Tujuan Utama Nge-Blog

Kata blog sudah sangat sering saya dengar dan waktu itu masih sangat awam sekali terhadap dunia blogging.

Apaan sih blogging?



Setelah saya bisa membeli laptop beserta modem, niat untuk membuat blog pun semakin tinggi.

Yah..
Sayang internetan cuma dihabiskan buat baca dan sosial media, lebih baik menulis dan membagikannya kepada orang lain.

Begitulah pikir saya dulu..

Dan saya pun memilih "berbagi pengetahuan" untuk tema blog ini, tujuannya hanya ingin berbagi pengetahuan.

Apa itu berbagi pengetahuan?

Berbagai hal yang saya ketahui dan dirasa unik, dituliskan di blog dan kemudian di share ke sosial media agar orang pada baca dan tahu apa yang ditulis.

Inilah yang saya maksud dengan berbagi pengetahuan.

Berbagi informasi bermanfaat kepada orang lain, sehingga mereka akan terbantu berkat tulisan yang saya kreasikan.


Ternyata mampu menghasilkan uang

Semakin lama berkenalan dengan dunia blog maka semakin sadar dan ngeh bahwa blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang.


Iya, benar uang..

Saya pasang iklan dari berbagai sumber dan berharap bisa mendulang uang dari sini. Ternyata sangatlah susah mendapatkan penghasilan banyak dalam waktu singkat. 

Tujuan utama "berbagi pengetahuan" ketika pertama nge-blog sudah berganti menjadi "mencari uang".

Saya berusaha mati-matian agar blog semakin ramai dan tambah ramai.

Tapi apa dikata, pengunjungnya beranjak sedikit dan harapan untuk menghasilkan uang pun menjadi semakin jauh. Ini hampir membuat saya putus asa untuk nge-blog.

Akhirnya saya ingat kembali tujuan awal untuk nge-blog, yaitu untuk "berbagi pengetahuan" dan mengesampingkan dulu mencari uangnya.

Tujuan awal ini membuat saya bersemangat lagi untuk nge-blog.

Ya, saya hanya ingin berbagi pengetahuan dan tujuan ini terus diniatkan dengan baik agar bisa menulis sesuatu yang sangat bermanfaat bagi para pembaca.

Bohong sekali kalau saya tidak ingin uang banyak dari blog, tapi untuk sekarang blog difokuskan untuk berbagi pengetahuan.

Karena inilah yang membuat saya terus semangat menulis.

Sekarang tidak pusing lagi melihat page view yang masih sedikit, itu diterima saja dengan senang.

Toh nanti kalau sudah mempunyai banyak artikel, visitor juga pasti akan semakin bertambah dan akhirnya bisa mendulang uang berkat berbagi pengetahuan ini..

Itulah tujuan saya nge-blog, untuk berbagi pengetahuan.

Tujuan inilah yang akan terus menuntun tangan dan jari untuk terus bergerak, menari di keyboard demi menghasilkan artikel yang baik dan bermanfaat...

Semangat terus ya kawan blogger semua..

Mari kita bagikan pengetahuan kepada para pembaca..


Membidik uang sama dengan pusing

Itulah yang saya rasakan. Setiap hari update artikel, ketik ini ketik itu dan akhirnya pageviews meloncat dengan rendahnya.

Perubahan belum terasa.

Hati runyam tak karuan melihat pengunjung yang secuil.

Pengunjung yang sedikit sangat kecil efeknya kepada penghasilan bagi blogger seperti saya yang hanya mengandalkan iklan untuk mengais dolar.

Dan saya menemukan pencerahan unik..

Kebetulan bertemu dengan artikel keren dari seorang ahli ekonomi di negeri ini. Ia mengatakan bahwa kita harus mengejar nilai dari apa yang dikerjakan.

Hasilkanlah karya yang dikerjakan dengan tulus..

Jreengggg.....



Nasihat itu seperti menyentil pikiran saya yang hanya berkutat dengan uang dan uang saja. Pikiran tersadar bahwa menulis mesti dilakukan dengan lebih baik lagi.

Haluan pun kembali saya putar.

Ketika mau membuat artikel, saya usahakan memberikan informasi yang sebanyak-banyaknya dan tidak asal buat.

Ini malah membuat hati sangat puas.

Gairah untuk menulis melonjak dengan tingginya, belum pernah saya merasakan pengalaman yang seperti ini.

Energi seakan bertumbuh dan bertumbuh, tidak sabar untuk segera membagikan ide yang dikemas dengan baiknya.

Disinilah titik baliknya.

Sekarang saya tidak begitu khawatir dengan pageviews, karena yakin kalau tulisan yang bagus pasti disukai para pembaca.

Efeknya apa?

Tulisan kita akan mendapatkan banyak share dan akhirnya mampu mengundang pembaca berdatangan lebih banyak dan lebih ramai lagi.

Yap..

Sekarang saya sangat bergairah dalam menulis, ide yang muncul bisa disalurkan dalam bentuk tulisan dan langsung dipublish di blog ini.

Tidak ada rasa khawatir dengan pageviews.

Yang penting tulis apa yang saya rasa bermanfaat dan mampu membantu mereka yang membaca. Disitulah kepuasannya.

Apalagi ketika ada yang berkomentar kalau ia sangat terbantu dengan apa yang saya buat.

Senangnya berkepalang-kepalang..

Ternyata disinilah kebahagiaannya lagi, bisa membantu orang dalam memecahkan masalahnya, rasanya sangat menyenangkan.

Yess..
Tujuan utama nge-blog untuk berbagi pengetahuan semakin membuat saya semangat dalam menekuni bidang ini.

Salam sukses..

Baca juga :

2 comments for "Tujuan Utama Nge-Blog"

  1. Ya begitulah , kodrat di dunia maya , awalnya alasan seorang ngeblog hanya hobby , tapi baik terpengaruh tetangga sebelah atau dorongan diri sendiri akhirnya berubah haluan untuk mencari nafkah dengan menjadi media periklanan , manusiawi !

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat menuli saja bro..
      mudah-mudahan uang dari iklan adalah bonus dari kerja keras..

      Delete