Usaha-usaha Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

Pariwisata memang menjadi salah satu industri yang sangat menarik sekarang ini dan dimasa depan tetap menjanjikan peluang yang besar.

Bahkan semakin besar..



Tidaklah mengherankan jika setiap negara berusaha membuat pariwisata mereka semakin dikenal oleh banyak orang. Indonesia pun mempunyai peluang yang besar untuk menggaet wisatawan asing agar datang berkunjung.



Usaha yang bisa dilakukan

Pariwisata Indonesia itu sangat unik dan menarik, terdiri dari pemandangan alam serta budaya. Inilah kekayaan negara kita yang bisa mengundang dan memancing minat turis asing datang berkunjung.

Adapun beberapa usaha-usaha untuk meningkatkan kunjungan wisatawan adalah dengan :


1. Promosi terus menerus

Promosi wajib dilakukan agar turis asing semakin mengenal daerah tujuan wisata. Baik itu dengan ikut pameran internasional dan juga melalui website.

Apalagi sekarang didukung oleh kemajuan teknologi komunikasi, proses promosi bisa dilakukan dengan mudah, murah dan menjangkau daerah yang lebih luas.

Misalnya menggunakan internet..

Salah satunya adalah video.

Video bisa dikerjakan oleh tim yang memang ahli dibidangnya demi menghasilkan gambar yang keren, menarik dan menggoda mata penonton. Jika disajikan dengan baik, banyak orang tertarik untuk berkunjung.

Tinggal disebar saja diyoutube..

Gratis lagi..

Orang-orang dari berbagai penjuru dunia bisa menikmati video yang ada dan merekapun akhirnya mendapatkan kesan yang menarik. Bukan tidak mungkin tangannya langsung tergerak untuk memesan tiket..


2. Meningkatkan kualitas layanan dan akomodasi pariwisata

Pelayanan yang baik nan ramah akan membuat turis menjadi senang dan bukan tidak mungkin mereka akan datang berkunjung lagi.

Inilah yang diharapkan.

Jika kesan yang menempel dipikirannya bagus, mereka pasti ingin melakukan kunjungan kembali ke negara kita.

Berkunjung lagi dan lagi..

Itu bisa diciptakan jika layanan dan akomodasi pariwisatanya sudah bagus, lengkap dan membuat para tamu merasa nyaman. Layanan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan, ini menjadi semacam sihir yang membuat para tamu merasa wajib untuk datang dan datang lagi.



Begitu juga dengan akomodasinya.

Contohlah hotel dan transportasi..

Para pengunjung membutuhkan tempat menginap yang nyaman, enak dan memberikan kesan yang manis dihatinya. Setelah lelah berkeliling seharian melihat objek pariwisata yang ada, sekaranglah saatnya untuk merebahkan badan dikamar yang bagus.

Tidak lupa juga transportasinya.

Mereka bisa dengan mudah berpindah dari tempat satu ke tempat yang lainnya karena gampangnya memilih akses transportasi.



3. Meningkatkan keamanan

Ini adalah faktor penting yang tidak boleh dilewatkan jika ingin para wisatawan semakin banyak berdatangan ke negara kita.

Rasa aman.

Aman membuat mereka tidak khawatir ketika bepergian kesana kemari, tanpa takut diganggu orang jahat yang hanya ingin mendapatkan keuntungan materi.

Keamanan meningkat jika ada peran aktif para penegak hukum menjaga wilayahnya dari sentuhan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Masyarakat setempat juga harus ikut menjaga suasana yang aman agar wisatawan bisa menikmati liburan dengan nyaman. Selain itu keramahtamahan warga juga sangat menentukan kemajuan pariwisata suatu daerah..

Jika kondisi aman, wisatawan banyak berdatangan, wisatawan banyak menciptakan lapangan kerja yang banyak, yang diuntungkan adalah warga masyarakat sendiri..


4. Menerapkan bebas visa

Bebas visa membuat proses keberangkatan tamu asing untuk masuk ke negara kita menjadi lebih mudah dan tidak ruwet.

Ketika ruwet hilang, keinginan untuk berkunjungpun meningkat.

Biasanya jika para tamu tahu bahwa mengurus dokumen untuk masuk ke negara kita itu ribet, mereka enggan dan bisa saja membatalkan niatnya.

Tapi dengan adanya bebas visa, kesulitan itu sudah hilang..



Mereka bisa dengan mudah berkunjung, sehingga jumlah wisatawan semakin meningkat dan warga kitalah yang diuntungkan.

Memang sih ada kekhawatiran jika bebas bisa membuat semua orang, termasuk kriminal bisa masuk dengan mudah. Itu bisa diatasi dengan lebih memperketat pengawasan serta keamanan diwilayah kita.

Informasi mengenai orang berbahaya dari negara lain bisa diperoleh dengan pertukaran informasi, dan jika orang ini masuk ke negara kita, segera bisa ditangkap.

Atau masih ada cara lain lagi yang bisa menangkal ulah usil orang jahil yang ingin menyebabkan kekacauan. Salah satunya adalah partisipasi dari masyarakat untuk terus menjaga lingkungan sekitar, sehingga gangguan terdeteksi lebih dini.


5. Promo paket liburan menarik

Siapa yang tidak sumringah melihat paket liburan dengan harga yang super miring?

Inilah yang bisa dijadikan godaan bagi para tamu untuk segera berkunjung ke negara kita. Wisatawan domestik juga bisa..



Potongan harga besar bisa membuat mereka bergegas untuk mengambil keputusan dan akhirnya mengambil paket tersebut.

Dengan uang minim masih bisa jalan-jalan..

Kerjasama dengan penyedia tur dan travel mesti dilakukan guna menyusun paket liburan hemat yang pada akhirnya mampu meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri.



6. Memperbanyak destinasi wisata

Pengunjung biasanya tertarik dengan tempat wisata baru, unik dan menarik. Nah, ini bisa diwujudkan dengan membuat destinasi baru yang belum ada.

Dananya berapa?

Yang jelas besar..

Tapi dengan adanya kerjasama dari pihak swasta dan pemerintah, kebutuhan dana bisa diatasi dan pembangunan bisa dilanjutkan demi menghadirkan tempat baru sehingga memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung.

Sekarang pun kita sudah melihat perkembangannya.

Banyak destinasi baru yang muncul dan diracik dengan kreativitas menarik.

Temanyapun beragam, mulai dari destinasi yang disusun dengan menggunakan barang bekas, bernuansa luar negeri, ataupun yang mengeksplor keindahan alam.


Kesimpulan

Meningkatnya kunjungan wisatawan berimbas ke peningkatan perekonomian warga sekitar dan memang inilah tujuannya.

Selain itu pemasukan daerah atau negara bertambah.

Karena itulah banyak negara-negara diluar sana berlomba untuk menarik tamu agar datang ke negaranya, mengingat banyaknya keuntungan yang didatangkan bagi negara tersebut dan khususnya efek ke perekonomian masyarakat.


Baca juga :

Post a Comment for "Usaha-usaha Meningkatkan Kunjungan Wisatawan"