Home » » Membuat Buku Bergaris Kotak-Kotak di MS. Excel

Membuat Buku Bergaris Kotak-Kotak di MS. Excel

Buku bergaris kotak-kotak memang sudah banyak dijual dipasaran dan mudah sekali ditemukan. Tapi jika kita kebetulan ingin memakai buku kotak-kotak tapi tidak punya bukunya, kemudian jam sudah menunjukkan pukul 12 malam. Nah, mana ada toko buku yang bukan bukan? Hehehehe... Jika kebetulan menemui kejadian seperti itu, bisa dicoba dulu buat buku kotak-kotaknya sendiri dengan bantuan dari MS. Excel. Bagaimana caranya? Langsung saja lihat dibawah ini :

(1) Buka aplikasi MS. Excelnya terlebih dahulu

gambar 1
Pada gambar 1, bloklah beberapa kolom, misalnya dari kolom A sampai kolom O. Untuk ngebloknya, paskan pada bagian atas kolom (tepatnya dibagian yang didalam kotak hitam). Geserlah kursor dari A sampai O. Setelah itu klik kanan pada area yang diblok dan pilihlah "column width" dan isilah lebarnya dengan angka dua koma lima (2.5). Ingat, untuk excel penulisan koma harus menggunakan titik ya.

Setelah itu lembar kerjanya akan berubah menjadi seperti dibawah :

gambar 2
Jika kotaknya dirasa kurang, bisa diulangi cara diatas untuk menambahkan kotak dengan ukuran sama. Bisa dilihat seperti gambar dibawah ini :

gamba 3
Pada gambar 3 diatas, kotak-kotak kecil dengan ukuran yang sama sudah banyak dan langkah selanjutnya adalah memberi garis pada masing-masing kotak.

(2) Blok lagi semua kotak kecil yang sudah dibuat tersebut.

gambar 4
Setelah diblok, langsung klik kanan pada area yang diblok dan pilih "format cells". Kemudian akan muncul gambar 4 diatas. Isilah garis dengan mengklik pilihan "outline dan inside", seperti yang dilingkari merah pada gambar 4.

Kemudian kita bisa melihat hasilnya seperti gambar dibawah ini :

gambar 5
Ok, buku kotak-kotaknya sudah jadi dan bisa diprint terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Sesuaikan dengan ukuran kertas yang diinginkan. Nah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya..


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment