah, bisa ditanami dengan bunga kesukaan. Agar rumah menjadi lebih indah dan anda pun betah tinggal di dalamnya.

Selamat berkebun..


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment