Home » » Yuk Kenali Sisi Menarik Dari Pertanian

Yuk Kenali Sisi Menarik Dari Pertanian

Menanam padi
Menanam padi

Pertanian merupakan mata pencaharian dari sebagian besar masyarakat kita di Indonesia. Jadi jika melakukan perjalanan di daerah pedesaan, maka sangatlah mudah menemukan hamparan sawah yang menghijau di samping jalan. Sungguh pemandangan yang sangat indah.

Pertanian ternyata tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi para petani saja dari hasil menjual panennya, tapi ia juga bisa memberikan manfaat dari segi yang lain. Apa itu? Mari kita simak dibawah ini :

Sekarang "Ecotourism" sangat digemari oleh para wisatawan. Ecotourism ini bisa mengajak para wisatawan untuk ikut terjun mengolah sawah, menanam padi dan sebagainya. Ini menjadi pengalaman yang menarik bagi mereka. Pariwisata seperti ini tentu sangat ramah lingkungan, karena bisa menjaga kelestarian sawah dan lingkungannya. Jadi pengalihfungsian sawah sebagai lahan perumahan pun bisa ditekan. Dan petani yang memiliki sawah pun harusnya mendapatkan keuntungan yang baik, agar mereka tetap semangat bekerja dan merawat sawahnya sehingga bisa terus menarik wisatawan.

Disini peluang kerja menjadi lebih banyak tentunya. Petani tidak hanya mendapatkan hasil dari menjual panen saja, tetapi mendapatkan keuntungan juga dari kedatangan wisatawan. Disamping itu di daerah sekitar pun bisa berkembang peluang bisnis yang baru seperti penjual makanan atau souvenir.

Wow, ternyata bila pertanian dikelola dengan baik akan bisa memberikan keuntungan bagi banyak orang. Keren...

Padi menguning
Padi menguning
2. Tempat pre-wedding
Jika ingin mencari tempat foto pre-wedding yang beda, anda bisa memilih pemandangan sawah sebagai pilihan. Pemandangan sawah yang menguning seperti di atas tentu menjadi opsi yang menarik. Kemudian pakaian bisa disesuaikan dengan apa yang dipakai pak tani dan bu tani. Cowoknya membawa cangkul dan ceweknya membawa bakul tempat nasi, so sweet....

3. Pendidikan di luar kelas
Pertanian bisa menjadi sarana untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak didik. Mereka tentunya akan sangat senang jika di ajak belajar di luar kelas. Disamping bisa langsung berinteraksi dengan alam, mereka juga bisa bermain sekaligus belajar. Guru bisa mengemas kegiatan ini dengan menarik dan tentunya penuh dengan wawasan.

Itulah sisi menarik pertanian yang bisa saya tulis disini. Sebenarnya masih ada manfaat lain yang tentunya bisa memberikan manfaat besar bagi kita semua. Kalau tidak ada pertanian, dari mana kita bisa mendapatkan beras, buah dan sayur untuk kita makan?

Terima kasih pak tani..

Baca juga :
  1. Tempat wisata menarik di Bali
  2. Pariwisata menggairahkan sektor ekonomi


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment