Home » » Ayo Kenali Manfaat Radio

Ayo Kenali Manfaat Radio

Radio merupakan salah satu alat elektronik yang banyak dimiliki oleh masyarakat. Sebelum kehadiran dari televisi, radio adalah alat elektronik yang menjadi primadona.



Radio secara umum digunakan oleh orang untuk mendengarkan lagu, tapi ada juga manfaat lainnya yang perlu diketahui.

Mari kita simak manfaat lain radio :

1. Penyebaran informasi

Informasi bisa disebarkan lewat radio dan bisa menjangkau pendengar yang banyak. Penyebaran informasi lewat radio merupakan salah satu sarana yang efektif.

Apalagi sekarang banyak berita online yang bisa dijadikan referensi oleh para penyiarnya. Sehingga bagi yang tidak sempat membaca informasi terbaru, radio bisa dijadikan rujukan yang baik.

2. Curhat

Radio bisa juga dijadikan sarana mencurahkan hati dengan bercerita lewat telpun kepada pembawa acaranya. Dulu acara ini sangat digandrungi oleh kalangan anak muda dan saya hanya senyum-senyum saja mendengarnya.

Mungkin sekarang masih ada..

Biasanya yang diceritakan didominasi kisah asmara, dan anehnya kebanyakan yang sedih-sedih.. Oh ya, namanya juga curhat, pastinya yang ingin disampaikan adalah masalah.


3. Penyambung program pemerintah

Radio juga bisa digunakan untuk menyosialisasikan program-program pemerintah setempat kepada masyarakatnya. Masyarakat yang sudah mendengar berita ini kemudian bisa menceritakan kepada temannya lewat obrolan ringan diwarung kopi.

Pesanpun tersampaikan secara berantai..


4. Promosi usaha

Promosi usaha juga bisa dilakukan lewat radio agar orang semakin mengenal usaha kita. Mungkin lingkupnya saja masih kecil, karena biasanya hanya untuk satu kota saja.

Tapi dengan beriklan dan memperkenalkan diri lewat radio, peluang untuk menambah pelanggan tetap terbuka selebar-lebarnya..


5. Berkirim salam

Di radio sering ada acara yang memberikan kesempatan kepada para pendengarnya untuk melayangkan salam satu sama lain dan ini bisa meningkatkan keakraban antar pendengar.

Biasanya acara yang satu ini di dominasi oleh mereka yang sedang pacaran.. :) Tapi ada juga yang mengirimkan salamnya untuk teman atau kerabat..


6. Melestarikan budaya

Kesenian tradisional suatu daerah sering disiarkan lewat radio dan yang mungkin paling familiar adalah RRI. RRI sangat konsen dengan kebudayaan daerah dimana mereka berada dan saya sangat senang dengan program ini.

Para penggiat seni biasanya akan diundang untuk memamerkan keahlian mereka walaupun para pemirsa hanya bisa mendengar suaranya.

Dan ini keren banget..

Nah, itulah beberapa manfaat radio dan semoga bermafaat ya..

Baca juga :


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment