Home » » Tips Berkendara Disaat Hujan

Tips Berkendara Disaat Hujan

Berkendara memang harus hati-hati agar kita selamat sampai tujuan. Apalagi kalau hujan sedang asyik-asyiknya berpesta, harus lebih ekstra hati-hati.

Ini karena hujan sanggup menyulap kondisi jalanan menjadi lebih licin dan sering menutupi lubang yang menganga sehingga tidak terdeteksi penglihatan.


Jika tidak sigap, sesuatu yang tidak diharapkan bisa terjadi.

Nah, untuk mencegah hal seperti itu terjadi, ada baiknya kita melakukan langkah preventif yang membuat aktivitas berkendara semakin menyenangkan dan aman.


Coba ini!!

Dibawah ini sudah saya rangkum beberapa langkah dan tindakan yang bisa dijadikan pedoman ketika meluncur di jalanan yang sudah atau sedang disirami hujan.

1. Kecepatan motor pelan

Jaga kecepatan motor anda lebih lambat dari normal, karena kondisi jalan ketika hujan lebih licin. Ketika harus berhenti mendadak, kita bisa mengendalikan motor dengan baik.

Inilah alasan mengapa harus memacu motor dengan pelan.

Demi keselamatan, jangan tergiur untuk menggeber motor diatas kecepatan rata-rata, sudah sering saya saksikan pengendara motor yang terjungkal karena tidak sigap dengan kondisi jalanan yang basah akibat siraman hujan.

2. Pakai jas hujan

Kalau memang sudah musim hujan, usahakan benda ini selalu nongkrong di bagasi. Ketika air sudah berjatuhan dari langit, kitapun bisa mengandalkan bantuannya untuk tetap membuat tubuh kering.

Pakaian tidak basah dan tubuh tidak kedinginan.

Masih saja ada pengendara yang nekat melawan hujan dan membiarkan tubuhnya basah diselimuti air. Potensi untuk terkena flu atau sakit kepala semakin tinggi.

Siapkan selalu jas hujan, untuk membuat tubuh terlindung dari basah.


3. Pakai helm yang ada kacanya

Kaca pada helm sangat bermanfaat melindungi muka dari terpaan hujan. Air yang jatuh, apalagi jika ukurannya besar, sanggup membuat muka perih.

Disinilah kaca helm memainkan perannya.

Dengan sigap ia menghalau air yang menerjang muka dan memberikan rasa nyaman karena tidak merasakan perih.


4. Bawa sandal cadangan

Ini bagi para pekerja kantoran ya, sandal cadangan sangat penting.

Mengapa?

Ketika sudah tahu akan hujan, maka lepaslah sepatu dan taruh pada jok atau tempat yang terlindung dari hujan. Atau bisa juga dibungkus dengan plastik, pokoknya hindarkan sepatu agar tidak basah.

Kemudian pakailah sandal ketika berkendara dibawah guyuran hujan.

Setelah sampai kantor, ganti sandal dengan sepatu. Jadi anda akan tetap merasa nyaman dalam bekerja tanpa khawatir kaki kedinginan karena dibekap sepatu basah.

Ternyata masih banyak saya lihat orang yang memaksakan memakai sepatunya ketika berangkat kerja dalam kondisi hujan..

Jelas basah dong!!

Kesimpulan

Berhati-hati dalam berkendara akan membuat kita nyaman dan aman dalam pergi ke tempat tujuan. Terus ada baiknya berangkat lebih awal.

Mengapa?

Air hujan biasanya jahil, ia sering beristirahat di atas jalan dan akhirnya menimbulkan genangan yang mengganggu lalu lintas.

Alhasil terjadi macet.

Agar tidak telat, berangkat lebih awal perlu dipertimbangkan. Perjalanan tidak terburu-buru dan selamat sampai tujuan.


Baca juga :



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



2 comments:

  1. sebaiknya jas hujan yang dipakai model setelan dengan size yang besar biar sekalian tas bisa masuk, jadi gak usah repot pasang raincoat tas
    www.jashujanmurah.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukurannya belum kebayang sebesar apa gan..

      Delete