Home » » Homonim yang Aneh

Homonim yang Aneh


Kejadian ini saya alami ketika saya masih dibangku sekolah dasar dulu, ya sekitar tahun 1996 (waduh.. tua banget ya.. hehehe..). Ini sih menurut saya agak lucu, karena homonim ini aneh dan memang benar-benar aneh. Kenapa kok aneh sih? Udah ga sabar dengar cerita anehnya kan? Mari kita lihat keanehan dari cerita homonim aneh berikut.

Begini, waktu itu ibu guru sedang membahasa materi homonim. Satu-satu murid ditanya untuk memberikan contohnya. Saya sih langsung angkat tangan saja dan saya jawab dengan : "bisa". Kan homonim bisa ada dua, yaitu bisa yang berarti racun ular dan bisa yang berarti dapat mengerjakan. Kenapa saya angkat tangan? Karena saya tidak mau keduluan teman saya yang lain dalam menjawab "bisa" ini. Karena mencari kata homonim yang lain sangat susah, hahahaha...

Nah, tiba giliran teman saya yang perempuan. Dia pun menjawab dengan kata "bedak". Saya berfikir mana ada homonim bedak. Kemudian teman saya menjelaskan homonim bedak. Pertama bedak yang artinya alat untuk make up  (masuk akal) dan bedak yang kedua artinya adalah "haus" (kata dari mana ini?).

Saya hanya tertawa sendiri mendengar homonim itu. Anda bingung kan kenapa saya tertawa? Jelaslah anda bingung karena anda tidak tahu arti bedak yang satunya lagi. Jadi penjelasannya begini : sekolah saya ada di daerah Bali, dan bedak itu adalah bahasa Bali yang berarti "haus". Nah, sekarang anda baru boleh tertawa, hehehehe...

Dan lebih aneh lagi, ibu guru pun membenarkan jawaban teman saya tersebut. Benar-benar aneh dah pokoknya.. 

Namanya juga pelajaran Bahasa Indonesia, berarti homonimnya ya harus dalam Bahasa Indonesia semua dong. Ga boleh digabungin dengan bahasa daerah.. Hadeh.....


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment