Percaya Akan Membuat Kita Lebih Berhasil

Ternyata saya baru menyadari kekuatan dari kata "Percaya". Dari dulu sudah mengalaminya tapi tidak tahu apa yang menyebabkan semua itu terjadi.

Pencerahanpun datang..



Setelah membaca berbagai pengalaman orang sukses dan melahap buku-buku motivasi, barulah saya tersadar bahwa yang menyebabkan itu adalah "rasa percaya".



Percaya bahwa itu akan terjadi

Ini terjadi sejak saya SMP. Ketika itu kelas 1 dan saya hanya bisa mencapai ranking 3 di kelas. Kemudian saya bertekad untuk mencapai ranking 1 dan itu berhasil saya lakukan di semester berikutnya.

Setelah itu saya percaya bahwa akan menjadi ranking satu terus menerus sampai tamat SMP dan ternyata itu benar.

Kemudian dilanjutkan ketika mencari SMA favorit di kota, dalam hati saya sudah yakin akan diterima di sekolah itu dan akhirnya pun masuk disana.

Lanjut lagi ketika masuk Universitas favorit di Indonesia.

Pas pertama kali tes saya juga sudah yakin akan diterima dan benar saja saya pun bisa tamat kuliah disana.

Tentu saja saya tidak hanya asal percaya..

Rasa percaya membuat semangat menggeliat dalam hati dan belajar untuk mencapai yang terbaik seakan menjadi lebih menyenangkan. Karena untuk menjadi ranking pertama, masuk sekolah favorit, jalan satu-satunya dan yang terbaik adalah belajar.

Belajar, belajar dan belajar..

Tujuan besar plus dikawal rasa percaya membuat semua proses berlangsung lebih enakan, jadinya tidak ada rasa ngedumel atau ngomel dalam hati. Hasilnya sungguh menyenangkan karena bisa menggapai apa yang diimpikan.


Ketemu dengan jalan yang tepat sehingga cita-cita bisa diwujudkan

Percaya membuat saya mendapatkan jalan dan cara yang baik untuk mewujudkan cita-cita. Saya dipertemukan dengan teman-teman pandai yang bisa memberikan bantuan ketika kesulitan belajar dan juga guru yang asyik, kemudian dipertemukan juga dengan buku yang sangat mudah sekali dipahami.

Itulah yang membuat saya memiliki modal untuk sukses lulus tes ujian masuk sekolah favorit dan universitas terkenal.



Itu tidak berhenti sampai disana saja, dalam hal pekerjaan pun terjadi..

Pekerjaan saya adalah sebagai guru les privat. Setelah membaca buku " Berpikir dan Berjiwa Besar",  saya yakinkan diri bahwa saya akan bisa sukses dan mendapatkan penghasilan yang banyak dari pekerjaan ini.

Dan betul saja, saya mendapatkan tawaran mengajar murid dengan bayaran yang asyik banget.

Mengutip juga dari kata-kata Pak Bondan Winarno bahwa "Jadilah the best disetiap pekerjaan anda".

Kata-kata ini juga terus memicu semangat untuk bisa memberikan yang terbaik bagi murid-murid. Saya terus belajar dan berusaha agar mereka mengerti pelajaran dengan baik. Kalau mereka mengerti dengan baik, ulangan pun bisa mendapatkan hasil yang baik pula.

Ketika ada soal rumit, saya mencoba untuk memahami lebih mendalam dan mendetail lagi. "Soal ini pasti ada cara mudahnya", begitulah pikir saya..

Memang bisa dijelaskan dengan cara yang sudah ada, tapi muridnya kelimpungan. Tidak mengerti dengan apa yang dijelaskan. Jadilah saya harus memutar otak mencari jalan singkat nan tepat untuk menaklukkan soal tersebut.

Melihat siswa bisa menyelesaikannya dengan baik, hati sumringah..

"Oh, bisa dikerjakan dengan cara yang ini ya pak.  Kok mudah sekali jadinya?"..

Nah, itulah yang saya harapkan. Murid mengerti lebih cepat tentang suatu soal sekaligus tahu dengan konsepnya. Ketika konsepnya sudah nancep diotak, mau diputar-putar seperti apa soalnya, mereka tidak akan bingung.

Itulah yang saya percaya..

Percaya bahwa suatu soal atau permasalahan ada jalan keluar yang lebih mudah, singkat dan tidak berbelit-belit. Hasilnya memang menyenangkan, karena banyak soal susah yang bisa diserap murid dengan cepat.


Bonus hasil kerja keras

Anak didik yang berkembang bisa dilihat dari nilai-nilainya yang membaik, bisa memahami pelajaran dengan cepat, dan guru-guru disekolah memberikan komentar yang baik kepada orang tuanya. Nah disanalah kelihatan hasilnya.

Ketika orang tua merasakan peningkatan anaknya, mereka pun merasa senang dan sering menceritakannya kepada saya..

Bonus lebihpun sering mampir..
Mantap deh...

Bahkan sayapun mendapatkan kesempatan jalan-jalan gratis ke luar kota dengan penerbangan yang bagus, hotel yang luar biasa, makanan yang enak dan bekal yang cukup..

Asyiknya..

Semua itu terjadi karena saya percaya bahwa saya bisa mengajar murid tersebut sehingga berhasil menemaninya mencapai apa yang dicita-citakan. Ketika orang tuanya senang, guyuran bonus jalan-jalan pun ditangan..


Dibidang yang lain

Tidak puas hanya dengan satu bidang pekerjaan saja, saya mencoba mencari celah yang lain, pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah dengan waktu bebas tanpa perlu harus diatur ini itu oleh orang lain.

Akhirnya ketemu..

Nge-blog..

Kebetulan saya doyan menulis berbagai topik, mumpung internet sedang booming, kesempatan ini semakin terbuka lebar dan berbekal tulisan yang publish di internet, uang jajan bisa diperoleh setiap bulan.

Walau masih sedikit, tapi itu menyenangkan..

Kenapa saya mencoba nge-blog?

Sekali lagi karena saya percaya kalau aktivitas ini akan mendatangkan manfaat, berupa pemasukan tambahan setiap bulannya. Dan itu ternyata sangat menyenangkan, ada uang masuk beberapa lembar setiap bulan.

Daripada tidak ada sama sekali, betul kan?



Rasa percaya ini membuat tangan terus bersemangat menari lincah diatas keyboard meracik kata menjadi kalimat. Kalimat yang enak dibaca dan akhirnya pesan bisa disampaikan kepada para pembaca.

Artikel demi artikel..

Sampai akhirnya sudah ada banyak tulisan yang siap dibaca oleh para pengunjung dengan harapan mereka mendapatkan pencerahan dari masalah yang sedang dihadapi.

Ini karena saya lebih banyak menulis artikel tentang tips, jadi setiap masalah yang saya hadapi dan solusinya sudah ketemu, langsung dipublish dalam blog.

Ketika ada teman-teman lain yang mengalami masalah yang sama, mereka bisa mencarinya di internet dan kalau ketemu dengan artikel saya, masalah yang mereka hadapi bisa dituntaskan.

Merekapun senang..

Nah, membuat artikel blog mendatangkan dua keuntungan sekaligus.

Membuat para pembaca senang karena masalahnya terpecahkan sekaligus menjadi ajang bekerja bagi saya untuk mendatangkan uang tambahan. Ini tentu kesempatan emas, karena selain bisa bekerja dari rumah, waktu bebas, uang juga dapat.. :)


Kesimpulan

Itulah yang saya rasakan sekarang, percaya sudah membuat saya semakin tenang dan senang dalam menjalani hidup ini. Sekarang saya hanya percaya dan semakin percaya bahwa apa yang dikerjakan ini akan terus memberikan kebahagiaan dan kemakmuran.

Semuanya adalah anugrah dari Tuhan yang harus terus disyukuri, baik itu bahagia dan sedih.

Tidak semua hal yang kita kerjakan mampu mendatangkan rasa bahagia.

Setelah berjuang dengan segenap tenaga, mencurahkan waktu yang banyak, ternyata hasil yang diharapkan jauh dari maksimal..

Sedih pastinya..
Tapi memang seperti itulah hidup..

Keberhasilan dan kegagalan hadir berdampingan..

Yang penting tetap percaya dengan apa yang dilakukan pasti berhasil, maka perjalanan akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan..

Semakin sering melangkah, jarak antara kita dengan tujuan yang diimpikan semakin dekat..
Go for it..


Baca juga :

Post a Comment for "Percaya Akan Membuat Kita Lebih Berhasil"