Home » » Jangan Lupakan Ini Sebelum Tidur

Jangan Lupakan Ini Sebelum Tidur

Tidur memang sangat dibutuhkan tubuh untuk memulihkan stamina dan energi yang hangus setelah digunakan beraktivitas seharian penuh. Tidur yang dianjurkan pada malam hari adalah selama 8 jam dan kurangilah bergadang karena hanya akan membuat tubuh semakin kehilangan tenaga.

source : pixabay

Rasa segar dan bugar yang dirasakan keesokan pagi bisa diperoleh karena tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas. Maksudnya tidur kita lelap dan tidak terganggu oleh beban pikiran dan faktor lainnya.

Boleh dicoba beberapa tips dibawah ini agar tidur kita menjadi lebih enak dan nyaman :


1. Bersihkan badan dan mulut

Badan yang bersih akan membuat tidur menjadi lebih nyaman.

Kotoran dan keringat yang menempel ditubuh akan hilang, sehingga tidak ada rasa gatal yang mengganggu tidur. Mandi dan gosok gigi merupakan langkah wajib sebelum tidur.

Mandinya jangan malam-malam, bisa di sore harinya dan untuk gosok gigi bisa sebelum beranjak tidur.

2. Matikan televisi dan gadget

Jauhkan gadget dari genggaman tangan kalau sudah jam tidur.

Jika sudah keasyikan dengan gadget, kita pun bisa terlena dengannya dan tanpa sadar waktu sudah sangat larut dan mengurangi jam tidur. Begitu juga dengan televisi, matikan kalau sudah jam tidur. Kalau acaranya memang menarik, paksa diri untuk mematikan televisi dan tidurlah.

Cara ini sukses membuat saya tidur tepat waktu dan bangun pagi menjadi lebih bugar.


3. Tenangkan diri

Saya mendapatkan saran ini dari buku-buku dan juga acara televisi.

Menenangkan diri sebelum tidur bisa membuat pikiran lebih adem dan tidak terlalu berpikir keras. Caranya bisa dengan menarik nafas panjang dan keluarkan dengan pelan-pelan. Bisa juga dengan mengucapkan terima kasih atas segala anugrah yang Tuhan berikan di hari itu.


4. Gelapkan ruangan

Ruangan gelap membuat tidur lebih lelap. Cobalah!!!

Anda bisa mencari penjelasan ilmiahnya di google. Sayapun sudah merasakan manfaatnya. Ketika ruangan terang, sangat susah untuk tidur. Mata silau dan sebentar-sebentar pun bangun. Hasilnya jelas, keesokan paginya badan menjadi kurang bugar.


Kesimpulan

Tidur lelap dan nyaman akan membuat kita fit kembali di esok hari serta siap menjalani aktivitas. Cara diatas boleh dicoba untuk membuat tidur lebih baik dan jangan lupakan hal ini sebelum tidur.

Dan perlu diketahui kalau tidur yang lelap itu bisa diperoleh ketika badan sudah bersih serta lingkungan disekitar tenang dan tidak berisik. Kitapun bisa mendapatkan istirahat yang cukup untuk memulihkan tenaga..

Semoga bermanfaat..



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment