Friday, June 21, 2013

Tips Mengurangi Rasa Grogi

Grogi memang menjadi penghambat kita dalam melakukan sesuatu. Misalnya kita harus presentasi di dalam kelas, ketika mau bicara rasanya sulit sekali.

Mulut seakan terkunci..



Kemudian setelah berhasil menumpahkan beberapa kata, pengucapannya terputus-putus dan akhirnya apa yang disampaikan tidak jelas.

Presentasi pun hancur berantakan..

Kesal banget kan sama si grogi ini, coba dia ga ada pasti presentasi menjadi lancar dan bla bla bla bla bla...

Lho, kok malah nyalahin si grogi..😁

Tidak hanya presentasi, kasus kemunculan grogi sering terjadi ditempat dan dalam situasi yang berbeda..

Untuk bisa mengurangi grogi, maka bisa dicoba cara ini :

1. Yakinkan diri

Yakinlah bahwa kita bisa dan tenangkanlah diri dengan menarik nafas dalam-dalam. Kalau tidak yakin, grogi pasti langsung berhamburan dihati.

Menenangkan hati menjadi langkah yang tepat.

Pikiran-pikiran negatif yang berkecamuk di hati coba dihilangkan dulu, nikmati saja suasana yang ada.

Ketika hati tenang, kita menjadi lebih siap.

2. Kuasai materinya

Jika sudah menguasai materinya maka kita akan menjadi lebih lancar dalam ngomong dan ucapan terputus-putus bisa dikurangi.

Latihan yang sering sangat membantu.

Jika presentasi sudah mau tiba, misalnya lagi tiga hari, kita bisa latihan dari sekarang bagaimana cara penyampaian yang bagus.

Ulang terus dan terus, sampai materi benar-benar dikuasai.

Jika sudah oke, kitapun siap tampil di depan umum dan mampu membawakan materi dengan lebih baik.






3. Seringlah bicara di depan umum

Misalnya dikelas, seringlah bertanya ataupun menjawab.

Ini secara pelan-pelan akan membangun kepercayaan diri bahwa kita itu bisa ngomong di depan umum.

Cara ini juga bisa dicoba ditempat lainnya.


4. Dibawa santai saja

Memikirkan untuk tampil di depan dengan keras akan membuat kita tambah deg-degan dan menjadi tidak tenang.

Jadi santai sajalah, let it flow..

Dan sering sifat seperti ini membuat semuanya menjadi lancar lho..


Kesimpulan

Grogi sering timbul saat presentasi dan bahkan ketika bertemu seseorang pun kita langsung merasa deg-degan dan bicara tidak karuan.

Ini wajar..

Dan dengan menenangkan diri serta mempraktekkan ke-empat cara diatas, kita bisa menjadi lebih tenang dan santai.

Sehingga semuanya berjalan dengan baik sesuai harapan.
Semoga membantu ya..


Baca juga :


EmoticonEmoticon