Home » » Kadal Dengan Ekor Sangat Panjang

Kadal Dengan Ekor Sangat Panjang

kadal ekor panjang
kadal ekor panjang
Kadal ini secara tidak sengaja saya temukan di halaman rumah. Ketika sedang bermain dengan anak, perhatian saya tiba-tiba teralihkan dengan binatang kecil ini. Ukuran tubuhnya hampir sama dengan cicak besar, tapi yang membuatnya menarik perhatian adalah ekornya yang panjang.

Tanpa pikir-pikir lagi, langsung saya menyambar kamera dan menjepret binatang ini.

Kadal dengan jenis ini baru pertama kali saya lihat dan sangatlah unik. Ekor panjangnya hampir tiga kali dari panjang tubuhnya. Bentuk kakinya pun juga aneh, dimana ada satu jarinya yang terlihat menonjol karena ukurannya yang panjang juga.

Mungkin para pembaca pernah melihat jenis kadal seperti ini? Kalau kebetulan menjumpai hewan dengan bentuk tubuh yang agak aneh, bisa langsung di foto dan dibagikan di blog agar semakin banyak orang yang mengetahuinya.

Kualitas foto

Mohon maaf untuk kualitas dari fotonya, maklum waktu itu HP masih belum galak resolusinya, kecil banget. Jadinya gambar yang terekam pun memiliki kualitas kurang tajam.

Setelah mendapatkan foto ini, bagian yang tidak penting dihilangkan dan saya tampilkan gambar kadalnya saja. Dengan tujuan kadal ekor panjang ini jelas wujudnya dan tidak diganggu oleh objek lain yang terekam ketika menjepret foto ini.

Lanjut lagi..

Ini adalah kadal dengan ekor paling panjang yang pernah saya temui dan setelahnya saya kembali menemukan beberapa kadal sejenis, namun dengan ukuran ekor yang tidak sepanjang ini. Tapi ukuran ekornya masih sekitar dua kali panjang tubuhnya.

Ternyata dunia hewan memang unik ya.. Banyak hal-hal yang tidak pernah diduga kemudian hadir dihadapan dan inilah yang tidak boleh disia-siakan. Kamera pada smartphone bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen ini.

Atau anda juga mempunyai foto hewan yang unik? Bisa diceritakan di kolom komentar dibawah ini ya, agar semakin banyak orang yang tahu keberagaman hewan.


Baca juga :


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



4 comments:

  1. Jurnal
    Kadal Ekor Panjang

    28 June 2014 kategori Katalog

    Penulis: Gusti Wicaksono

    Dibaca: 1314 Kali

    Kadal ekor panjang adalah sejenis kadal bertubuh panjang ramping anggota dari suku Lacertidae. Nama ilmiahnya adalah Takydromus sexlineatus, merujuk pada kebiasaan dan jumlah garis-garis tubuhnya. (Tachydromus, untuk pelari cepat dan sexlineatus yang berarti memiliki enam garis). Kadal berbadan ramping, dengan ekor yang panjang menjuntai, sering ditemukan berlari cepat menyusup rerumputan atau tengah berjemur di atas semak-semak rendah. Kadang-kadang pula memanjat rumput-rumputan yang agak tinggi, untuk berburu serangga yang menjadi mangsanya. Memiliki leher yang panjang dan moncong meruncing, kadal ini serupa dengan biawak namun berukuran jauh lebih kecil dan kurus. Total panjang tubuh hingga 290 mm, dan sekitar empat-perlimanya adalah ekor. Panjang kepala dan badan mencapai 8 cm, meski kebanyakan tidak melebihi 6 cm. Lidahnya bercabang.

    Kadal ekor panjang kerap berdiam di sekitar lapangan rumput atau sawah yang mengering, semak-semak yang terbuka. Kadal ini menyenangi matahari dan tempat-tempat terbuka, kerap dijumpai beberapa ekor berjemur berdekat-dekatan di ujung dedaunan atau rerumputan di pagi hari. Kadal ini hampir tak pernah ditemukan di dalam kebun yang rapat pepohonannya atau di lantai hutan. Kadal yang aktif di siang hari ini memangsa aneka jenis serangga kecil, seperti lalat, ngengat dan juga belalang yang berukuran kecil. Seperti halnya cecak, kadal ini mampu memutuskan ekornya sendiri (ototomi) manakala terancam oleh pemangsa. Musuhnya akan tertarik dan tertipu oleh ekor putus yang bergerak-gerak sendiri, sementara kadalnya pergi menghilang di antara rerumputan. Kadal ekor panjang mampu berlari cepat sambil menyusup di sela-sela tumbuhan bawah. Beberapa lama kemudian ekor ini akan tumbuh dan memanjang hingga kembali seperti semula.

    Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2015 All Right Reserved

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih lengkap sekali informasi..
      terima kasih ya untuk masukannya..

      Delete
  2. Eh kemarin saya juga nemu didepan rumah.

    ReplyDelete