Home » » Mengapa Kayu Mengapung Diatas Air?

Mengapa Kayu Mengapung Diatas Air?

Sering kan melihat kayu besar yang mengapung diatas air? Mungkin anda bertanya kok bisa kayu mengapung diatas air, padahal kayu itu sangat berat. Harusnya kayu itu tenggelam bukannya malah mengapung.


Menggunakan sifat inilah, kayu-kayu gelondongan yang ditebang dari hutan di kirim dengan menggunakan bantuan sungai. Jadi tidak perlu diangkut dan digotong yang bisa membuat pinggang encok.

Pernah dengar kan proses pengiriman kayu seperti ini?

Sewaktu SD guru pernah menceritakan proses ini dan terpikir betapa cerdiknya para penebang kayu itu mengirimkan hasil potongan mereka ke tempat tujuan.

Kira-kira mengapa bisa mengapung?

Pertanyaan seperti ini bisa dijawab dengan menggunakan bantuan dari ilmu fisika. Ilmu fisika adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam dan salah satunya proses mengapung.

Dasar yang sangat baik untuk digunakan pijakan dalam permasalahan kali ini adalah materi tentang massa jenis (ρ).



Kita lihat datanya :

  • massa jenis (ρ) air adalah 1 gr/cm³ atau kita singkat saja dengan "1"
  • massa jenis (ρ) kayu kurang lebih 0,8 gr/cm³ atau singkat saja dengan "0,8"


Massa jenis kayu berkisar diantara rentang 0,8. Ada yang lebih dan ada yang kurang, untuk lebih lengkapnya silahkan cek di internet lagi ya..

Apa pengaruh massa jenis?

Semakin besar massa jenis suatu benda dibandingkan air, maka ia akan tenggelam ketika dicelupkan ke dalamnya. Sedangkan semakin kecil massa jenisnya dibandingkan dengan air, benda itu akan mengapung diatasnya.

Sudah jelas sekali ya alasannya..

Massa jenis kayu yang berkisar 0,8 akan membuatnya berada diatas air dan tidak akan pernah bisa tenggelam. Karena nilai massa jenisnya berada dibawah air.

Bagaimana dengan besi?

Besi massa jenisnya 7,9. Nilai ini jauh lebih besar dari massa jenis kayu dan mau tidak mau ketika dicelupkan ke air, besi akan langsung nyungsep ke dasar wadah.

Untuk menjawab soal-soal seperti ini, dengan membandingkan massa jenisnya kita akan bisa tahu kalau suatu benda akan mengapung atau tenggelam di air.



Baca juga :


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment