Pengalaman Kuliah

Kuliah menjadi salah satu pengalaman yang sangat menarik dalam hidup. Saya kuliah di Jogja yang sangat jauh dari kampung halaman, Bali.

Untuk sampai di Jogja dibutuhkan waktu kurang lebih 18 jam perjalanan dengan bus. Pakai pesawat sih cuma satu jam, tapi agak mahal lah bagi saya.. hehehe..



Budaya dan daerah yang berbeda dengan tempat asal semakin membuat hati tertarik untuk tinggal dan merasakan atmosfer Jogja. 

Kesan pertama ketika menginjakkan kaki di Jogja adalah Wow...

Ya, wow..
Itulah kesan pertamanya.

Kota yang ramai dengan pemandangan yang baru. 
Selain itu yang tidak kalah menarik adalah makanannya. Pertama kali icip-icip, lidah belum terbiasa mengoyak makanan Jogja. Perlu adaptasi dulu agar lidah mau sesuai.
Kuliah tidak hanya saya isi dengan belajar dan mengerjakan tugas. Kegiatan lain juga saya lahap, semisal aktif dalam satu organisasi kampus.

  • Disini saya belajar dipimpin dan memimpin, 
  • Belajar mengutarakan pendapat dan menerima pendapat. 
  • Bahkan banyak mendapat teman baru
Pengalaman yang berharga dan sangat berguna ketika sudah bekerja.




Kerja sambilan


Kemudian saya isi waktu luang dengan mengajar privat. Kebetulan saya sangat senang dengan dunia pendidikan dan sangat ingin berbagi ilmu dengan adik-adik SMP dan SMA.

Dari sini akhirnya mendapatkan uang untuk menambal kebocoran biaya kuliah.

Lumayan sekali lah..

Uang ini juga saya gunakan untuk mentraktir doi ketika malam mingguan, hehehehe... 
Saya senang bisa mengajar, karena tidak terlalu membebani orang tua.

Jadi bisa menopang kekurangan biaya kuliah..

Biaya kuliah itu banyak, kalau semuanya diserahkan ke orang tua, pastinya berat. Apalagi adik saya juga pas SMA. Biaya yang dikeluarkan bapak di rumah pastinya besar. 
Mumpung senang mengajar, mengapa tidak mencari tambahan dari sini saja?

Lagian waktunya bebas..

Sekali ngajar itu cuma 90 menit dan sehari palingan cukup dua sesi saja.. Uangnya sudah sangat lumayan lah..

Fee mengajar sekali cukup untuk biaya makan tiga hari..
Nah lho...

Sisanya saya simpan dan entah kenapa jumlahnya selalu hangus diakhir bulan. Ada saja pengeluaran yang harus ditebus..

Untungnya saya tidak meminta ke orang tua terlalu banyak..

Uang bulanan tetap seperti dulu dan tidak berubah. Saya ga enak jika meminta lebih lagi, di rumah keadaan juga serba cukup..



Tidak lupa olahraga


Olahraga adalah aktivitas rutin setiap minggu dan dilakukan bersama teman-teman. Biasanya pas minggu pagi..

Kami keluyuran mencari lapangan nganggur..

Kalau ada kesempatan, maka disanalah tempat mencari peluh, berlari kesana-kemari mengejar bola sampai lelah..

Ya, saya bermain sepakbola dan teman-temanpun memang menyukai permainan yang satu ini..

Sering lho kami ikut turnamen antar UKM dan bertanding dengan tim yang berasal dari universitas lain. Seru banget, karena disana kami bisa mengukur kemampuan serta belajar untuk menjadi pemain yang lebih baik..

Syukur pernah juara sekali..
Bangga banget rasanya..

Sehabis latihan bareng, biasanya kami bercerita tentang berbagai pengalaman, ketawa-ketawa, mendengar ulah jahil senior dan lainnya..

Rasanya asyik sekali.

Inilah keluarga saya di tanah rantau.

Kami juga sering pergi bareng jalan-jalan mengelilingi daerah Jogja seperti Gunung Kidul dan Klaten. Seru deh pokoknya.. Waktu kuliah 4 tahun pun berlalu dengan sangat cepat dan sayapun harus meninggalkan Jogja untuk bekerja..

Sekarang saya masih menunggu kesempatan untuk bisa berkunjung kembali ke Jogja, kota yang selalu menjadi kenangan dan berharap anak juga akan kuliah disana..


Proses belajar

Main-mainnya cukup dulu dan sekarang kita beranjak kepada inti dari kuliah, belajar menuntut ilmu sebanyak-banyaknya.

Target-target yang sudah ditetapkan harus segera tercapai, tidak ada ruang untuk melakukan kesalahan yang bisa menghambat kelancaran studi.

Sasarannya antara lain :
  • Lulus 4 tahun
  • IP diatas tiga
  • Mendapat gelar
  • Segera mendapatkan pekerjaan
Apakah target saya sama dengan anda?



Mendapatkan nilai yang baik


Syarat agar lulus tepat waktu dan mendapatkan IP yang bagus adalah rajin belajar dan sering mengobrol dengan buku.

Yap, memang itulah satu-satunya cara yang ada.

One and the best option..

Ketika ada tugas, walaupun dikumpul seminggu kemudian, sering saya tidak mau menunda-nunda dan menunggu sampai batas pengumpulan terakhir.

Untungnya apa?

Ketika ada sesuatu yang tidak bisa dipecahkan, saya masih memiliki banyak waktu untuk menemukan solusinya. Waktu yang banyak ini digunakan untuk bertanya kepada teman, asisten dosen atau bahkan mencari-carinya dibuku.

Saya biasanya tenggelam di buku dalam waktu lama dan berusaha memahami persoalan sejenis yang sudah dibahas pada buku panduan.

Mengerti dengan materi atau konsepnya, memudahkan menjawab berbagai soal dan akhirnya tenang menghadapi ujian.




Mengerjakan tugas itu manfaatnya sangat penting, kita bisa mendapatkan banyak hal menarik jika berhasil menuntaskannya.

Karena itu saya sarankan kepada adik-adik yang sedang atau akan kuliah, ketika ada tugas, segeralah kerjakan dan coba untuk menuntaskannya sesegera mungkin.

Beberapa manfaat rajin mengerjakan tugas adalah :
  • Mendapatkan pemahaman dan ilmu baru
  • Lebih nyantol diotak jika menemukan solusinya sendiri
  • Bisa mendapatkan pandangan baru ketika berdiskusi dengan teman
  • Bertemu cara baru dan menarik yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.
Hasil akhirnya adalah rasa puas.

Puas bisa menyelesaikan tugas lebih awal dan puas bisa membuat sesuatu yang maksimal dengan usaha sendiri.

Itulah inti dari sebuah tugas..

Kita dituntut untuk bisa menyelami masalah yang ada, bagaimana mengatasinya, metode apa yang harus digunakan, menggunakan berbagai sumber tersedia untuk mendapatkan jawaban dan sebagainya.



Ketika tugas beres, kita mengerti bagaimana cara menghadapi permasalahan sejenis dan yang untung adalah kita sendiri.

  • Mendapatkan nilai yang bagus karena dosen tahu mahasiswa yang benar-benar mengerjakan tugasnya dengan baik
  • Waktu ujian tidak kelimpungan
Mengerjakan tugas dengan baik dan maksimal merupakan proses belajar juga. Disana kita bisa memahami konsep tentang suatu materi kuliah.

Mengerti konsep membuat kita tahu cara menjawab soal.

Inilah yang membuat kita saat ujian tidak kelimpungan, mengingat sudah paham dengan konsep materi dan tahu apa yang harus dikerjakan ketika dihadapkan dengan lembaran-lembaran soal.

Hasilnya apa?
Nilai yang bagus..

Kombinasi dari nilai tugas yang baik disertai nilai ujian yang bagus, akan menghasilkan nilai yang sanggup membuat senyum selalu terkembang.

Terus..

Kalau nilai bisa dipertahankan seperti ini terus dan terus sampai jumlah semester yang ditentukan, lulus pun tepat waktu, bahkan bisa lebih awal dari empat tahun.  

Bukankah itu menyenangkan?




Lulus lebih awal atau tepat waktu mendatangkan banyak keuntungan bagi kita, bahkan bagi orang tua di rumah.

Apa saja keuntungannya?

  • Tidak perlu membayar biaya semesteran lagi
  • Bisa segera mencari kerja atau memulai bisnis
  • Mendapatkan penghargaan
Bahkan kalau IP-nya sangat tinggi, lewat dari 3,5, bisa saja mendapatkan kesempatan meraih beasiswa dan belajar di luar negeri.

Gratis..

Siapa yang tidak senang mendengarnya?

Belajar di luar negeri gratis, tanpa mengeluarkan uang sepeserpun adalah impian dari banyak mahasiswa. Mereka bisa melanjutkan jenjang studi sekaligus menyerap pengalaman luar biasa ketika berada di negara orang.

Bukan tidak mungkin mendapat kesempatan bekerja disana dengan gaji fantastis yang membuat hati girang bukan kepalang..

Nah, untungnya banyak ya..


Kesimpulan

Kurang lebih seperti itulah pengalaman kuliah saya, disamping bergelut dan tenggelam dalam dunia belajar, saya juga tidak lupa untuk mencari pengalaman dibidang yang berbeda.
  • Mencari pekerjaan sampingan
  • Ikut organisasi
  • Olahraga bareng teman-teman
Dan untuk kelulusan, saya selesai dalam waktu yang pas..

Untuk IP sih, lumayan lah, kurang dari 3,5 sedikit :)

IP seperti itu pastinya tidak akan saya dapatkan jika terlalu sering membuang waktu, berleha-leha tanpa mau mengerjakan tugas dengan baik.

Tugas adalah kewajiban dan saya selalu berusaha mengerjakannya dengan baik sehingga berimbas saat ujian, nilai menjadi lebih baik karena sudah mengerti dengan konsep dari materi yang diajarkan oleh dosen di kelas.

Baca juga :

8 comments for "Pengalaman Kuliah"

  1. Oh, mas Eka asalnya dari Bali ya ?.
    Kalo gitu manggilnya bli Eka saja ya ☺ ?.

    Salut, kegiatan kuliah dibarengi menjalani kerjaan sampingan dan aktif banyak kegiatan .. IP nya diatas 3 koma .. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, dari bali saya..
      boleh kok, biar kelihatan balinya dipanggil bli ya, hehe..

      kebetulan kuliah nyasar ke jogja, hehe...
      ya, biar biaya ga terlalu berat di rumah mas, makanya sambil kerja saya disana...

      Delete
    2. Baiklah, mulai sekarang aku panggil bli Eka, ya .. hehehe ..
      (Meski tadi aku membalas lomentar di artikelku masih menyebut dengan mas Eka, bukan bli Eka 😁 )

      Terus terang saya salut, jauh datang dari Bali untuk kuliah di pulau Jawa.
      Ditambah dengan perjuangan membantu meringankan beaya dari ortu dengan bekerja 👍

      Apakah sekarang berkelanjutan kerja di Yogyakarta, bli ?.

      Delete
    3. ga mas..
      sekarang saya sudah balik lagi ke bali.. lebih enak dekat kampung..

      tapi kalau dulu dapat kerja atau bisa buka usaha di jogja, saya akan senang disana..

      jogja menyenangkan pokoknya.. hehe..

      Delete
  2. O, bli sudah kembali menetap di pulau Dewata.
    Boleh dong kalo aku ke Bali, numpang bermalam di rumah bli ? ( huuuu ...maunyaaa 😁 )

    Sekarang bli bekerja di perusahaan apa ?.

    Iya, betul suasana Yogya menyenangkan.
    Yogya nomor 2 tujuan lokasi favorit, setelah Bali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya sudah dibali..
      sekarang sih saya bekerja sendiri, ngajar juga.. ada murid beberapa, jadi itu saja kesibukannya sekarang.. hehe..

      boleh mas, kalau ada waktu main ke bali hayo..

      Delete
  3. wii, orang bali, tahun 2009 terakhir main kesana . saat study tour kuliah. hehehe. bali selalu membuat ketagihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas, main lagi kesini..
      lagi banyak destinasi baru lho..

      Delete