Home » » Kapan Seharusnya Mulai Membuat Presentasi?

Kapan Seharusnya Mulai Membuat Presentasi?

Presentasi
Presentasi
Presentasi sekarang merupakan kegiatan yang sangat sering dilakukan oleh pelajar, karyawan atau dibidang profesi lainnya. Tujuan dari presentasi bisa berupa pengenalan suatu produk, penyampaian ide atau pemaparan suatu hasil studi.

Presentasi pun sekarang menjadi semakin mudah dan menarik berkat kehadiran komputer dan program pengolah presentasi, apalagi kalau bukan MS. Power Point.

Nah ketika sudah mendapatkan tugas presentasi dari atasan atau guru, kapan sih sebaiknya presentasi itu mulai untuk dikerjakan?

Segera. Ya jawabannya adalah segera. Mengapa? Karena dengan membuat sejak dini maka kita akan mendapatkan beberapa macam keuntungan. Apa saja keuntungan itu? Yuk simak dibawah ini :

1. Tambahan ide menarik

Jika anda mempunyai waktu misalnya seminggu lagi untuk presentasi, maka mulailah dari sekarang dan jangan ditunda lagi. Manfaatkan waktu luang untuk mengerjakannya. Misalnya hari ini anda dapat mengerjakan 5 halaman presentasi dan diesok harinya ternyata anda mendapatkan ide lain yang bisa ditambahkan dalam 5 halaman tadi. Ini membuat presentasi bisa menjadi semakin baik berkat ide tambahan yang diperoleh.

Setelah itu barulah anda lanjutkan lagi membuat halaman berikutnya. Jumlah halaman tentu bergantung dari keperluan dan durasi yang disediakan ketika presentasi.

2. Kesempatan mempercantik presentasi lebih besar

Presentasi yang cantik dan menarik tentunya akan mengundang perhatian dari yang melihat. Jadi ini harus diperhatikan dengan baik agar presentasi berjalan lancar dan sukses. Mungkin ketika pertama kali membuat presentasi anda belum menemukan gambar yang pas untuk setiap halaman. Tapi diesok harinya anda mendapatkan ide untuk membuat gambar menarik dan berhubungan dengan materi yang disampaikan.

Jadi ide untuk mempercantik presentasi baik dengan gambar atau desain background bisa diperoleh jika kita mempersiapkan sejak dini sehingga mendapatkan hasil yang terbaik. Teruslah gali ide setiap harinya selama masih ada kesempatan untuk memperbaiki presentasi.

3. Banyak waktu untuk latihan

Setiap selesai membuat presentasi, anda bisa melatih penyampain untuk masing-masing halaman. Latihan setiap hari tentu akan membuat anda tampil prima ketika hari presentasi sudah tiba. Penampilan prima dan baik akan membuat yang melihat bisa menangkap apa yang kita sampaikan. Latihlah terus dan terus sehingga anda bisa tampil dengan percaya diri..

Selain itu jangan lupakan untuk membuat presentasi yang tidak terlalu banyak tulisan dan ramai. Sehingga akan membuat yang melihat hanya membaca tulisan anda dan tidak mendengarkan pemaparan yang disampaikan.

Buatlah intinya saja sehingga membuat yang melihat penasaran dengan apa yang akan disampaikan. Perhatian mereka fokus ke anda dan mereka pun tidak melakukan aktivitas lain selain mendengarkan anda.

Ok, selamat mencoba ya dan semoga sukses...

Baca juga :
  1. Tips mempersiapkan presentasi
  2. Tips membuat slide presentasi
  3. Cara membuat presentasi di power point tidak bisa di klik
  4. Inilah manfaat power point


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment