Kadal Dengan Ekor Sangat Panjang

Kadal ini tidak sengaja saya temukan di halaman rumah. Ketika sedang bermain dengan anak, perhatian tiba-tiba teralihkan dengan binatang kecil ini. 


Eh, kok ada yang aneh...
Ukuran tubuhnya hampir sama dengan cicak besar, tapi yang membuatnya terlihat berbeda adalah ekornya yang panjang.

Tanpa pikir-pikir, langsung saya sambar kamera dan menjepret binatang ini.

Kadal jenis ini baru pertama kali saya lihat dan tampak unik. 
Ekor panjangnya hampir tiga kali dari ukuran tubuhnya. Bentuk kakinya pun juga aneh, dimana ada satu jarinya yang terlihat menonjol karena ukurannya yang panjang juga.

Mungkin para pembaca pernah melihat kadal seperti ini? 
Kalau kebetulan menjumpai hewan dengan bentuk tubuh yang agak aneh, bisa langsung di foto dan dibagikan di blog agar semakin banyak orang yang mengetahuinya.

Kualitas foto

Mohon maaf untuk kualitas fotonya, maklum waktu itu HP masih belum galak resolusinya, kecil banget. 
Jadinya gambar yang terekam pun memiliki kualitas kurang tajam.

Setelah mendapat foto ini, bagian yang tidak penting dihilangkan dan saya tampilkan gambar kadalnya saja. Dengan tujuan kadal ekor panjang ini jelas wujudnya dan tidak diganggu oleh objek lain yang ikut terekam ketika menjepretnya.

Lanjut lagi..

Ini adalah kadal dengan ekor paling panjang yang pernah saya temui dan setelahnya saya kembali menemukan beberapa kadal sejenis, namun dengan ukuran ekor yang tidak sepanjang ini. Tapi ukuran ekornya masih sekitar dua kali panjang tubuhnya.

Ternyata dunia hewan memang unik ya.. 
Banyak hal-hal yang tidak pernah diduga kemudian hadir di hadapan dan inilah yang tidak boleh disia-siakan. 

Kamera pada smartphone bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen ini.

Atau anda juga mempunyai foto hewan yang unik? Bisa diceritakan di kolom komentar ya, agar semakin banyak orang yang tahu keberagaman hewan.

Kalau sekarang muncul, fotonya pasti lebih bagus

Uniknya, kadal ini tidak agresif. Dipandang lama tetap diam, dijepret-jepret tetap diam. Tidak langsung lari ketika didekati.
Jadinya mudah difoto.

Nah...
Jika sekarang ketemu lagi, pasti saya jepret dengan smartphone yang kameranya lebih gahar atau menggunakan kamera.

Kebetulan perlengkapan sudah lebih lengkap dibanding dulu. 

Saat ada kadal ekor panjang nongkrong manja, pasti saya minta jadi foto model. Jepret-jepret atau bahkan dibuatkan videonya.
Upload di youtube.

Wah, lumayan dapat view itu...
😁

Ok...
Kalau fotonya sudah saya dapat, pasti ditambahkan di artikel ini. Biar pembaca puas menikmati keindahan kadal ini dengan detil lebih bagus.
Mudah-mudahan saya beruntung berjumpa dengannya...

Doakan ya...

Baca juga ya :

10 comments for "Kadal Dengan Ekor Sangat Panjang"

  1. Jurnal
    Kadal Ekor Panjang

    28 June 2014 kategori Katalog

    Penulis: Gusti Wicaksono

    Dibaca: 1314 Kali

    Kadal ekor panjang adalah sejenis kadal bertubuh panjang ramping anggota dari suku Lacertidae. Nama ilmiahnya adalah Takydromus sexlineatus, merujuk pada kebiasaan dan jumlah garis-garis tubuhnya. (Tachydromus, untuk pelari cepat dan sexlineatus yang berarti memiliki enam garis). Kadal berbadan ramping, dengan ekor yang panjang menjuntai, sering ditemukan berlari cepat menyusup rerumputan atau tengah berjemur di atas semak-semak rendah. Kadang-kadang pula memanjat rumput-rumputan yang agak tinggi, untuk berburu serangga yang menjadi mangsanya. Memiliki leher yang panjang dan moncong meruncing, kadal ini serupa dengan biawak namun berukuran jauh lebih kecil dan kurus. Total panjang tubuh hingga 290 mm, dan sekitar empat-perlimanya adalah ekor. Panjang kepala dan badan mencapai 8 cm, meski kebanyakan tidak melebihi 6 cm. Lidahnya bercabang.

    Kadal ekor panjang kerap berdiam di sekitar lapangan rumput atau sawah yang mengering, semak-semak yang terbuka. Kadal ini menyenangi matahari dan tempat-tempat terbuka, kerap dijumpai beberapa ekor berjemur berdekat-dekatan di ujung dedaunan atau rerumputan di pagi hari. Kadal ini hampir tak pernah ditemukan di dalam kebun yang rapat pepohonannya atau di lantai hutan. Kadal yang aktif di siang hari ini memangsa aneka jenis serangga kecil, seperti lalat, ngengat dan juga belalang yang berukuran kecil. Seperti halnya cecak, kadal ini mampu memutuskan ekornya sendiri (ototomi) manakala terancam oleh pemangsa. Musuhnya akan tertarik dan tertipu oleh ekor putus yang bergerak-gerak sendiri, sementara kadalnya pergi menghilang di antara rerumputan. Kadal ekor panjang mampu berlari cepat sambil menyusup di sela-sela tumbuhan bawah. Beberapa lama kemudian ekor ini akan tumbuh dan memanjang hingga kembali seperti semula.

    Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2015 All Right Reserved

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih lengkap sekali informasi..
      terima kasih ya untuk masukannya..

      Delete
  2. Eh kemarin saya juga nemu didepan rumah.

    ReplyDelete
  3. Sy pernah melihat kadal dipekarangan rumah dgn panjang buntut mencapai 1 meter pada thn 1986. Namun ada yg aneh pada bagian ekor belakangnya berbentuk segitiga ujungnya lancip mirip tombak iblis.ada yg prnh liat jg hub saya di 082297961116.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih..
      ini malah tambah aneh lagi mas..

      kalau yang ini belum pernah saya jumpai..
      kalau ketemu langsung saya foto deh..

      Delete
  4. Maaf saya dapat kadal ini, warna nya hijau dengan ekor panjang seperti ular. Tapi saat saya tangkap dia sama sekali tidak melepaskan ekor nya. Apa ini kadal yg anda maksud?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip mas..
      kadal yang saya foto itu juga tidak langsung lari ketika saya dekati dan tidak memustuskan ekornya. tidak seperti cicak.

      Delete
  5. Baru aja hari ini tanggal 19-03-2020 di teras masjid setelah sholat Dzuhur saya nemuin kadal tersebut lagi berjemur, unik banget

    ReplyDelete