Home » » Mengenal Berbagai Manfaat Bambu

Mengenal Berbagai Manfaat Bambu

Bambu
Bambu
Bambu merupakan tanaman yang sangat umum dijumpai diberbagai daerah Indonesia dan iapun sering dimanfaatkan untuk membantu berbagai kegiatan manusia. Bahkan tanaman bambu dijadikan sarana untuk menghasilkan uang misalnya dengan menjual batangnya kepada orang yang memerlukan.

Manfaat bambu tidak sedikit bagi manusia dan dibawah ini ada beberapa manfaat yang sering dijumpai.

1. Untuk pembuatan tenda
Bambu bisa dijadikan rangka untuk membuat tenda ketika sedang ada upacara. Misalnya di Bali bambu sangat sering digunakan sebagai taringan (tenda dalam bahasa bali) ketika ada upacara adat.

2. Tali
Ada jenis bambu tertentu yang sangat cocok digunakan untuk membuat tali. Tali yang dihasilkan biasanya digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengikat pagar secara tradisional atau bisa juga digunakan untuk mengikat bambu lainnya (lihat deh gambar di atas).

Alat musik seperti seruling dan angklung terbuat dari bambu, tentunya bambu yang khusus.

4. Rumah
Mungkin anda pernah melihat rumah atau warung makan yang terbuat dari bambu, bentuknya keren dan sangat alami.

5. Pagar rumah
Selain sebagai bahan membuat rumah, bambu juga bisa digunakan untuk membuat pagar rumah yang sangat menarik. Dengan menerapkan pola tertentu, maka pagar rumahpun terlihat rapi, alami dan tentunya menarik perhatian. Coba deh lihat di internet berbagai macam jenis pagar bambu, tentunya akan mendapatkan banyak referensi.

6. Kerajinan tangan
Banyak jenis kerajinan tangan yang terbuat dari bambu dan bisa dijadikan oleh-oleh yang menarik bagi keluarga di rumah. Kerajinan ini bisa memberikan penghasilan bagi pengrajinnya dan tentu membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.

Selain itu masih banyak lagi contoh penggunaan bambu yang lain dan tergantung dari daerah masing-masing. Contoh di Bali para warga menggunakan semat (bambu yang sudah dibelah tipis-tipis) untuk menjahit janur sebagai sarana upacara dan bisa menjadi peluang bisnis bagi mereka yang kreatif.

Jadi bambu itu sangat bermanfaat sekali dalam kehidupan kita sehari-hari dan mari kita jaga kelesatariannya agar bisa dimanfaatkan terus.

Baca juga :
  1. Tempat membeli tanaman hias di denpasar, bali
  2. Obati sariawan dengan tanaman ini


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


2 comments:

  1. Bener banget mas, bambu memang banyak banget manfaatnya tinggal bagaimana kitanya agar bisa memanfaatkan bambu-bambu nie sehingga mempunyai nilai ekonomi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas.. biar masyarakat tambah makmur.. hehe

      Delete