Home » » Musim Hujan pun Berubah

Musim Hujan pun Berubah

Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan
Ada yang tidak biasa beberapa tahun belakangan ini, musim hujan datang dan berhenti dan tidak sesuai dengan yang dulu lagi.

Kalau dulu musim hujan biasanya akan terjadi pada bulan Oktober-Maret sedangkan musim panas akan terjadi pada bulan April-September.

Sekarang di bulan Juni tahun 2013 saja hujan masih sering turun dan intensitasnya juga tinggi. Tadi malam juga terjadi hujan lebat di daerah saya. Harusnya kan bulan Juni itu adalah musim panas.

Pemanasan global

Apa mungkin pola musim ini berubah karena pemanasan global? Mungkin saja ya. Pemanasan global memang menjadi topik yang sedang hangat sekali diperbincangkan belakangan ini.

Pemicunya adalah terlalu banyak gas CO2 yang dibuang ke udara dan akhirnya menimbulkan efek rumah kaca, sehingga suhu bumi pun meningkat.

Gas CO2 ini bisa berasal dari asap buang kendaraan juga prabrik-pabrik. Bukan hanya itu, kitapun bernafas mengeluarkan CO2.

Perubahan yang dirasakan

Seperti sudah disebutkan diatas, perubahan musim ini sudah tidak mengikuti jadwal yang sudah berlangsung sangat lama.

Dulu kalau sudah musim kemarau, maka hujan hampir tidak akan muncul. Tapi sekarang hujan bisa turun kapan saja. Bahkan disaat waktunya untuk musim kemarau, hujan masih datang.

Kadang intensitasnya tinggi tapi dalam waktu yang sangat singkat dan juga dalam intensitas yang rendah atau rintik-rintik.

Kita harus siap-siap

Dengan berubah-ubahnya musim yang tidak menentu ini, kitapun harus siap-siap untuk menghadapinya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita siapkan :

1. Pengendara motor

Selalu siapkan jas hujan dalam motor untuk menjaga-jaga ketika ada hujan turun diwaktu yang tidak diduga. Hal ini akan membuat kita terhindar dari kebasahan dan tetap memperlancar aktivitas.

SANDAL

Jangan lupakan sandal bagi anda para pekerja yang mengendarai motor. Mengapa harus membawa sandal juga?

Kalau anda tetap memakai sepatu ketika hujan turun, alhasil sepatu akan basah. Terus apakah anda mau menggunakan sepatu basah itu terus menerus? Tidak dong.

Ada baiknya sandal anda siapkan dalam jok dan gunakan ketika hujan turun sambil melindungi diri dengan mantel. Sepatu aman dan bekerjapun tetap nyaman..

2. Menjaga kesehatan

Kondisi panas dan dingin yang datang secara bergantian, biasanya akan bisa mempengaruhi kondisi badan kita. Misalnya badan meriang ataupun flu.

Ada baiknya kita mengkonsumsi makanan sehat dan mengandung vitamin agar tubuh tetap bugar dan fit dalam kondisi apapun.

Jangan jajan sembarangan agar terhindar dari bakteri dan virus yang bisa membuat kondisi tubuh menurun. Sebaiknya utamakan makan di rumah yang makanannya bisa kita kontrol kebersihannya.

3. Cucian

Hubungannya apa coba? Memang cucian harus kita jaga ya?

Iya dong, cucian harus kita jaga agar tidak basah karena hujan. Hal ini bisa saja terjadi jika kita lupa mengamankan cucian ketika ditinggal pergi.

Sebelum meninggalkan rumah, amankan cucian di tempat yang baik agar tidak basah lagi jika ada hujan. Ini karena cuaca yang tidak bisa diprediksi.

Walaupun langit tampak cerah dan terang benderang, kalau tidak ada orang lagi di rumah sebaiknya langsung amankan cucian.

Jangan terlalu percaya diri kalau hujan tidak akan turun. Awan bisa langsung berubah gelap dengan cepatnya dan hujan pun turun mengguyur jemuran yang tidak diamankan.

Tanggap

Dengan tanggap terhadap perubahan yang terjadi, kita bisa melakukan persiapan-persiapan yang akan membantu kita menghadapi situasi musim yang berubah-ubah ini.

Harapannya adalah aktivitas yang kita lakukan tetap berjalan lancar tanpa halangan dan bisa menyelesaikannya tepat waktu.


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


2 comments:

  1. kirain mengamankan cucian dari pencuri, ternyata amankan dari hujan toh, soalnya belakangan ini yang menjadi musuh cucian adalah pencuri, bukan hujan, hehe..!!

    kemarin setelah celana jeans dicuci dan dijemur diteras rumah, ditinggal pergi kerja, eh pas waktu pulang itu jeans hilang tuh, saya yakin bukan hujan yang mengambilnya, pasti pencuri, iya kan, hehe..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada orang iseng yang mengambil itu mbak..
      Kalau diamankan dari pencuri perlu juga sih biar tidak hilang

      Delete