Home » , , » Tips Bagi yang Sering Bekerja di Depan Komputer

Tips Bagi yang Sering Bekerja di Depan Komputer

Komputer atau laptop sudah menjadi bagian penting dari suatu pekerjaan saat ini dan berbagai macam aktivitas bisa dikerjakan dengan cepat dan mudah. Jadi tidak heran jika banyak orang yang wara-wiri membawa laptop.



Bekerja dalam waktu yang lama dengan menggunakan laptop atau komputer bisa mengakibatkan gangguan mata dan yang lebih sering terjadi adalah mata minus sehingga harus menggunakan kacamata.

Artikel ini akan memberikan beberapa tips mudah yang bisa dicoba bagi anda yang sering berada di depan komputer/laptop :

1. Ubah pandangan

Ketika bekerja dengan komputer, pandangan akan lebih banyak tertuju ke layarnya. Ada baiknya sesekali pandangan diubah dengan melihat yang jauh-jauh selama 5 menit. Kalau ada jendela kaca untuk melihat keluar, bisa dilakukan dari sana.

Atau bisa juga keluar kantor sebentar dan menikmati pemandangan luar.

Cara seperti ini, memandang yang jauh-jauh, mampu membuat mata lebih rileks dan tidak terlalu tegang otot-ototnya. Saya sendiri sering melakukan ini dan mata menjadi lebih enteng setelah mencueki layar selama beberapa menit.

2. Posisi duduk

Duduk tegap merupakan posisi terbaik dan posisi yang membungkuk bisa mengakibatkan gangguan pada tulang belakang.


3. Bangun sebentar

Bekerja dengan komputer akan membuat kita duduk lebih lama. Dan untuk mengurangi rasa pegal, bisa dengan jalan-jalan mengelilingi ruangan kantor atau bahkan berjalan untuk sekedar membuat kopi.

Karena kebetulan saya sering bekerja dengan komputer di rumah, ketika badan sudah lelah diajak duduk, saya melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan, lari-lari kecil ataupun meregangkan badan.

Tujuannya agar badan tidak kaku dan tidak menimbulkan nyeri.

Kesimpulan

Memang kalau sudah larut dalam pekerjaan, rasanya sukar sekali untuk berpaling dari layar monitor. Ntar kalau ditinggal sebentar, pekerjaan ga bakalan beres-beres..

Tapi pengalihan seperti diatas sangat perlu lho dan tidak memakan waktu yang lama juga kok, palingan 5 -10 menit cukup. Kalau sudah merasa lebih enakan, barulah balik lagi ke layar dan mengeksekusi tugas selanjutnya.

Kesehatan kan penting juga..

Mudah-mudahan tips diatas bisa membantu para pembaca semuanya yang sering menggunakan komputer/laptop ketika menjalankan aktivitasnya. Dan jangan lupa olahraga ringan setiap pagi agar tubuh lebih sehat dan bugar..

Salam sehat..


Baca juga :






Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



2 comments: