Home » » Berapa Jumlah Minimum Bahasa yang Dikuasai Orang Indonesia?

Berapa Jumlah Minimum Bahasa yang Dikuasai Orang Indonesia?

Berapa kira-kira jumlah minimal bahasa yang dikuasai oleh orang indonesia? Sebagian besar pasti menguasai jumlah yang ini, yaitu 2 bahasa. Mengapa?



Karena Indonesia memiliki keanekaragaman adat istiadat dan masing-masing daerah memiliki bahasa lokalnya. Jadi setiap orang pasti menguasai bahasa daerahnya masing-masing.

Mereka sudah menguasai 1 bahasa.

Kemudian yang dikuasai lagi adalah bahasa indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang digunakan untuk  berkomunikasi sesama warga indonesia dari berbagai tempat. Jadi minimal bahasa yang dikuasai adalah 2.

Berdasar pengalaman, memang masih ada para tetua saya dikampung yang masih kesulitan dalam berbicara dengan bahasa Indonesia. Yang mereka tahu hanyalah bahasa daerah. Maklum, ketika mereka masih dalam usia muda, pergi ke sekolah itu sangatlah mustahil, tidak ada biaya. Jadi mereka lebih memilih untuk bekerja di sawah dan membantu orang tua sehingga cepat mendapatkan uang.

Tambah lagi

Kemudian dengan kemajuan pergaulan internasional, sudah banyak anak muda kita yang fasih berbicara bahasa inggris. Ini karena bahasa inggris sudah diajarkan mulai dari tingkat SD sampai SMA. Bahkan dari TK pun sudah mulai diajarkan lho..

Keren..

Selain itu ada juga yang tertarik dengan bahasa asing lain seperti bahasa jepang, mandarin, perancis, jerman dan lainnya. Semakin banyak menguasai bahasa asing tentu akan sangat bermanfaat bagi kita dan bukan tidak mungkin kemampuan tersebut bisa mendatangkan uang. Kemampuan luar biasa seperti ini juga bisa mengantarkan seseorang untuk jalan-jalan ke luar negeri gratis... Wow..

Dulu saya pernah menonton ditelevisi kalau ada anak muda Indonesia yang sangat fasih berbicara bahasa asing dan jumlah yang dikuasai lebih dari lima bahasa, cakep banget dah.. Saya sampai melongo dibuatnya.




Manfaatkan teknologi

Era internet maju seperti sekarang harus dimanfaatkan dengan baik dan tepat agar kita mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya. Salah satunya dengan belajar bahasa asing dan tempat yang bisa disasar adalah youtube.

Mau mendengarkan bahasa apapun ada disana.

Intinya jika sering didengar setiap hari, kemampuan kita akan meningkat dan jika terus dilatih akan semakin berkembang sampai mahir.

Kuota data yang melimpah tidak ada salahnya dialihkan sekian persen untuk menonton video-video mendidik seperti ini, karena kita sendiri yang akan memetik manfaatnya. Siapa tahu penghasilan nanti malah berasal dari bahasa asing yang ditekuni.

Apalagi pergaulan internasional sudah tidak bisa terbantahkan lagi, setiap orang dari penjuru dunia akan saling berinteraksi satu sama lain. Menguasai bahasa asing, terutama Inggris, menjadi suatu keharusan.

Kalau sudah mahir dengan bahasa inggris, silahkan pelajari bahasa asing yang lain seperti perancis, jerman atau jepang. Khusus bahasa jepang, penggemar anime pasti tertarik kan ingin belajar? Jangan lewatkan kesempatan ini!!

Ada yang menarik!!

Malah ditempat saya beberapa bule sangat mahir berbahasa indonesia dan juga bahasa daerahnya, keren banget dah.. Bule saja segitunya mau belajar bahasa kita, jangan mau kalah juga dong!!

Perdalam dua bahasa, yaitu bahasa daerah dan indonesia, kemudian jangan lupa untuk mempelajari bahasa asing agar pergaulan di dunia internasional semakin lancar.

Nah sudah berapa bahasa yang anda kuasai?


Baca juga :


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment