Home » » Perbedaan Antara Game Point dan Match Point

Perbedaan Antara Game Point dan Match Point

Ide dari artikel ini muncul setelah saya menyaksikan pertandingan final Indonesia Open kemarin dan Indonesia pun menjadi juara pada nomer ganda putra.

Ok, balik lagi ke perbedaan dari game point dan match point. Istilah ini sangat sering didengar dalam pertandingan bulutangkis/badminton. Perbedaan dari kedua istilah ini adalah :

Misalnya terjadi pertandingan antara A dan B dalam bulutangkis. Di set/game pertama A berhasil memimpin dengan skor 20-12. Ini berarti A tinggal perlu satu point lagi untuk memenangkan game/set pertama. Nah, kondisi inilah yang dinamakan "game point". Kondisi dimana A hanya perlu satu point untuk memenangkan sebuah game/set.

Dikisahkan A berhasil memenangkan set/game pertama dan sekarang memasuki game kedua. A kembali unggul atas B dengan skor 20-17. A hanya perlu satu point lagi untuk memenangkan pertandingan. Kondisi ini dinamakan dengan "match point". Jadi match point adalah kondisi dimana seorang pemain hanya membutuhkan satu point lagi untuk memenangkan pertandingan.

Cerita lainnya lagi misalnya, diset kedua ternyata B berhasil unggul 20-11 atas A. Berarti ini masih game point ya. Tapi kali ini game pointnya untuk B. Dan kemudian ternyata B berhasil memenangkan set kedua dan dilanjutkan ke set ketiga. Ternyata B berhasil unggul lagi atas A dengan skor 20-18. Berarti disini kondisi "match point" untuk B, karena B hanya perlu satu point lagi untuk memenangkan pertandingan.

Semoga bermafaat ya penjelasan saya..


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



2 comments: