Tuesday, April 30, 2013

Tujuan Penting Sepakbola

Sepakbola adalah olahraga paling populer di jagat ini dan sangat banyak orang yang keranjingan dan senang menontonnya.



Ini bisa dibuktikan dengan besarnya stadion bola, bahkan ada yang mencapai kapasitas 70 ribuan tempat duduk dan kursinya sering terisi penuh oleh para penggila bola.
(Baca jugaKejadian dalam sepakbola yang membuat kita geleng-geleng tidak percaya)



Tujuan penting 


Sepakbola sendiri memiliki tujuan penting dalam setiap pertandingan yang ia mainkan, apa saja tujuan penting dari sepakbola itu? Mari kita simak satu-per satu.



1. Mencetak gol

Ini adalah tujuan dari sepakbola : Menghasilkan gol sebanyak-banyaknya demi kemenangan tim.

Apalagi gol yang tercipta itu prosesnya sangat indah, maka pertandingan akan sangat menarik dan membuat penonton semakin bergairah.

(Baca juga : Gol-gol spektakuler dalam sepakbola)



2. Mencegah gawang jebol

Ini adalah kebalikan dari yang pertama.

Jika gawang kita tidak berhasil dijebol musuh dan kita berhasil menjebol gawang musuh, maka dipastikan kita akan meraih kemenangan.




3. Meningkatkan kerja sama

Sepakbola bukan permainan egois dari satu orang pemain, sepakbola adalah permainan tim.

Ketika tim bekerjasama dengan baik, maka permainan tim menjadi lebih baik. 

Bukan hanya dalam sepakbola, kerjasama sangat kita perlukan dalam berbagai aspek kehidupan kita. Baik itu dalam bekerja, belajar dan juga bertetangga.

(Baca juga : Mari ketahui 10 hewan-hewan yang gemar bergotong royong)




4. Saling menghormati

Walaupun kita bertanding dengan tim lain, bukan berarti kita harus bermusuhan dengan mereka.

Mereka adalah sahabat kita juga, maka dalam sepakbola kita harus saling menghormati lawan untuk menciptakan pertandingan yang damai.


(Baca juga : Kumpulan striker yang paling ditakuti penjaga gawang)




5. Menjaga sportivitas

Sportivitas dalam sepakbola harus terus dijaga agar rasa keadilan dalam pertandingan tercapai dan semua pihak merasa puas, baik yang kalah maupun yang menang.

Para pemain yang berlagapun tidak boleh melakukan provokasi terhadap lawan, yang pada akhirnya bisa membuat pemain lawan kesal.

Pertandingan akan berjalan kasar dan mencederai jiwa sportivitas dan saling menghargai antar pemain.

(Baca juga : Pemain asia pertama yang mencetak hattrick di liga inggris)



6. Misi perdamaian

Inilah hal yang sangat penting yang ditunjukkan dalam sepakbola.

Walaupun semua pemain bertarung demi klub masing-masing, tetapi setelah pertandingan berakhir tidak ada rasa marah, permusuhan ataupun perkelahian. 

Hal-hal tersebut haruslah dihindari, walaupun masih ada kejadian seperti itu.

  • Pemain tidak boleh dendam kepada pemain lawan. 
  • Pemain harus menghormati lawan 
  • dan para pemain harus memberikan contoh kepada para penonton bagaimana cara menjaga keharmonisan dan kedamaian walaupun mereka membela tim yang berbeda.
Dengan begitu pertandingan yang berlangsung, berjalan dengan damai dan para penonton saling menghormati satu sama lainnya.

Kalau sudah begitu, indah sekali bukan??

(Baca juga : Final dramatis liga champion part 1)


Kesimpulan

Jadi, itulah 6 tujuan penting sepakbola yang harus selalu dijunjung tinggi oleh berbagai pihak yang terlibat di dalamnya.

Jika pertandingan sudah berjalan lancar dan memuaskan semua pihak, maka sangatlah bahagia menyaksiksan pertandingan seperti itu..

Maju terus Sepakbola Indonesia...

Baca juga :

Belajar Toefl Tanpa Beli Bukunya

Diberbagai toko buku sangat mudah sekali kita jumpai buku-buku yang membahas tentang tes toefl. Toefl sangat penting sekarang ini dan bisa lulus tesnya merupakan keharusan..


Kalau saya ketika mau ujian skripsi, harus lulus tes toefl dan jika anda ingin studi di luar negeri juga harus menyertakan hasil tesnya.

Sebaiknya persiapkan diri sejak dini untuk menghadapi tes toefl.

Untuk apa?
Agar kita semakin mengerti dengan tipe-tipe soal yang diujikan..

Semakin sering mencoba mengerjakan soal semakin mengerti bagaimana karakter dari soal-soal toefl dan bisa menghemat waktu ketika mengerjakannya..



Belajar tanpa buku

Jika kebetulan sering online atau ditempat kerja ada jaringan internetnya, maka anda tidak harus membeli buku untuk mencoba toefl.

Ketika ada waktu senggang, cobalah untuk memalingkan perhatian sejenak dan bergaul dengan soal toefl.

Banyak kok yang menyediakan gratis..

Jadi tinggal masuk saja ke webnya dan cobalah untuk menjawab beberapa soal. Jika dilakukan seminggu tiga kali, bakalan menambah tabungan ilmu tentang bahasa inggris.



Semakin sering berlatih dan belajar, kemampuan anda untuk menjawab tes menjadi semakin berlipat, semakin bertumbuh.

Jadi rajinlah berlatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apalagi sekarang sudah banyak yang memakai smartphone, akses internet menjadi semakin mudah dan anda bisa membaca tips dan trik dalam menjawab toefl. 

Untuk mendapatkan situs mana saja yang menyediakan tes toefl online, tinggal ketikkan saja kata kuncinya pada google dan kita akan diberikan berbagai macam pilihan.



Tes ini dijadikan sebagai ajang latihan saja dan biasanya kita akan diberitahu berapa jawaban yang tepat dan berapa yang melenceng.

Dan jika ingin mendapatkan sertifikat toefl, maka ikutlah tes dilembaga resmi yang menyediakan "toefl test" dengan membayar biaya pendaftaran tertentu.

Tes toefl online ini hanya untuk melatih kemampuan kita saja.

Saran saya : gunakanlah internet untuk memperdalam ilmu kita, hal-hal yang tidak bersifat meningkatkan pengetahuan sebaiknya dikurangi, agar kita menjadi semakin mahir dan pintar serta berwawasan luas.


Kesimpulan

Jadi untuk bisa menguasai toefl tidak mesti harus membeli buku yang harganya lumayan, ada alternatif yang lebih murah.

Lewat online..

Disana kita juga bisa sekalian mencoba soal structure, listening atau reading.

Semuanya ada..

Tinggal rajin-rajin saja dilatih sehingga kemampuan semakin meningkat, jangan lupa juga untuk membaca trik-trik bagaimana menjawab soal toefl yang tepat.

Silahkan cek digoogle dan baca serta ubek informasi sedalam-dalamnya..

Baca juga :

Orang ini Sehari Cuma Makan Sekali

Di suatu jalan, Deni melihat bapak tua yang sedang duduk sambil meminta minta. Ia kemudian mendekati bapak tersebut untuk diberi uang. Setelah di dekati, Deni pun memberi uang dan kemudian ia bertanya :

Deni : "Bapak pasti jarang makan ya sampai kurus begini?"
Bapak : "Betul dik, trima kasih sudah ngasi uang"
Deni : "Sama-sama pak. Bapak makan apa setiap hari"
Bapak : "Seadanya saja dik"
Deni : "Trus, bapak sehari makan berapa kali"
Bapak : "Sehari cuma sekali dik".

Deni terlihat terharu melihat nasib bapak tadi.

Deni : " Sekali pak? Hanya sekali setiap hari?" Deni saja sehari makan tiga kali sehari, makanya ia menjadi kasihan gitu sama bapak.
Bapak : "Betul dik, sehari cuma sekali-sekali saja makan. Pagi sekali, siang sekali dan malam sekali. Pagi pake nasi kuning, siang makan nasi padang dan malam ayam goreng"

Deni : ".......????????????????...................."

Beli Satu Dapat Satu

Seseorang keluar dari sebuah toko dan membopong banyak barang belanjaan. Di tengah perjalanan, ia bertatap muka dengan teman karibnya.

Temannya tersebut menanyakan kepadanya kok belanjaan-nya banyak sekali.



Ia pun menjawab bahwa di toko itu ketika membeli sebiji barang dapat satu.

Temannya pun langsung melesat mencari istrinya untuk belanja di toko tersebut, mumpung beli satu dapat satu.

Siapa juga yang tidak ngiler dengan promo, begitulah pikirnya.

Bersama istrinya, ia langsung merangsek ke toko tersebut dan memboyong banyak barang. Jarang-jarang kesempatan seperti ini mampir..

Setelah dikasir, barang belanjaannya di cek satu per satu.

Tapi ada yang aneh..

Ia heran dengan apa yang didapatnya dan melihat bahwa tidak ada tambahan bonus sesuai dengan barang yang dibelinya..

Ia gusar..

Kasirpun menjadi sasaran berondongan rasa penasarannya.





Si kasir pun menjawab dengan entang bahwa : kalau beli satu memang dapat satu, kalau beli dua memang dapat dua.

Ga mungkin di toko tersebut beli satu dikasi dua, bangkrut dagangannya...😱😱😨😨

Dan ditoko itu tidak ada promo bahwa beli satu dapat dua. Kalau memang ada promo seperti itu, maka tentu akan dikasi barang satu lagi.

Lututnya lemas, uangnya harus dihabiskan untuk membeli semua barang yang sudah ditumpuknya dalam keranjang.

Mau ga mau harus dibayar, masa mau dikembalikan lagi, malu kan.. Ia dan istrinya pulang dengan membawa barang hasil beli satu dapat satu tersebut... 

Siapa yang salah?

Jelas sekali Ia lah keliru, ga tahu maksud dari ucapan orang lain sih.. 😁😁

Tapi ia tidak rugi juga lho..
Kejadian ini membawa dampak positif..

Jika dibulan ini ia sudah berbelanja begitu banyak untuk kebutuhan sehari-hari, maka sisanya bisa digunakan bulan depannya lagi.

Jadi cukup sekali belanja langsung untuk dua bulan..


Baca juga :

Monday, April 29, 2013

Sumber Bahan Bakar Terbesar di Dunia

Matahari  adalah sumber bahan bakar terbesar di dunia bahkan di alam semesta. Bukan minyak atau batubara..

Minyak dan batubara akan habis dalam waktu beberapa puluh atau ratus tahun ke depan. Tapi matahari tidak..


Matahari akan tetap dan terus bersinar dalam waktu yang jauh lebih lama lagi.
  • Matahari memberikan energinya kepada daun berupa sinarnya, sehingga daun bisa melakukan fotosintesis dan menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan bagi makhluk hidup. 
  • Tanaman yang mendapat sinar matahari cukup akan tumbuh dengan baik dan pada akhirnya akan menghasilkan buah yang bisa kita makan untuk mencukupi kebutuhan energi.
Berkat matahari, kita sebagai makhluk hidup bisa terus mendapatkan asupan energi dari tumbuhan, berupa makanan tentunya.


Energi alternatif

Disaat minyak bumi sudah mulai langka dan mahal, matahari tampil sebagai penyelamat.

Matahari menjadi energi alternatif untuk menggerakkan mesin mobil dan juga menghasilkan listrik.

Keunggulan menggunakan energi matahari adalah mesin tidak menghasilkan gas buang CO2 yang berbahaya bagi lingkungan, karena bisa menimbulkan efek rumah kaca yang mendorong pemanasan global.

Panel surya juga bisa digunakan untuk menghasilkan energi listrik yang merupakan energi fital bagi kehidupan manusia, tanpa listrik saya tidak bisa menulis artikel ini di blog.

Selain itu, untuk memanaskan air juga bisa menggunakan energi matahari.

Begitu banyaknya manfaat dari energi matahari ini bagi kehidupan makhluk hidup di dunia dan energi ini pun masih bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Semoga semakin banyak penemuan yang menggunakan energi matahari, sehingga akan mengurangi ketergantungan kita terhadap energi fosil yang jumlahnya terbatas.

Belum maksimal

Pemanfaatan energi matahari untuk pemenuhan kebutuhan belum maksimal.

Masih banyak ruang yang perlu dieksplor lebih dalam lagi.

Memang sudah banyak pembuatan panel surya, tapi harganya masih mahal dan banyak orang belum mau meliriknya.

Padahal jika menggunakan panel ini, kita bisa mengurangi penggunaan minyak dan batubara untuk menghasilkan listrik.

Memang pada kebanyakan lampu merah sudah dipasang panel surya ini, tapi akan lebih baik jika setiap rumah tangga juga memasangnya.

Dan tidak hanya di rumah tangga saja, sektor transportasi bisa mengandalkan teknologi ini juga.

Sinar matahari diubah menjadi energi pengisi baterai pada mobil, yang pada gilirannya akan mampu menggerakkan mesin.

Energi yang digunakan sangatlah bersih..

Dan saya juga pernah membaca artikel yang menyatakan akan memanen energi listrik dari matahari dengan memasangnya di daerah gurun.

Wow...

Gurun adalah daerah panas dengan sengatan matahari yang ganas. Ini tentu adalah peluang bagus dalam menghasilkan listrik berbekal panel surya.

Mudah-mudahan segera terwujud ya..

Kesimpulan

Jadi sudah jelas sekali ya kalau  matahari adalah sumber terbesar di dunia ini dalam urusan energi.

Apa saja alasannya?

  • Langsung bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup, seperti membuat makanan oleh tumbuhan. Minyak dan batubara tidak bisa melakukan ini
  • Bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama
  • Bisa digunakan untuk menggantikan minyak dan batubara, serta lebih bersih
  • Hampir setiap negara bisa memanfaatkannya, ada negara-negara yang tidak memiliki minyak kan? Matahari tidak..
Nah lengkap sudah alasan-alasan yang mendukung kalau matahari adalah sumber energi terbesar yang ada di dunia ini..



Baca juga :

Humor : Beli Handphone 2 Juta

Suatu hari saya sedang dirumah dan tiba-tiba ada orang yang nyelongong dengan sopannya mendekati, ternyata paman.

Waktu itu saya sedang memainkan handphone yang baru dibeli, jadi tangan lagi gatal-gatalnya mengacak-acak gacoan baru..




Kemudian paman pun mulai melancarkan berondongan pertanyaan kepada saya.

"HP-nya keren ini?", tanya paman.
"Oh, tentu saja dong", jawab saya sombong.

Tanpa ragu, pertanyaan lanjutan segera datang lagi..
"Dimana belinya?", tanyanya lagi.

"Di toko lah, masa di bengkel?", sahut saya lagi.
"Beh, santai ja.. Tempatya dimana maksudnya?", sambungnya..

"Dikota paman.. Emang ada dikampung sini yang menjual hape keren kaya gini?"

"Jadi tertarik ingin beli ni", kata paman.
"Beli dong, kan baru saja bongkar celengan", bujuk saya..

"Berapa beli hp?", pertanyaan berikutnya sudah terbang..

"2 juta dong, hp keren lho", sahut saya.

"Wah, banyak banget kamu beli hp?", tanyanya lagi..
"Banyak gimana, orang cuma beli sebatang doang kok", sergah saya..


Lanjutannya..

"Tadi kamu bilang beli hape-nya dua juta kan? Emang bisa kamu make hp 2 juta? Paman saja pake satu sudah kewalahan, apa lagi 2 juta".

Hadeh..
Pertanyaan jebakan ternyata..

Dengan muka masam saya menjawab : "Maksudnya harganya Rp. 2 juta paman, beli hp-nya ya tetap satu dong".

"Kirain kamu belinya 2 juta, baru mau minta 5 saja buat tante dan sepupumu, hahahahahaha", suara kemenangan yang mengganggu telinga menggelegar darinya..

"Haaaaah.....", sergah saya..



Baca juga :

Sunday, April 28, 2013

Perbedaan AM dan PM

Bagi anda yang sedang mempelajari bahasa inggris atau sudah menggelutinya sejak lama, pasti sangat akrab dengan dua istilah AM dan PM ini.


Kedua singkatan ini digunakan untuk menunjukkan waktu, apakah itu pagi, siang ataupun di malam hari.

Karena batas waktunya menggunakan jam 12 semua, tak jarang masih saja banyak yang membingungkan hal ini.

(Baca juga : Inilah sumber kosakata bahasa inggris yang melimpah)


Perbedaan dasarnya

Tapi jangan khawatir dulu ya..

Karena disini saya akan menjelaskan bagaimana pengertian dan syarat kapan harus menggunakan AM dan PM.

Yuk perhatikan penjelasan dibawah ini..


Jadi sudah jelas ya!!
  • AM berlaku dari jam 12 malam sampai 12 siang. Atau mudahnya digunakan ketika pagi hari.
  • PM berlaku dari jam 12 siang sampai 12 malam. Atau mudahnya digunakan ketika sore dan malam hari.
Itulah perbedaan dasarnya.

Sekarang coba perhatikan contoh dibawah ini :

  1. Pukul 10 pagi = 10.00 AM
  2. Pukul 10 malam = 10.00 PM
  3. Pukul 2 pagi = 02.00 AM
  4. Pukul 2 siang = 02.00 PM
  5. Pukul 4 pagi = 04.00 AM
  6. Pukul 4 sore = 04.00 PM
  7. Pukul 9 pagi = 09.00 AM
  8. Pukul 9 malam = 09.00 PM
  9. Pukul 11 malam = 11.00 PM
  10. Pukul 11 pagi = 11.00 AM
Mudah bukan???



Baca juga : 




Bisa juga seperti ini

Ini adalah bentuk lain dari penerapan AM dan PM
  1. Pukul 10.00 = 10.00 AM
  2. Pukul 14.00 = 02.00 PM
  3. Pukul 08.00 = 08.00 AM
  4. Pukul 23.00 = 11.00 PM
  5. Pukul 03.00 = 03.00 AM
  6. Pukul 19.00 = 07. 00 PM

Gampang dimengerti kan? 
Nah, semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memahami kedua istilah yang sering dipakai dalam bahasa inggris ini..

(Baca juga : Istilah-istilah dalam internet yang harus kita akrabi)

Baca juga ya :


Cara Meng-Copy MP3 Dari CD ke Hardisk


Jika anda pernah meng-copy lagu atau MP3 dari CD ke hardisk dan ternyata laptop berdengung sangat keras  (pada laptop saya bahkan bergetar, sehingga ketika saya sentuh getaran yang lumayan keras bisa saya rasakan), anda bisa melakukan cara lain sehingga tidak mengalami getaran seperti itu.

Untuk membuat getaran tidak terlalu keras, anda bisa mengcopy lagu per folder. Biasanya dalam CD MP3 lagunya sudah dikelompokkan dalam beberapa folder dan ketika meng-copy-nya, jangan semua folder langsung di-copy. Lakukanlah peng-copy-an folder per folder, maka laptop tidak akan bergetar keras seperti yang saya alami. Mungkin untuk PC cara ini juga bisa dilakukan.

Semoga bermanfaat ya..

Saturday, April 27, 2013

Pembuktian Sin (-a) = - Sin a

Sifat sinus yang satu ini sangat penting dan perlu diketahui karena pastinya memudahkan perhitungan soal yang dihadapi..



Untuk membuktikan sifat ini, terlebih dahulu harus ingat dengan sifat penjumlahan sudut trigonometri dibawah ini :


sin (p-q) = sin p. cos q - cos p.sin q



Kemudian, lihatlah proses dibawah ini untuk membuktikan soal diatas :













Ingat bahwa :

  • cos 0 = 1
  • sin 0 = 0



Jadi terbukti bahwa sin (-a) = - sin a.


Contoh soal

Kita coba beberapa contoh soal yang berhubungan dengan sifat sinus ini..




1. sin (-30) = - sin 30


2. sin (-40) = - sin 40


3. sin (-120) = - sin 120


4. sin (-10) = - sin 10


5. sin (-150) = - sin 150


6. Carilah nilai dari cos 60 + sin (-30)

Jawab :

Kita ubah dulu bentuk soalnya..

= cos 60 + sin (-30)

= cos 60 - sin 30


Ingat!!
  • cos 60 = ½
  • sin 30 = ½

= ½ - ½

= 0


Baca juga :

Tanda-tanda Suatu Daerah yang Dingin


Daerah dingin bisa dirasakan dengan mengenali udaranya yang membuat kita menggigil.

Berarti ciri itu diperoleh dari suhunya kan?

Terus..

Selain suhu..

Apakah penanda lain suatu daerah itu dingin atau tidak?
Nah, saya akan coba memberikan tanda-tanda lain suatu daerah dingin.


Vegetasi


Vegetasi atau tanaman yang bisa dijumpai pada suatu daerah dingin seperti pinus dan cemara.

Nah,

Kalau sudah begini maka udara bisa dipastikan akan dingin. Selain itu, daerah dingin juga banyak ditumbuhi oleh lumut dan juga paku-pakuan.



Kondisi daratan


Kalau sudah dataran tinggi seperti gunung dan bukit, maka suhu disekitar sana akan menjadi dingin dibandingkan daerah dibawahnya.

Mengapa??

Karena semakin tinggi letak suatu daerah, tekanan udara akan semakin mengecil dan membuat suhu menjadi turun



Bentuk jalan

Berkelok-kelok kan?

Kalau bentuk jalan sudah berkelok-kelok, maka jalan tersebut pasti terletak didaerah pegunungan yang suhunya pasti dingin.

Mengapa dibuat seperti itu??

Ini untuk memudahkan kendaraan bergerak ke puncak jika dibandingkan jalan yang dibuat lurus menanjak dari bawah.

Baca juga : Mengapa jalanan di pegunungan dibuat berkelok-kelok?



Sering turun kabut

Kabut..

Merupakan menu wajib yang pasti hadir kalau sudah di daerah pegunungan.

Ketika kabut turun..

Maka ia akan semakin mempertegas tingkat kedinginan di daerah tersebut. Jadi siap-siaplah dengan jaket kalau sudah pergi ke daerah berkabut.


Kesimpulan

4 hal diatas..

Adalah pertanda lain kalau daerah yang sedang anda kunjungi merupakan daerah yang memiliki suhu dingin.

Tapi sekarang..

Tingkat kedinginan di daerah pegunungan kurang begitu menggigit jika dibandingkan beberapa tahun lalu.

Apakah ini akibat pemanasan global??

Bisa jadi..

Selain itu..

Semakin banyak rumah-rumah yang berdiri di daerah pegunungan juga bisa menjadi penyebab udaranya semakin panas.

Sekali lagi karena jumlah pohon yang semakin berkurang dan menyebabkan suhu udara tidak sedingin dulu..


Baca juga :

Membuat Tulisan Untuk Spanduk yang Berbayang Dengan Mudah

Pada posting sebelumnya saya sudah memberikan cara untuk membuat tulisan untuk spanduk dengan mudah dan menggunakan power point. Nah, posting kali ini adalah variasi dari tulisan untuk spanduk. Disini kita akan menambahkan bayangan pada tulisan agar terlihat bagus. Ok, langsung saja ke caranya. 

Disini kita masih memakai power point kok, jadi :

(1) Buka dulu aplikasi power point dan setelah itu buatlah kotak seperti gambar 1 dibawah ini.

gambar 1

(2) Untuk melakukan langkah kedua ini, lihat dulu gambar 2 dibawah.

gambar 2

Setelah membuat kotak pada gambar pertama, kemudian klik kanan pada kotak tersebut dan pilih "edit text". Ketik huruf "S" seperti gambar dan pakai ukuran fontnya sebesar 600 dan tebalkan hurufnya, pakai warna huruf hitam. Setelah itu klik kiri pada kotaknya, kemudian pilih "shape fill => no fill" dan "shape outline => no outline". Hasilnya adalah gambar dengan latar belakang putih seperti gambar 2.

(3) Sekarang kita masuk ke langkah 3 dan perhatikan lagi gambar 3 dibawah ini :

gambar 3
Kliklah garis tepi kotak pada gambar 2 (yang diklik adalah garis tepi/pinggir kotaknya, jangan hurufnya), kemudian "copy" (ctrl + c). Setelah itu "paste"kan (ctrl + v) langsung pada tempat yang sama kita mengcopy tadi. Akan muncul satu huruf "S" lagi, setelah itu blok huruf tersebut dan ganti warnanya dengan merah. Kemudian aturlah huruf yang merah sehingga bentuknya seperti gambar 3 diatas. 

Sekarang hurufnya sudah terlihat berbayang dan terlihat lebih bagus untuk dipakai sebagai huruf spanduk. Nah, semoga membantu ya dan mudah-mudahan bermanfaat...

Friday, April 26, 2013

Kenapa 1 Bukan Bilangan Prima

Sebelumnya saya pernah membuktikan tentang sin 90 = 1, nah kali ini juga tentang pembuktian tetapi bukan sudut sinus atau cosinus.

Sesuai judul, saya akan memberikan penjelasan mengapa 1 tidak termasuk bilangan prima.


Mari perhatikan penjelasannya

Bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa dikali dengan satu dan bilangan itu sendiri. Untuk lebih mudahnya bisa disimak contoh dibawah.


Ini artinya, bilangan prima adalah bilangan yang hanya mempunyai dua buah faktor saja. Yaitu 1 dan angka itu sendiri.


Sekarang kita cek dengan contoh.



Contoh 1


Angka 2.

2 = 2 x 1
   = 1 x 2
Hanya ada dua perkalian yaitu 2 x 1 dan 1 x 2.

Faktor dari 2 = 1 dan 2

Jadi angka 2 hanya memiliki dua buah faktor, sehingga termasuk bilangan prima.


Contoh 2


5 = 5 x 1
   = 1 x 5,

Ada dua perkalian yaitu 5 x 1 dan 1 x 5.

Faktor dari 5 = 1, 5.

Karena memiliki dua buah faktor saja, maka 5 termasuk ke dalam bilangan prima.





Contoh 3


4 = 4 x 1
   = 1 x 4
   = 2 x 2,

ada tiga perkalian , yaitu : 4 x1, 1 x 4 dan 2 x 2.

Faktor dari 4 = 1, 2 dan 4.

4 memiliki tiga buah faktor, jadi angka ini tidak masuk dalam deretan bilangan prima. Ingat bahwa bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua faktor saja.

Tidak lebih tidak kurang.



Bagaimana dengan angka 6, 8, 10 dan 12 ? Apakah masuk bilangan prima? 


Bukan ya..
Karena faktor dari angka tersebut lebih dari dua.


Terus angka 1 bagaimana?

Sesudah paham dengan pengertian bilangan prima,  sekarang kita lihat bagaimana dengan angka 1.

1 = 1 x 1

Angka 1 hanya memiliki satu jenis perkalian saja, yang artinya hanya memiliki satu buah faktor, yaitu 1 itu sendiri.

Faktor 1 = 1.

Jadi angka 1 hanya memiliki satu buah faktor.

Dan bilangan prima adalah bilangan yang harus dan hanya memiliki dua faktor. Tidak boleh kurang ataupun lebih.

Jelas disini kalau angka 1 bukanlah bilangan prima.

Dan perlu diketahui lagi bahwa bilangan prima tidak ada yang bernilai negatif dan bilangan prima dimulai dari angka 2 dan seterusnya.

Nah, semoga mengerti ya..


Baca juga :

Humor : Shampoo-nya Tidak Mau Keluar Busa

Sore itu paman saya mau mandi..

Mengingat kepalanya sudah diserang gatal yang bikin emosinya memuncak, dua sachet shampoo langsung dibeli diwarung dan dikerahkan untuk melahap kotoran membandel..


Jumlah shampoo ini pasti sanggup menendang kotoran menempel yang sudah menimbulkan penderitaan yang menyiksa..


Eksekusi..

Kebetulan dikampung, air yang mengalir disungai kecil dekat rumahnya masih memiliki kualitas bagus dan disanalah tempatnya melampiaskan emosi kepada si penyebab kepala kotor.

Kepala sudah direndam sebentar..

Shampoo sebanyak setengah sachet langsung terjun ke tangan.

Lalu diusapkan ke kepalanya.

Aneh, aneh dan aneh..
Ternyata tidak ada busa sedikitpun.

Padahal sebelumnya memakai shampoo segitu saja sudah banyak yang busa yang berlompatan keluar. Mengapa sekarang tidak mau ya?

"Mungkin dosisnya kurang", itulah analisis yang muncul dipikirannya.

Tanpa ragu, sisa yang setengah itupun diperas habis tanpa sisa dan langsung digosok-gosokkan sekuat tenaga dengan harapan busanya segera muncul dan membabat kotoran yang ada.

Aneh..
Busa masih tidak muncul..



Sachet kedua


Masih mempercayai teori diatas tadi, jumlah shampoo masih kurang, tanpa ragu ia segera mengambil sisa satu sachet..

Semuanya langsung dituangkan..

Hajar...

Akhirnya, sachet yang terakhir ini bisa mengeluarkan segala emosi yang menjalar dalam tubuhnya. Busa tidak ada yang mau nongol sedikitpun..

"Walah, ini shampoo-nya beneran ga ya?", pikirnya lagi..


Mendapat pencerahan

Karena tidak ada sachet yang bisa diperasnya lagi, akhirnya bungkus shampoo itulah yang dimain-mainkannya.

Dibolak-balik..

Dan ada satu kata yang membuatnya tersenyum..

Ia mendapati bahwa yang dibelinya itu adalah dua buah sachet conditioner, hahahahahaha.... Terang saja ga ada busanya paman. Paman itu salah beli sih, hihihi... Ia pun akhirnya balik ke warung untuk membeli shampoo yang sebenarnya...

Paman, makanya kalau beli shampoo dibaca dulu ya, biar ga salah belinya....
Wkwkwwkwkwkkk......

Baca juga :

Humor : Saya Sudah Makan

Susi mempunyai pacar yang bernama Budi dan kali ini Budi akan mengantar kekasih hati pulang ke rumahnya sehabis les di sekolah.

Budi sudah anteng menunggu Susi di luar sekolah ditemani motornya. Susi pun datang dan mereka pun segera bergerak menuju rumah Susi.

Berangkat...



Sesampai di rumah, Budi pun mampir dulu agar bisa lebih lama memandang wajah si pujaan hati.

Tapi sayang, bapaknya datang.
Mau tak mau Budi pun ngobrol dengan bapak.

Kebetulan karena hari sudah petang dan  itu adalah waktu makan malam keluarganya Susi, Bapak pun mengajak Budi untuk makan malam bersama, tetapi Budi tidak mau dengan alasan sudah makan.

Perutnya sudah penuh..

Tetapi bapak pun tidak kalah sengitnya memaksa Budi untuk makan sampai ia akhirnya menerima ajakan si bapak.




Saat makan

Mereka pun mulai mengambil makanan dan perjamuan berlangsung di meja makan bersama seluruh keluarga Susi. Budi mulai melahap makanan yang dipiringnya.

Ternyata makanannya sangat enak dan Budipun semakin kalap makannya.

Susi melihat Budi dengan geleng-geleng karena aksi makannya yang seperti kesurupan. Bapakpun hanya senyum-senyum.

Makanan dalam piring Budi habis dalam hitungan detik dan kemudian ia segera mengambil nasi lagi dan lauk untuk tambah makan.

Kemudian tanpa disangkanya, Susi mengeluarkan kalimat seperti ini : "katanya tadi sudah makan, kok sekarang malah nambah? Kalap lagi makannya..", kata Susi dengan ketusnya.

Ya, alhasil Budi pun merasa malu dan berusaha dengan muka merah untuk menghabiskan makanan yang sudah terlanjur diambilnya. Anggota keluarga yang lain pun hanya senyum-senyum melihat tingkahnya Budi..

Katanya sudah makan, kok sekarang malah nambah Bud..... Itu lapar apa perutmu kosong ya? hahahaha...


Baca juga :

Thursday, April 25, 2013

Homonim yang Aneh


Kejadian ini saya alami ketika saya masih dibangku sekolah dasar dulu, ya sekitar tahun 1996 (waduh.. tua banget ya.. hehehe..). Ini sih menurut saya agak lucu, karena homonim ini aneh dan memang benar-benar aneh. Kenapa kok aneh sih? Udah ga sabar dengar cerita anehnya kan? Mari kita lihat keanehan dari cerita homonim aneh berikut.

Begini, waktu itu ibu guru sedang membahasa materi homonim. Satu-satu murid ditanya untuk memberikan contohnya. Saya sih langsung angkat tangan saja dan saya jawab dengan : "bisa". Kan homonim bisa ada dua, yaitu bisa yang berarti racun ular dan bisa yang berarti dapat mengerjakan. Kenapa saya angkat tangan? Karena saya tidak mau keduluan teman saya yang lain dalam menjawab "bisa" ini. Karena mencari kata homonim yang lain sangat susah, hahahaha...

Nah, tiba giliran teman saya yang perempuan. Dia pun menjawab dengan kata "bedak". Saya berfikir mana ada homonim bedak. Kemudian teman saya menjelaskan homonim bedak. Pertama bedak yang artinya alat untuk make up  (masuk akal) dan bedak yang kedua artinya adalah "haus" (kata dari mana ini?).

Saya hanya tertawa sendiri mendengar homonim itu. Anda bingung kan kenapa saya tertawa? Jelaslah anda bingung karena anda tidak tahu arti bedak yang satunya lagi. Jadi penjelasannya begini : sekolah saya ada di daerah Bali, dan bedak itu adalah bahasa Bali yang berarti "haus". Nah, sekarang anda baru boleh tertawa, hehehehe...

Dan lebih aneh lagi, ibu guru pun membenarkan jawaban teman saya tersebut. Benar-benar aneh dah pokoknya.. 

Namanya juga pelajaran Bahasa Indonesia, berarti homonimnya ya harus dalam Bahasa Indonesia semua dong. Ga boleh digabungin dengan bahasa daerah.. Hadeh.....

Jazz is Wonderful

Musik jazz mulai menyapa saya ketika kuliah di Jogjakarta. Disini saya bisa mendengar banyak pilihan musik, mungkin karena disana banyak terdapat pilihan stasiun radio.

Sehingga berbagai jenis musik mulai menjejali pikiran.




Dari sekian jenis musik yang ada, ternyata jazz yang paling menyita perhatian.

Tidak tahu entah kenapa, hati rasanya senang ketika alunan nadanya merangsek ke dalam telinga dan pikiran menjadi lebih rileks..

Apalagi jika melihat live performance dari para musisinya, wow sangat menarik ditonton pokoknya.

Musik jazz bagi saya adalah musik yang dinamis dan asyik banget didengar. Jazz sangat menonjolkan bass dan juga petikan gitar. Musik seperti ini sangat saya sukai. Bass yang dibetot dengan keras membuat musiknya menjadi lebih hidup.



Selain itu, jazz sering memberikan kesempatan bagi para personil band untuk memamerkan skillnya ketika bercengkrama dengan alat musik yang menjadi keahliannya.

Seperti bass yang dipetik dengan keras, permainan gitar ciamik karena lebih banyak memainkan melodi, piano yang keren dan bahkan permainan saxophone yang aduhai..😊

Pokoknya jazz is wonderful and very very beautiful. I just love to listen to jazz music, cuz it makes me swayed by its tone and makes my mind tranquil.


Bingung mau menonton dimana?

Aduh..
Ini adalah masalah yang gampang dicarikan solusinya..

Berkat kecanggihan dan kegesitan teknologi informasi, kita bisa dengan mudah melacak berbagai video dengan berbagai tema.

Dimana lagi kalau bukan di youtube..

Mau cari video apapun ada..

Termasuk musik jazz..



Youtube adalah surga tersembunyi tapi sudah diketahui banyak orang untuk mencari berbagai macam video musik..

Maksudnya apa coba?😅

Sayapun sering kelayapan disini..

Banyak ada video musik jazz.. Tinggal ketikkan saja kata kuncinya dan musiknya siap dinikmati kapan saja dan dimana saja..

Sssttt...
Ada yang lebih menarik lagi..

Kita bisa menikmati semua video yang ada dengan gratis...😁😁

Hayo..
Senang kan dengan yang gratis-gratis?

Mendengar kata ini, dompet langsung teriak kegirangan karena tidak akan kehilangan selembar atau beberapa lembar anggota geng-nya..


Cocok untuk belajar dan bekerja

Alunan musiknya yang lembut dan jauh dari kesan galak, sangat cocok digunakan untuk menemani aktivitas belajar..

Pelajaran kok gampang masuk ya..

Itulah yang saya rasakan..

Jadi, semakin seringlah musik jazz yang terputar dikomputer ketika berurusan dengan tugas kuliah dan buku pendukung materi.

Pikiran lebih rileks..

Apalagi ketika harus bergadang melahap tugas yang harus segera dikumpul. Suaranya sungguh membuat pikiran sangat nyaman..


Ketika bekerja, musik inipun sangat cocok dijadikan teman.

Misalnya dikantor sedang gundah dan semangat entah menguap kemana, cobalah tenangkan diri dengan musik jazz.

Dengarkan alunan lembutnya.

Pikiran bisa menjadi lebih adem dan pertempuran dengan tugas pekerjaan bisa dilanjutkan lagi sembari musik ini terus mengalun.

Mau mencobanya?

Mengapa tidak..

Coba deh menyelinap ke youtube sebentar, kemudian carilah dengan kata kunci "smooth jazz". Kita akan mendapatkan banyak video yang siap diputar.

Smooth jazz, seperti namanya, memang menawarkan musik jazz yang lebih lembut dan sangat nyaman.

Cobalah dulu dengarkan letupan halus dari berbagai alat musik yang digunakan dan biasanya jarang disertai dengan vokal. Jadi hanya sahut-sahutan alat musik saja yang terdengar dan ini memang sangat asyik..

Selamat menikmati musiknya ya..


Baca juga :

Inilah yang Dicari Ketika Orang Liburan

Mengapa sih kita liburan? 
Jawabannya bisa untuk menghilangkan stress atau menghabiskan waktu luang karena liburan panjang.



Mungkin saja karena dompet lagi gemuk, jadi mencari pelampiasan untuk menurukan berat badannya. 
😁



Apa yang dicari saat liburan?

Ok...
Setelah sampai di tempat tujuan, apasih yang dicari?
Apa yang diharapkan?
Apa yang ingin dilakukan?


1. Pemandangan indah

Pantai, danau, kebun raya ataupun persawahan, menjadi pilihan pas jika ingin menikmati pemandangan indah.

Kok mencari pemandangan?

Biar hati lebih adem.

Yap...
Pemandangan menawan sanggup menendang galau yang bercokol di hati. Begitu mata disapa sajian indah, hati langsung sumringah.

Anda pasti merasakannya juga kan? 

Tak heran jika banyak orang mengincar tempat-tempat alam ketika liburan, mengingat mereka bisa melepas penat dan merasakan energi baru mengalir di tubuhnya.



2. Cinderamata

Begitu selesai menikmati pemandangan di tempat tujuan, terkadang ingin membeli oleh-oleh khas daerah setempat.


Bahkan, bisa jadi alasan utama berkunjung ke tempat ini karena hanya ingin membeli cinderamata yang hanya bisa ditemukan disini.

Hmmm...
Bisa saja kan?



3. Kuliner

Setiap tempat memiliki kuliner khusus dan inilah yang mendorong orang-orang untuk datang sembari menikmati pemandangan yang ada.


Apalagi jika makanannya sangat enak.

Beh...
Pasti bakal diserbu pembeli.

Tujuan utamanya untuk makan-makan, sekalian berwisata melepas lelah bekerja seminggu sebelumnya.



4. Mengenal budaya baru

Setiap tempat menganut adat dan budaya berbeda.
Tidak sama dengan asal kita.

Nah...
Pas jalan-jalan di tempat wisata tertentu, kita sekalian mengenal budaya yang ada disana.

Menambah pengetahuan kan?

Asupan wawasan baru membuat kita lebih bersemangat lho. "Oh, ada yang seperti ini disini ya? Di tempatku tidak ada".

Semakin sering mengenal budaya baru, semakin bagus bagi pikiran.


5. Udara sejuk


"Aduh, panas sekali cuacanya".
"Ayo kita ke kebun raya sekarang"
"Oke... Disana cuacanya sejuk"

Nah...
Demi mendapatkan cuaca segar, kitapun langsung mengambil keputusan untuk berkunjung ke tempat wisata.

Kebun raya misalnya.

Kebun raya pastinya memiliki koleksi tanaman yang banyak. Mulai dari yang kecil sampai yang tingginya membuat kepala mendongak ke sudut maksimal.

Pastilah udara sejuk.

Kitapun nyaman.

Sembari duduk-duduk santai, menikmati kopi dan jajan, waktu berlalu tanpa terasa.
Hatipun riang gembira.


Kesimpulan

Kalau anda, apa yang dicari saat liburan?
Bisa saja ada alasan lain yang membuat anda langsung memutuskan berkunjung ke suatu tempat.

Yang jelas, liburan haruslah membuat hati tenang.

Otak adem.

Beban pikiran berkurang.

Karena memang itulah tujuan utama piknik. Stress yang sudah merajalela selama seminggu langsung enyah dari pikiran.
Sehingga tambah semangat lagi untuk menyambut hari berikutnya.


Baca juga ya :

Pengertian Dasar Komposisi Matematika

Komposisi dalam matematika bisa dikerjakan dengan mudah jika sudah dimengerti dasarnya. Untuk itu, saya akan berikan beberapa contoh yang bisa membantu anda dalam mengerti komposisi.



Ok, langsung saja simak contohnya.

Misalnya ada persamaan seperti dibawah ini :


Contoh soal :

1. Misalnya ada persamaan seperti ini : f(x) = 2x + 1, sekarang berapakah nilai dari :
a)  f(4)
b)  f(-2)
c)  f(2x+2)
d) f  (x2 + 1)


Sekarang kita kerjakan satu per satu..


a)  f(4)


Nilai dari f(4)

  • Ini artinya nilai "x" pada persamaan diatas diganti dengan 4.


f(x) = f(4). 
  • Berarti x diganti 4

Sehingga hasilnya adalah :

f (x) = 2x +1
f (4) = 2.4 + 1 = 5

jadi f (4) nilainya adalah 5.


b)  f(-2)

f (-2) :

  • Ini artinya x diganti dengan -2, sehingga persamaan diatas menjadi :

f (-2) = 2.(-2) + 1 = -4 + 1= -3



c)  f(2x+2)



f (2x + 2) = ....???

  • x pada persamaan asli diganti dengan "2x + 2"


Jadinya :

f (x) = 2x + 1
f (2x + 2) = 2.(2x +2) + 1
= 4x + 2 + 1
= 4x + 3.


Sehingga f (2x+2) = 4x + 3.



d)  f(x2 + 1)


f (x2 + 1) = …

  • Ini berarti x pada persamaan itu diganti dengan x2 + 1
Jadi :

f (x2 + 1) = 2. (x2 + 1) + 1
= 2x2 + 2 + 1
= 2x2 + 3.

Sehingga f (x2 + 1) = 2 x2 + 3

Nah, itulah pengertian dasar dari komposisi. Nilai yang diganti adalah nilai x-nya saja dan diganti dengan nilai yang dimaksud.

Semoga membantu ya..

Baca juga :

Wednesday, April 24, 2013

Manfaat Facebook yang Perlu diketahui

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat populer sekarang ini dan memiliki jumlah pengguna yang luar biasa banyaknya. Setiap teman baru yang saya kenal dan ditanya apakah mereka punya akun facebook, anggukan kepala menjadi penegasnya.




Nah, apa saja sih manfaat facebook yang bisa kita berdayakan?
Berikut saya coba berikan beberapa:


1. Mencolek teman yang jauh

Facebook menjadi sarana efektif bagi kita untuk berkirim kabar dengan teman lain yang jaraknya bahkan jauh sekali, seperti diluar negeri.

Anda bisa saling bertukar cerita dan berbagi informasi terhangat.


Biayanya murah dibanding harus menelpun yang menguras pulsa, dalam hitungan detik pesan yang dikirim sudah hadir di smartphonenya. Cepat, tepat dan efesien. Inilah salah satu kemudahan yang sangat disukai banyak pengguna.


2. Berbagi foto

Foto kenangan masa lalu bersama teman lama bisa kita bagikan disini dan dinikmati selamanya asalkan tidak dihapus. Kenangan saat SMA atau kuliah bisa dilirik kapanpun anda mau.

Jangan lupa tinggalkan komentar dan tag teman-teman.

Percakapan pun bisa dimulai dari sini dan saling berbagai kabar pun dimulai. Terkadang kejadian menggelikan bisa diungkap lewat foto.


3. Mengucapkan ulang tahun

Dengan banyaknya teman, tidak mungkinlah untuk mengingat hari ulang tahunnya masing-masing. Ini memerlukan waktu luang yang banyak..

Nah, bala bantuan sudah datang..

Facebook akan membantu kita mengingatkan teman yang sedang berulang tahun dihari ini. Kita pun bisa melayangkan ucapan selamat kepadanya, agar selalu sukses dan bahagia bersama keluarga tercinta.


4. Mengirim file

Mengirimkan file juga bisa dilakukan lewat facebook lho. Seperti dokumen berupa ketikan, gambar dan sebagainya. Ini layaknya yang ada dalam email.

Silahkan baca disini untuk caranya : Mengirim file lewat facebook


5. Melacak teman lama

Jika anda mempunyai teman masa kecil yang tidak diketahui lagi keberadaannya dimana, bisa melacaknya di facebook. Siapa tahu anda menemukan teman tersebut dan bisa berhubungan kembali.

Biasanya sih mereka pasti punya akun media sosial ini.

Coba saja ketikkan nama mereka dan lihat foto-foto yang muncul, mungkin saja ia nyelip disalah satu hasil pencarian.


6. Promosi usaha

Sudah banyak yang memanfaatkan facebook untuk mempromosikan dan memperluas jangkauan usaha mereka kepada teman-temannya.

Facebook sangat jempolan dengan urusan ini.

Tinggal rajin-rajin saja upload foto produk yang dijual dan biarkan teman-teman membacanya. Jika mereka butuh, anda pun bisa mendapatkan orderan.

Asyik..


7. Mengenalkan blog

Tahu blog kan?

Itu lho semacam website yang bisa digunakan untuk menulis berbagai macam informasi, baik untuk menyebarkan suatu ilmu atau untuk berdagang. Yang saya sebutkan baru secuil, masih banyak lagi manfaat blog.

Dan blog itu sangat bagus jika banyak yang membaca. Para pembaca yang banyak membuat blog menjadi ramai dan pada akhirnya kita sebagai adminlah yang diuntungkan.

Apa saja keuntungannya?
Silahkan baca di : 9 manfaat ngeblog yang menguntungkan anda

Disinilah facebook turut berperan dalam mendongkrak jumlah pembaca. Cobalah tebar link artikel blog yang tulisannya menarik, pastinya akan menyedot banyak perhatian teman-teman anda.

Jumlah pembaca pun bertambah..

Kesimpulan

Banyak ya? Itu belum seberapa lho.. Masih ada lagi segudang manfaat facebook yang bisa dikupas jika kita menggunakannya secara positif. Kehidupan akan menjadi lebih mudah dan gaung usaha kitapun terdengar ke banyak tempat.

Jangan lupa bijak dalam bersosial media.

Berita hoax banyak bergentayangan disana. Informasi seperti ini pastinya tidak bermanfaat dan malah membuat hidup menjadi runyam.

Kalau sudah tahu ada teman yang rajin menyebarkan informasi negatif, jangan ragu untuk menjungkalkannya dari daftar pertemanan. Tujuannya biar laman facebook anda adem dan enak dilihat.


Baca juga :