Ayo Ketahui Ciri Khas Sebuah Klub Sepakbola

Sebuah klub sepakbola selalu mempunyai ciri khas yang membuat para penikmat sepakbola bisa dengan mudah mengenali klub tersebut. Ciri khas tersebut bisa muncul dari berbagai faktor dan disini kita akan melihat apa saja yang mencirikan sebuah klub sepakbola.



Beberapa diantaranya pasti sudah sangat anda ketahui, terutama anda yang penggila bola. Apa saja ciri khasnya?

Yuk lanjutkan membacanya...

1. Daerah atau kota

Kalau klub besar eropa, kota menjadi ciri khas pertama. Misalnya kota Manchester, pasti yang diingat adalah Manchester United atau Manchester City. Kemudian kota Barcelona, tentu adalah klub hebat Barcelona dan juga kota lainnya.

Masing-masing kota memiliki klub sepakbola dan bahkan ada dua atau tiga klub terkenal dalam satu kota.

Semisal kota London. Dikota ini bercokol klub-klub besar dunia seperti Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur. Belum lagi ditambah dengan klub-klub yang lain.

2. Warna kostum

Kostum menjadi ciri khas yang sangat menonjol bagi sebuah klub. Misalnya Manchester United dengan kostum merahnya, Real Madrid dengan kostum putih, Inter Milan dengan kostum biru hitamnya.

Bahkan tak jarang julukan sebuah klub datang karena warna kebesaran kostum mereka.

Semisal Manchester United yang dikenal dengan Red Devils (merah adalah warna utama kostum klub), Chelsea yang dikenal dengan The Blues (warna utama kostum adalah biru), Liverpool yang dikenal dengan The Reds (warna utama merah).


3. Nama pendukung

Supoter sebuah klub biasanya akan memiliki nama sendiri dan mereka akan selalu mendukung klub ketika bermain dan memberikan semangat agar tim mereka menang. Kalau di Indonesia misalnya pendukung Persija yang dikenal dengan Jak Mania.


4. Stadion kebanggaan

Setiap klub memiliki stadion yang menjadi markas mereka. Stadiun menjadi ciri khas penting bagi sebuah klub.

Misalnya :

  • Old Trafford-nya MU, 
  • Nou Camp di Barcelona, 
  • Olimpico di Roma
  • Anfield di Liverpool 

5. Logo

Logo sebuah klub biasanya akan terpampang pada kostum klub dan juga bisa dijumpai pada bendera klubnya.

Kalau anda penggemar dari suatu klub, pasti sangat hafal dong dengan logo yang terpampang pada kostumnya?

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri khas sebuah klub sepakbola dan olahraga ini akan terus menghibur para penggemarnya dengan pertandingan-pertandingan menarik dan disertai aksi gocek bola yang mengundang decak kagum.

Event-event besarpun akan selalu memanjakan para penggemar seperti, Piala eropa, piala dunia, piala AFF, piala asia dan lainnya.

Salam olahraga dan sehat selalu..


Baca juga :

Post a Comment for "Ayo Ketahui Ciri Khas Sebuah Klub Sepakbola"