Home » » Ini Dia Jenis Lomba Lari yang Menantang

Ini Dia Jenis Lomba Lari yang Menantang

Lomba lari memang sudah menjadi salah satu cabang yang sering dipertandingkan di berbagai ajang resmi seperti Olimpiade, Asian Games, Sea Games dan berbagai kejuaraan lainnya.

Lomba lari yang biasa dikenal adalah lari 100 meter, 200 meter, 5000 meter dan juga marathon dengan jarak 42 kilometer. Dari kesemua lomba lari tersebut, trek atau jalur yang digunakan adalah jalur mendatar.


Nah sekarang ada yang lebih baru lagi.. Lomba lari yang lain dari diatas dan dikenal dengan vertical running.

Vertikal bisa diartikan sesuatu yang arahnya turun dan naik.

Jadi lomba lari ini lintasannya tidak mendatar, melainkan naik. Wuih, bakalan berat banget tantangan yang dihadapi..

Lintasan yang dipakai adalah tangga pada gedung-gedung bertingkat dengan ketinggian tertentu. Sensasi dari lari vertikal ini tentu berbeda dengan lari dengan lintasan  mendatar dan sudah sering diadakan kejuaraan untuk jenis lari ini.



Sudah pernah mencoba lari naik turun satu tangga? Ya, satu tangga saja dulu..

Ketika menggeluti dunia sepakbola dan menjadi pemain di kampung, pelatih memberikan menu latihan lari naik turun tangga. Tidak perlu banyak-banyak, cukup satu tangga saja..

Ini tantangan yang mudah bagi saya.

Segera mengambil ancang-ancang dan langsung melakukan gerak naik turun dari lantai ke tangga balik lagi ke lantai dan seterusnya. Tidak ada masalah melakukan latihan ini setelah melakukan 5 kali gerakan bolak-balik.

Nah, setelah itu barulah kerasa banget tarikan pada otot kaki. Rasa lelah hadir dengan cepatnya dan kaki tidak kuasa lagi melakukan gerakan ini setelah 15 sampai 20 kali. Berat banget rasanya, tidak pernah terbayangkan.

Jika dibandingkan dengan melakukan lari diatas trek mendatar, ayunan sampai 100 kalipun tidak menjadi masalah.

Gerakan kaki yang vertikal sangat menguras energi dan membuat otot cepat lelah, bagi yang tidak terbiasa akan sangat kecapaian melakukannya. Tapi yang sudah sering latihan, tidak akan kesusahan karena sudah terbiasa.

Seperti itulah tantangan yang akan dihadapi oleh para atlet yang berjuang menaklukkan tangga demi tangga dari sebuah gedung yang tingginya ratusan meter dengan jumlah anak tangga yang bisa saja mencapai ribuan.

Pasti terkuras sekali tenaganya..

Jika ingin melakukan gerakan naik turun tangga harus hati-hati ya!! Karena luas pijakan tidak sebebas ketika melakukan lari dengan lintasan mendatar.

Nah, itulah salah satu jenis lomba lari yang menantang..


Baca juga :






Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment