Home » » Inilah Tantangan Menulis Artikel Untuk Blog

Inilah Tantangan Menulis Artikel Untuk Blog

Menulis sebuah artikel untuk blog memang susah-susah gampang. Susah kalau kita belum terbiasa dan gampang kalau sudah mengerti trik dan cara menulis yang baik. Dalam menulis sebuah artikel pun ada tantangan yang harus diatasi dan jika semakin sering menulis dan menulis, setiap tantangan yang ada akan bisa diatasi dengan baik.

Nah disini saya akan membagi pengalaman dalam urusan menulis artikel blog berikut mengatasi tantangannya. Mari kita simak :

1. Padat berisi
Kalau menurut saya, sebuah artikel itu harus padat berisi dan tidak terlalu bertele-tele dalam menjelaskan. Langsung saja ke point yang ingin dibicarakan. Ini akan membuat para pembaca senang dengan artikel kita, karena mereka langsung mendapatkan apa yang ingin dicari. 

Tantangan :
Tantangan yang harus diselesaikan adalah bagaimana menulis dengan langsung menuju tema atau isi yang ingin disampaikan dan jangan bertele-tele.

Usahakan jangan sampai ada pengulangan kata yang berlebihan, ini akan membuat kalimat menjadi tidak enak dibaca dan bisa membuat pengunjung menjadi tidak nyaman. Jika sudah begitu, pengunjung pun bisa cepat-cepat kabur.

Tantangan :
Disini kita harus membaca ulang kembali tulisan yang sudah dibuat dan cek lagi susunan kata dalam kalimat untuk menghindari pengulangan kata.

3. Gunakan gambar
Tulisan diblog yang ada gambarnya terlihat lebih menarik, apalagi gambarnya unik, lucu dan keren. Pengunjung akan betah dan semakin senang dalam membaca artikel kita. Gambar yang dipakai haruslah gambar yang benar-benar berhubungan dengan isi tulisan. Jangan menulis tentang sepakbola tapi gambarnya menggunakan orang sedang jogging, tidak nyambung kan? Trus usahakan gambar yang dipakai adalah punya sendiri dan jangan mengambil langsung dari google, karena takutnya gambar tersebut ada hak ciptanya dan kita bisa melanggar hak cipta tersebut. 

Tantangan :
Buatlah atau carilah gambar yang benar-benar mewakili isi tulisan. Ingat, jangan ambil langsung dari google. Ada baiknya cari foto sendiri atau buat gambar ilustrasi sederhana. Tidak perlu gambar yang susah-susah, apalagi saya yang tidak bisa membuat gambar dengan software gambar. Saya sering membuat gambar malahan dengan menggunakan MS. Power Point. Baca caranya disini : membuat gambar untuk blog dengan MS. Power Point.

4. Tambahkan kata menarik atau lucu
Tidak ada salahnya dalam menulis diselipkan dengan cerita ringan yang lucu sehingga membuat para pembaca tersenyum simpul dan tertawa dengan tulisan kita. Kemudian bisa ditambahkan dengan kata-kata menarik yang membuat tulisan lebih hidup dan berwarna.

Tantangan :
Mencari kata yang pas dan unik dalam setiap tulisan. Kata-kata ini tidak perlu banyak, dalam setiap tulisan cukup ada 2 atau 3 kata saja. Nanti kalau terlalu banyak tulisan kurang bagus jadinya.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi tantangan dalam menulis sebuah artikel di blog dan semua ini adalah pengalaman saya pribadi. Nah, semoga bermanfaat dan teruslah menulis dan menulis agar kemampuan semakin berkembang serta jangan mudah patah semangat.


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment