Home » , » Mau Tidur Cepat dan Tidak Begadang? Coba deh ini..

Mau Tidur Cepat dan Tidak Begadang? Coba deh ini..

Banyak orang yang mengalami ganggguan tidur dan tidak bisa memejamkan mata diwaktu normal jam 9-10 malam. Gangguan ini disebut dengan insomnia dan yang mengalaminya bisa tidur lewat dari jam 12 malam dan sampai dini hari.

Waduh...



Sangat tidak enak bukan, disaat sudah harusnya tidur kita masih melek dan besoknya sudah harus bekerja lagi. Tenaga pun tidak bisa balik ke titik maksimal..


Harus diatasi

Untuk bisa mengurangi gangguan tidur seperti itu, anda harus melakukan sesuatu. Jangan didiamkan saja, karena andalah yang terkena dampaknya.

Nah, coba deh beberapa cara berikut ini :

1. Matikan handphone

Jangan biarkan handphone aktif ketika akan beranjak tidur, biar tidak ada lagi bunyi krang kring.

Atau jika tidak ingin mematikannya cukup dengan mematikan konektivitas internet agar kita tidak sibuk dengan jejaring sosial dan browsing lainnya.

Menjauh dari smartphone menjadi langkah awal untuk menghasilkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Banyak pengguna smartphone yang keranjingan dan ketagihan dengan gadget ini, mereka rela menyerobot jatah waktu istirahat demi menggosokkan jari diatas layarnya.

Jangan tergoda ya..


2. Matikan televisi

Selain smartphone/handphone, televisi juga memiliki efek yang sama besarnya.

Ketika mau tidur, matikanlah televisi agar kita tidak tergoda untuk menonton acara-acara yang asyik. Kalau acaranya asyik, bukan tidak mungkin kita akan mengorbankan waktu istirahat dan hasilnya tubuh terjaga.

Besoknya badan terasa lemas..

Kalau sudah jam tidur, jam 10 malam, pekikan suara televisi perlu diredam dengan cara menekan tombol "off" pada remote.

Biarkan dia istirahat juga..

Ketika sudah tidak ada suara-suara yang menyentil kuping, tubuhpun bersiap untuk masuk ke alam mimpi..


3. Gelapkan ruangan

Ini adalah pengalaman saya..

Ruangan gelap membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan kita pun ketika bangun pagi akan merasa lebih segar.

Berdasarkan artikel di internet, keadaan gelap mampu mendorong hormon melatonin untuk aktif.

Hormon ini sangat besar manfaatnya ketika tidur dan ia membantu kita untuk mendapatkan istirahat yang nyenyak dan berkualitas.

Coba deh baca-baca lagi di internet..

Cari saja di google dengan kata kunci "tidur dalam gelap" dan andapun mendapatkan banyak artikel yang siap dibaca..


4. Tenangkan diri

Jauhkanlah segala macam pikiran yang membuat kalut atau bingung.

Sebaiknya ingat segala hal di hari ini yang membuat anda senang. Syukurilah hal itu secara lebih dan kita akan merasa tenang.

Mulai dari hal-hal kecil lah.


  • Misalnya tadi pagi anda diberi nasi kuning gratis oleh teman kos, 
  • terus anda mendapatkan buku yang telah diincar lama,
  • atau anda mendapat pujian dari teman karena berhasil mengerjakan tugas dengan baik.


Tenangkanlah diri dengan hal-hal baik yang sudah diperoleh, maka hati damai dan istirahatpun menjadi lebih enak.

Kesimpulan

Tidur yang berkualitas adalah tidur dengan rentang waktu kurang lebih 8 jam di malam hari. Tubuh mendapatkan waktu yang cukup untuk memulihkan kembali energinya yang sudah dikuras setelah diajak beraktivitas seharian penuh.

Untuk itu hindarilah bergadang.

Kebiasaan bergadang membuat tubuh kehilangan waktu istirahatnya dan malah terus aktif disaat seharusnya sudah santai.

Hasilnya apa?

Bergadang membuat tubuh lemas diesok harinya, kepala bahkan pusing dan sakit. Pokoknya tidak merasa nyaman.

Tidak mau kan seperti itu?

Ketika terserang rasa tidak nyaman akibat badan tidak fit, aktivitas menjadi kurang menyenangkan. Ini salah dan itupun salah..

Jadi mulailah untuk membuat tidur teratur, maksimal tidur jam 11 malam lah.. Jangan lebih karena hanya akan membuat tubuh kurang bugar..

Nah, selamat mencoba dan semoga membantu ya...


Baca juga :



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment