Home » , , » Membuat Anak Gemar Membaca

Membuat Anak Gemar Membaca

buku
Membaca merupakan hobi yang sangat baik untuk anak. Dengan membaca anak akan banyak mendapatkan informasi dan tentunya banyak mendapat pengetahuan baru. Bukan tidak mungkin anak akan sering bertanya kepada kita apa yang mereka tidak mengerti dari buku. Mau kan punya anak seperti itu?

Agar anak semakin senang membaca, mungkin bisa dilakukan beberapa hal berikut ini.

(1) Buku bergambar

Bagi anak yang baru belajar membaca, sebaiknya diberikan buku yang banyak gambar dengan warna-warni yang indah. Buku seperti ini lebih sedikit tulisannya. Misalnya disana ada gambar gajah, tulisannya ya hanya "gajah" itu saja. Mulai dari sana baru kenalkan anak dengan huruf yang menyusun kata "gajah" tersebut. Ini bisa diajarkan berulang-ulang agar anak semakin hafal.

(2) Mengenal Abjad

Cara yang paling baik tentunya adalah bernyanyi ya dan setelah hafal nyanyiannya, baru dikenalkan dengan hurufnya. Bisa dikombinasi dengan cara yang pertama tadi.

(3) Tabloid anak

Tabloid anak pasti memberikan hal menarik untuk anak. Belikanlah tabloid seperti ini karena isi tulisan dari tabloidnya pasti menarik dan penuh warna. Anakpun akan sangat suka dengan tabloidnya dan dia pun akan sering membaca.

(4) Kenalkan dengan lingkungan buku

Bisa dirumah dipajang buku-buku koleksi kita dan taruh ditempat yang sering dia lihat. Ini bisa juga menarik perhatiannya akan buku. Selain itu bisa juga diajak jalan-jalan ke toko buku agar anak semakin tahu tentang buku.

(5) Kenalkan manfaat membaca

Mulai berikan anak manfaat membaca baginya agar semakin termotivasi untuk membaca. Misalnya katakan bahwa membaca akan membuat ia menjadi pintar, bisa banyak mendapatkan hadiah dan lainnya. 

Kalau sudah gemar membaca, maka sampai besarpun akan terbawa dan akan semakin memudahkan proses belajarnya di jenjang sekolah.


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment