Home » » Manfaat Daun-daun Pada Pepohonan

Manfaat Daun-daun Pada Pepohonan

Dedaunan yang ada pada pohon memberikan manfaat yang sangat besar sekali bagi kehidupan makhluk hidup, baik itu manusia maupun hewan.

Maka menjaga kelestarian pohon merupakan tugas kita agar segala manfaat baiknya dapat kita terus rasakan sepanjang waktu.

Cek manfaatnya disini!
Ada beberapa manfaat daun yang akan dibahas pada artikel ini dan mungkin beberapa diantaranya sudah sangat akrab dengan anda. Atau mungkin ada beberapa manfaat yang sama sekali belum anda ketahui.

Ok, daripada berlama-lama langsung saja deh cek manfaatnya di bawah ini.

Manfaat daun bagi makhluk hidup antara lain :


(1) Sebagai peneduh
Berteduh dibawah rimbunnya daun memang sangat mengasyikkan. Semilir angin yang datang semakin membuat tubuh terasa segar dan sejuk.
(Baca juga : Mengenal manfaat pohon)


(2) Rumah hewan
Coba deh lihat semut di pepohonan, mereka membuat rumahnya dengan menggunakan daun-daun yang ada dan biasanya rumahnya berbentuk bulat.
(Baca juga : hewan pembangun menara)


(3) Atap rumah
Kalau jaman dulu, atap rumah dari dedaunan masih banyak digunakan dan daun yang menjadi primadona adalah daun kelapa. Bahkan sampai sekarang daun kelapa masih sering digunakan sebagai atap.
(Baca juga : Dalam hal manfaat, pohon pisang pun tak mau kalah dengan kelapa)


(4) Bungkus nasi
Nah kalau yang satu ini adalah tugas dari pohon pisang. Daunnya yang lebar dan lembut sering digunakan untuk membungkus nasi. Jajanan tradisional juga sering dibungkus menggunakan daun ini.


(5) Makanan hewan
Beberapa jenis daun sangat digemari oleh hewan peliharaan seperti sapi dan kambing. Daun merupakan sumber makanan bagi mereka.
(Baca juga : Beberapa kehebatan hewan yang bisa membuat kita kagum dan heran)


(6) Penghasil oksigen
Oksigen dihasilkan di daun melalui proses fotosintesis dan merupakan produsen atau penghasil makanan di dunia ini. Jadi tanpa adanya daun, kita akan kekurangan oksigen.


(7) Kerajinan tangan
Di tangan orang-orang kreatif, daun-daun kering tidak hanya dibuang dan dibiarkan begitu saja berserakan di tanah.

Ada beberapa jenis daun dari pohon tertentu, semisal daun pisang kering, bisa dijadikan hiasan pada suatu bingkai. Keren kan?? Hasilnya juga menarik dan unik lho.. Ada juga jenis daun lain yang digunakan kok, bukan hanya pisang saja..


(8) Obat-obatan
Kalau di kampung saya, ada beberapa jenis daun yang bisa dijadikan sebagai jamu dan rasanya sangatlah enak sekali. Perut terasa halus dan enak setelah menenggak jamu ini.. Saya yakin di daerah andapun pasti ada beberapa jenis dedaunan yang sering dijadikan jamu..
(Baca juga ; Obati sariawan dengan tanaman ini)


(9) Kompos
Daun kering yang berserakan di rumah bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kompos dan bisa menyuburkan tanaman yang ada di halaman rumah.

Cara paling mudah adalah dengan mengubur daun-daun ini kemudian didiamkan selama beberapa waktu sampai hancur dan menyatu dengan tanah.


Silahkan eksplor lagi ya!!
Setelah mengetahui berbagai macam manfaat dari daun, menanam pohon menjadi suatu keharusan bagi kita agar bumi ini tidak semakin panas dan bisa menjadi tempat berlindung yang baik bagi semua makhluk hidup.

Selain itu, anda juga bisa mencari dan mencari lagi apa saja manfaat daun yang sering anda temui dalam kehidupan sehari-hari.

Bisa juga dibagikan dalam kolom komentar dibawah ini, sehingga bisa menjadi ajang saling berbagi dan menambah pengetahuan..




Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


2 comments: