Home » » Inilah Ciri Khas Seorang Penjaga Gawang

Inilah Ciri Khas Seorang Penjaga Gawang

goal keeper
penjaga gawang
Penjaga gawang merupakan elemen penting dalam sepakbola yang membuat permainan ini semakin menarik. Seorang penjaga gawang sering menjadi penyelamat timnya dari kekalahan berkat aksi-aksi cemerlangnya dalam menghalau terjangan bola untuk membobol gawangnya. 

Di dalam sebuah tim, penjaga gawang memiliki ciri khas atau diberi kewenangan khusus dalam pertandingan. Sudahkah anda mengenal ciri khas mereka? Yuk lihat dibawah ini ;

1. Memegang bola
Penjaga gawang merupakan satu-satunya pemain yang diperbolehkan memegang bola tapi hanya disekitar areal kotak penaltinya. Kalau memegang bola melewati kotak penalti, maka itu merupakan sebuah pelanggaran.

2. Kostum yang berbeda
Coba deh perhatikan kostum penjaga gawang dari setiap tim, pastinya berbeda dengan rekan setimnya kan. Biasanya yang membedakan adalah warnanya. Pembedaan warna ini mungkin dimaksudkan agar pemain dengan mudah mengenali penjaga gawang ketika pertandingan berlangsung.

3. Pergerakan sempit
Karena memiliki tugas vital untuk menjaga gawang dari kebobolan, maka seorang penjaga gawang lebih banyak berada diareal dekat gawangnya. Ini untuk menjaga agar ketika ada serangan balik, maka ia sudah siap untuk mengamankan gawang dari kebobolan.

4. Jarang mencetak gol
Karena memiliki ruang gerak yang sempit, maka penjaga gawang sangat jarang sekali bisa mencetak gol. Tapi ada juga lho penjaga gawang yang rajin mencetak gol seperti Rogerio Ceni.

5. Memakai sarung tangan tebal
Dalam pertandingan, hanya kiper yang menggunakan sarung tangan sedangkan pemain lain tidak ada yang memakai. Kecuali pertandingan berlangsung dalam cuaca yang sangat dingin, para pemain lain juga menggunakan sarung tangan tapi jenisnya berbeda dengan penjaga gawang.

Nah, itulah beberapa ciri khas dari penjaga gawang dalam sebuah permaian sepakbola dan semoga bermanfaat ya..

Baca juga :
  1. Hore.. Indonesia juara piala AFF-U19
  2. Striker yang paling ditakuti penjaga gawang
  3. Penyelamatan akrobatik terbaik seorang kiper
  4. Selebrasi terlalu dini dari seorang kiper yang berbuah kesalahan




Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment