Tips Lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Kuliah merupakan tahapan yang harus dilalui ketika seorang pelajar sudah menyelesaikan pendidikan di SMA dan ingin meraih gelar.

Banyak pelajar yang mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk perguruan tinggi dengan mengambil les atau kursus. Les atau kursus ini tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.


Tapi bagi saya yang waktu itu keuangannya tipis banget, mau tidak mau harus mencari celah yang lain.

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi ketika menjelang tes masuk perguruan tinggi dan universitas yang dituju pun merupakan favorit banyak pelajar di Indonesia.

Incaran puluhan ribu orang...

Jadi persiapan matang dan lama harus saya lakukan agar bisa menembus persaingan masuk disana. Mau tidak mau ini harus dilakukan.


Jalur lain

Tidak seperti teman-teman yang bisa dengan mudah les disana-sini karena mempunyai banyak uang, saya cenderung memilih belajar sendiri dan bertanya kepada teman yang lebih mengerti.

Ini demi menghemat pengeluaran orang tua akan biaya sekolah.

Mengoleksi kumpulan soal

Pertama yang saya lakukan adalah membeli kumpulan soal ujian masuk perguruan tinggi. Kumpulan soal ini biasanya berisi paket soal ujian 5 tahun sebelumnya secara berturut-turut

Kalau sekarang mendapatkan kumpulan soal sangatlah mudah, tinggal download di internet.

Bahkan bisa sampai 10 tahun ke belakang.

Lebih banyak soal akan sangat lebih baik. Soal-soal ini saya pelajari satu per satu dan teknik yang digunakan adalah teknik belajar mencicil, bukan sekali belajar langsung semuanya.

Info :
Waktu saya lulus SMA, internet sangat susah diakses. Selain belum begitu mengerti cara menggunakannya, biaya per jam juga lumayan membuat dompet berteriak kencang.

Persiapan sudah dilakukan 6 bulan sebelum tes masuk dilaksanakan.

Setiap hari saya pelajari selama setengah jam dan materinya tiap hari berbeda-beda.



Misalnya sekarang matematika, besok kimia, besoknya lagi fisika dan seterusnya. Waktu setengah jam ini tidak pasti, terkadang dihari yang sama saya bisa belajar lebih lama karena merasa sangat antusias dan tertantang untuk menyelesaikan soal.

Dan jangan ragu atau sungkan bertanya kepada guru dan teman ketika menghadapi masalah.

Diskusi membuat kita mendapatkan cara baru dalam menyelesaikan soal.

Rajin-rajinlah diskusi dan cara-cara yang lebih mudah pasti bisa diperoleh. Lakukanlah langkah ini setiap hari, jika merasa bosan atau capek, jangan dipaksakan untuk belajar.

Istirahat dulu dan refresing.


Ikut tryout

Selain cara pertama, ada cara kedua yaitu sering ikut tryout.

Tryout akan memberikan gambaran bagi kita bagaimana ujian masuk itu nantinya. Disana kita bisa belajar :
  • cara mengatur waktu pengerjaan soal, 
  • menyelesaikan soal yang mudah dahulu dan lainnya. 
  • Pengalaman ikut tryout sangat berharga.
Tak lupa, soal-soal ini saya kumpulkan lagi.

Di rumah soal yang sulit langsung dibedah dan dicari penyelesaiannya.

Kalau ada yang mentok dan tidak bisa ditaklukkan, saya simpan dulu dan bawa ke sekolah. Disana sudah siap teman-teman membantu.


Kesimpulan

Itulah langkah-langkah yang saya lakukan untuk bisa lulus perguruan tinggi dan hasilnya sayapun tembus di salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia.

Pokoknya tetap kerja keras, pantang menyerah dan saya yakin kita pasti berhasil.

Selamat berjuang para pelajar semuanya, raihlah cita-citamu.. Persiapkan diri lebih lama agar merasa mantap dan lebih tenang.

Semakin banyak soal yang dicoba, semakin bagus.

Siapa tahu muncul soal dengan karakter sama atau bahkan sama persis, jadi kita sudah mengetahui jawabannya.


Baca juga :

Post a Comment for "Tips Lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi"