Monday, February 17, 2014

Alasan Pembuat Tidak Betah Bekerja

Bosan ditempat kerja merupakan hal yang sering kita alami, apalagi pekerjaan yang dilakukan hanya itu-itu terus tanpa adanya variasi.

Jenuh merajalela..



Kalau sudah bosan maka semangat dalam bekerja pun menjadi hilang dan kreativitas akan tenggelam.

Mungkin dengan mengenali dan mengetahui apa yang membuat bosan bisa memberikan kita solusi bagaimana mengatasi hal ini. Untuk itu mari kita ketahui apa saja yang bisa membuat kita bosan dalam bekerja.


Ini dia beberapa alasan pembuat tidak betah bekerja

1. Bos galak

Bos yang hobinya galak dan sering memarahi karyawan, bisa membuat karyawan kurang nyaman dan malah enggan untuk bekerja.

Malas bertemu dengannya..

bosan bored
bosan

Jika setiap hari dimarahi bos dengan alasan yang tidak jelas, siapa coba yang tidak bosan? Banyak teman-teman saya yang pindah kerja karena tidak senang dengan sikap bosnya yang pemarah.

Termasuk saya juga..

Setiap tindak tanduk para pegawainya selalu dipelototi, melakukan apa-apa rasanya tidak nyaman, dimata-matai terus.

Ya sudah, daripada jenuh, dengan terpaksa dan senang hati mengundurkan diri dari tempat tersebut. Lebih baik mencari pengalaman di tempat lain atau mungkin membuka usaha sendiri yang lebih menawarkan kebebasan.

Banyak lho, mereka yang berhasil berusaha sendiri karena keluar dari tempat bekerjanya dulu yang menawarkan zona nyaman.

Penghasilannya melambung jauh..


2. Suasana kerja tidak kondusif

Suasana yang kurang kondusif bisa disebabkan karena lingkungan kerja seperti teman-teman kantor yang tidak bersahabat, peralatan kerja yang tidak memadai, dan tempat kerja yang tidak bersih dan kurang higienis.

Ketika teman-teman yang diajak bekerja tidak peduli, seenaknya, kurang bersahabat, rasa nyaman bekerjapun hilang.

Akhirnya memutuskan untuk pergi.

Walaupun bos masih menginginkan kita untuk bertahan, tetapi tetap saja tidak tahan dengan suasana kerja yang tidak mendukung.


3. Tidak menemukan solusi atas suatu masalah


Kegagalan menemukan solusi suatu masalah secara terus-terus menerus akan bisa membuat seseorang itu bosan dan mungkin mengabaikan permasalahan tersebut.

Tapi percayalah..

marah angryJika kita terus berusaha mencari solusinya dan yakin akan ketemu, maka kita pun akan mendapatkan solusi masalah tersebut.

Tapi jika sudah menyerah, rasa bosan pasti berkecamuk dalam hati dan sangat ingin untuk segera lari dari pekerjaan yang sedang dilakukan.

Memang tidak semua masalah itu mudah.

Masalah yang sulit memberikan tantangan yang lebih dan bahkan membuat kita harus menguras tenaga dan pikiran lebih dalam lagi.

Ketika solusi terus bersembunyi dan tidak ketemu dimana letaknya, rasa jenuh pun muncul dan ingin meninggalkan tugas yang satu ini. Tapi jika sudah ketemu, rasa bahagia berkobar karena berhasil menaklukkan tantangan yang ada.


4. Kurang dihargai bos

Setelah apa yang kita lakukan terhadap perusahaan atas segala prestasi yang dicapai, ternyata kita kurang diperhatikan dan tidak mendapatkan pengakuan atau penghargaan.

Kesal pastinya.

Jika hal ini sering terjadi, kita akan bosan jika diberikan suatu tugas baru karena sudah tahu bahwa hasil sebagus apapun tidak akan dihargai.

Akhirnya malas..

Bukan tidak mungkin membuat mereka yang tidak tahan lari dari sana dan memilih untuk mencari tantangan ditempat lain.

Jika mereka adalah pegawai andalan, si bos pastinya merasakan kehilangan yang bisa membuat bisnisnya goyang.


5. Gaji tidak naik-naik

Ini merupakan alasan yang paling sering dijumpai ketika seseorang merasa bosan akan pekerjaan yang dilakukannya.

"Mengapa harus rajin bekerja jika gaji segini-segini saja?"

Nah lho..
Pernyataan inilah yang sering terdengar dari mereka yang sudah bosan dengan situasi kerja dan upah tidak beranjak.

Apalagi upahnya tidak pernah merangkak naik selama bertahun-tahun.

Tidak salah memang jika banyak yang bosan dan terpaksa pergi karena alasan gaji. Dan tidak jarang mereka mendapatkan upah yang lebih menggiurkan ketika sudah mendapatkan pekerjaan baru.


Di-senyum-in saja..

Apapun alasan yang membuat kita bosan, ada baiknya tersenyum dulu. Senyum bisa membuat hati lebih tenang dan bahagia. Setelah tenang, barulah dipikirkan lagi dengan matang apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan dalam bekerja.

Kalau memang sudah mentok dan tidak berjumpa dengan solusi yang pas, meninggalkan pekerjaan lama dan beralih ke pekerjaan yang baru bisa menjadi opsi terakhir..


Baca juga :


EmoticonEmoticon