Sisi Positif Kenaikan BBM

Harga BBM memang berfluktuasi, mengingat kita harus mengikuti perkembangan harga minyak dunia.

Kalau naik, harga di dalam negeri ikut terangkat, kalau harga minyak dunia merosot, di dalam negeri juga turun.


Kalau turun pastinya sangat disyukuri kan?

Nah, yang biasanya menjadi keluhan adalah ketika harga bahan bakar ini melonjak. Mengingat efek rembetan yang bisa disebabkannya.



Dampak positif

Harga BBM yang naik memang membuat harga barang-barang lain ikut bergejolak dan membuat banyak orang berteriak. Efek ini memang tidak bisa dihindari dan harus dihadapi.

Tapi ada juga dampak positif dari kenaikan BBM lho.

1. Beralih ke energi alternatif

Dengan harga yang semakin mahal, akan mendorong timbulnya usaha untuk mencari energi alternatif lain yang lebih murah dan ramah lingkungan.

Risetpun semakin bergairah..

Keinginan untuk menemukan sumber energi baru semakin menggelora dan mampu membangkitkan kreativitas demi menemukan sumber yang lebih murah lagi.

Memang membutuhkan biaya.

Tapi sumber energi baru yang lebih ramah lingkungan dan harganya murah, dimasa depan pasti lebih diminati banyak orang.

Siapa yang tidak suka murah?

Ini menjadi faktor yang dijadikan pertimbangan.

Pemerintah melalui badan riset, bisa mengucurkan anggaran untuk mendorong para peneliti menemukan sumber energi yang lebih menjanjikan.

Dan yang pasti, bisa dimanfaatkan dalam waktu tidak terbatas dan tidak akan pernah kehabisan stok.


2. Berhemat

Masyarakat akan mulai menghemat menggunakan BBM karena harga mahal dan tidak menggunakan kendaraan seenaknya yang bisa memboroskan bahan bakar ini.

Moda transportasi lainpun dilirik.

Sepeda salah satunya.

Sepeda menjadi moda transportasi yang tidak menggunakan BBM dan sangat cocok digunakan ketika beraktivitas di tempat yang tidak terlalu jauh dengan rumah.

Ketika mau pergi ke tempat lain yang terlalu jauh untuk jalan kaki namun terlalu dekat bagi motor, sepeda hadir memberikan pilihan.

Bahan bakarpun bisa dihemat.

Keuntungan lain menggunakan sepeda adalah kita sekalian bisa sambil berolahraga. Badanpun menjadi lebih sehat.

Kelemahannya hadir saat siang menjelang, saat dimana matahari sedang giat-giat membakar bumi.

Keringat pasti bercucuran dan menimbulkan bau badan yang agak kurang sedap dihirup hidung.. Tapi demi menghemat energi, ini tidak masalah dong..




3. Transportasi umum

Naiknya BBM membuat masyarakat bisa kembali beralih ke transportasi umum, alih-alih menggunakan kendaraan pribadi yang rakus mengunyah bahan bakar.

Yang penting transportasi umumnya memadai dan nyaman.

Inilah yang menjadi tantangan.

Jika transportasi sudah lengkap, nyaman, tepat waktu dan bisa diakses dengan mudah, pasti banyak masyarakat yang akan meliriknya.

Tinggal membayar beberapa rupiah saja dan kita bisa meluncur ke tempat tujuan.

Pastinya transportasi seperti ini sangat diharapkan kehadirannya dan bakalan memangkas tingkat kemacetan karena banyak masyarakat memalingkan pilihan ke moda umum ini.


4. Menyelamatkan lingkungan

BBM naik tentu membuat masyarakat berpikir dua kali untuk menggunakan kendaraannya. Mereka bisa menyeleksi aktivitas mana yang perlu menggunakan kendaraan atau tidak.

Penghematan pun terjadi..

Berhemat berarti lebih sedikit bahan bakar yang digunakan dan ini akan mengurangi gas buang CO₂ yang bisa membuat bumi kita panas.

Pemanasan global sudah menjadi "hot topic" diseantero dunia.

Suhu bumi terus merangkak naik dan jika terus berlanjut tanpa bisa dicegat, berbagai bencana sudah siap menanti...😱😱

Nah, menghemat setiap tetes bahan bakar, berarti memangkas gas buang CO₂ yang terbang bebas ke udara. Gas ini mampu menciptakan efek rumah kaca.

Efek rumah kaca yang diciptakan gas karbondioksida mampu membuat temperatur naik perlahan dan menuntun kehidupan di bumi ke jurang bencana.


Kesimpulan

Apapun yang terjadi, pasti memiliki sisi buruk dan baiknya. Itu pasti terjadi dan tidak bisa dicegah, hukum alam beraksi.

Dan kitapun tidak boleh larut serta tenggelam disisi buruknya.

Masih ada sisi positif yang sangat menarik untuk diselami sehingga kita bisa menggali potensi diri untuk bertemu dengan hal yang lebih baik.

Sama seperti kenaikan BBM.

Memang akan menguras keuangan.

Tapi jika kita cerdik dan tahu bagaimana bersikap, rasanya tidak akan menjadi masalah besar. Toh kejadian seperti ini akan terus terjadi jika kita masih bergantung terus kepada bahan bakar yang tidak ramah lingkungan.

Persediaannya pasti akan habis.

Ketika semakin menipis, meloncatlah harganya.

Karena itu, kehadiran energi ramah lingkungan yang bisa digunakan terus menerus dan tidak menunjukkan tanda-tanda kekurangan stok, sangatlah membantu kita.

Harga energi tetap stabil dan tidak membuat dompet amblas dalam waktu singkat..


Baca juga :

Post a Comment for "Sisi Positif Kenaikan BBM"