Home » » Tips Mengurangi Rasa Grogi

Tips Mengurangi Rasa Grogi

Grogi memang menjadi penghambat kita dalam melakukan sesuatu. Misalnya kita harus presentasi di dalam kelas, ketika mau bicara rasanya sulit sekali. Kemudian setelah bicara, ucapan menjadi terputus-putus dan akhirnya apa yang disampaikan menjadi tidak jelas. Presentasi pun hancur berantakan.. Kasus grogi juga banyak dijumpai dalam acara lainnya.

Kesal banget kan sama si grogi ini, coba dia ga ada pasti presentasi menjadi lancar dan bla bla bla bla bla... Lho, kok malah nyalahin si grogi, hehehe.. 

Untuk bisa mengurangi grogi, maka bisa dicoba cara ini :

(1) Yakinkan diri
Yakinlah bahwa kita bisa dan tenangkanlah diri dengan menarik nafas dalam-dalam.

(2) Kuasai materinya
Jika sudah menguasai materinya maka kita akan menjadi lebih lancar dalam ngomong dan ucapan terputus-putus bisa dikurangi.

(3) Seringlah bicara di depan umum
Misalnya dikelas, seringlah bertanya ataupun menjawab. Ini secara pelan-pelan akan membangun kepercayaan diri bahwa kita itu bisa ngomong di depan umum. Cara ini juga bisa dicoba ditempat lainnya.

(4) Dibawa santai saja
Memikirkan untuk tampil di depan dengan keras akan membuat kita tambah deg-degan dan menjadi tidak tenang. Jadi santai sajalah, let it flow.. Dan sering sifat seperti ini membuat semuanya menjadi lancar lho..

(5) Sering latihan
Sebelum tampil, pastikan kita sudah sering latihan dan latihan. Ini agar ketika presentasi atau yang lainnya, kita sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukan.

(6) Seringlah mengambil kesempatan tampil di depan
Dengan sering tampil, maka kita akan semakin menguasai panggung dan rasa grogi pun akan semakin mudah diatasi.

Semoga membantu ya..


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment