Friday, April 25, 2014

Olahraga Yang Dilakukan Tanpa Sadar

Olahraga memang sangat baik bagi tubuh kita, karena bisa membuat badan lebih bugar dan pastinya lebih sehat.

Siapa yang tidak senang sehat??



Sehat membuat kita bisa menjalankan berbagai aktivitas dengan mudah dan menyenangkan.

Jika sakit bagaimana?

Mau bangun lemas, mau bekerja tidak bisa, baru jalan sebentar kepala sudah senut-senut. Nah, serba tidak nyaman kan jadinya?



Tanpa disadari

Kesibukan sehari-hari kadang membuat kita lupa meluangkan waktu untuk sekedar berlari-lari kecil di pagi hari setelah bangun tidur.

Ataupun sekedar meregangkan otot-otot yang mulai membeku dan kaku..

Waktunya hampir tidak tersedia..

Tapi mungkin tanpa disadari, ternyata disela-sela kesibukan yang sedang dilakukan kita juga melakukan olahraga.

Nah, aktivitas apa saja yang membuat kita melakukan olahraga tanpa disadari?

Ayo simak dibawah ini!!

1. Menyapu

Ketika sedang menyapu halaman dan lantai rumah, kita sudah menggerakkan anggota badan seperti tangan dan kaki. Jika area yang disapu agak luas, maka tubuh akan bergerak lebih lama dan keringatpun bisa mengucur.

Ini olahraga juga lho..

Jadi jangan malas untuk membersihkan lantai dan halaman rumah..

Manfaatnya ganda..

Selain bisa membuat tubuh bergerak dan memaksa keringat mengucur, lingkungan menjadi bersih dan sehat..

Aman dari intaian kuman penyakit.
Nah, mengapa harus menunda untuk menyapu??


2. Mencuci

Jangan diserahkan kepada laundry saja baju kotornya.. Sekali-kali berikan otot-otot tangan untuk menggenjot kotoran keluar dari pakaian.

Pakaian kotor yang menumpuk bisa dijadikan ajang buat olahraga.

Mengucek pakaian dan kemudian bergerak untuk menjemurnya bisa menghasilkan keringat. Apalagi jika pakaiannya segunung..

Otot tangan bisa langsung mengembang tuh..😁

Lagian jika pakaian bersih, kitapun enak memakainya. Tidak ada sensasi gatal-gatal pada kulit, jadi aman dari penyakit..


3. Memasak

Siapa bilang memasak itu santai..?

Coba deh perhatikan bagaimana sibuknya seorang ibu ketika memasak di dapur. Tangan, kaki dan semua tubuhnya bergerak cepat untuk menghasilkan makanan enak bagi anggota keluarga yang lain.

Belum lagi harus lari keluar sebentar memetik daun jeruk yang ada dihalaman..

Tubuh bergerak dengan giatnya ketika para koki rumah sedang bergelut dengan racikan makanannya itu..


4. Bersih-bersih rumah

Sekali seminggu jadwalkanlah untuk membersihkan rumah secara menyeluruh.. Atau dua minggu atau sebulan sekali..

Bebas..

Membersihkan rumah akan membuat kita bergerak kesana kemari dalam waktu yang lama. Tubuhpun  berkeringat dan tanpa disadari kita sedang berolahraga sekaligus bekerja.

Daftar pekerjaan ketika membersihkan rumah itu panjang..

Puanjang banget malah..

Sehari rasanya tidak cukup..
  • membersihkan toilet
  • mengelap kaca jendela
  • membersihkan kamar
  • menata kebun
Banyak..

Daftar tugas ini membuat tubuh bergerak ke sana kemari dan akhirnya semua otot yang ada didalamnya ikut sibuk..

Olahraga juga kan?



5. Berjalan ke tempat aktivitas


Pergi ke pasar, ke sekolah atau ke tempat kerja dengan jalan kaki juga menjadi latihan yang baik untuk tubuh kita agar tetap sehat.

Jalan kaki merupakan salah satu cara yang banyak ditempuh oleh banyak orang untuk berolahraga.

Sembari meluncur menuju tempat aktivitas, kita juga sekalian berolahraga dan tubuh bisa terjaga posturnya dengan baik..

Terus..

Jalan kaki adalah olahraga paling mudah dan murah..

Mudah karena kita tinggal bergerak saja mengayunkan kedua kaki dan murah karena tidak banyak biaya yang diperlukan.

Bahkan bisa tanpa menggunakan alas kaki..


6. Naik turun tangga

Jika kebetulan di tempat kerja anda mempunyai akvitas yang mengharuskan sering naik turun melewati tangga, maka itu sudah menjadi olahraga yang baik juga.

Sekali dua kali masih oke, tenaga lancar..

Setelah kesekian kali, kaki pegal juga..

Dan ini adalah bentuk olahraga yang sangat baik untuk menguras sedikit lemak yang sudah mulai menumpuk..

Pelan-pelan saja, agar kaki tidak terasa nyeri..

Dan sekarang sudah ada format lari dengan metode baru lho..
Apa itu?

Vertical running..

Jadi para peserta akan berlari dengan mendaki anak tangga satu per satu pada sebuah gedung yang tinggi..

Gila..

Ini memerlukan kekuatan otot kaki yang kuat. Mengingat tenaga yang dibutuhkan untuk lari vertikal ini sangat besar..


Rajin bergerak saja

Ternyata banyak aktivitas yang tanpa kita sadari sudah mengandung unsur olahraganya. Yang penting aktivitas tersebut melibatkan gerak tubuh yang aktif, maka kita pun bisa berolahraga.

Iya benar..
Yang penting tetap bergerak..

Jika dirasa hari ini belum melakukan gerakan yang membuat otot tubuh terenggang, lakukan beberapa gerakan ringan.

Lari ditempat misalnya..

Otot-otot tubuh akan mendapatkan kesempatan untuk merenggang dan mungkin memaksa keringat menetes dari kulit..

Atau bersihkan rumah dan halamannya..

Apapun itu, dalam sehari kita memang harus dapat bergerak dan setidaknya membakar kalori yang berlebih pada tubuh..

Baca juga :


EmoticonEmoticon