Home » » Seberapa Pentingkah Nama Itu?

Seberapa Pentingkah Nama Itu?

Ada yang bilang apa sih arti sebuah nama?

Berarti sekali pastinya..

Sangat sering sih mendengar kalimat ini dan seketika pun saya langsung menjawab dalam hati bahwa nama itu sangatlah penting.




Bagaimana tidak, nama menunjukkan identitas seseorang. Apalagi kita hidup berdampingan dengan banyak orang, jadi nama itu sangat penting.

Identitas

Bayangkan jika anda menjadi guru dan mengajar di kelas dengan jumlah murid yang sedikit, katakanlah sebanyak 40 orang.

Ketika anda ingin bertanya kepada si murid A, anda tidak tahu harus memanggil apa. Dan juga ketika memanggil si B, anda tidak tahu juga bagaimana harus memanggilnya.

Ini terjadi jika mereka tidak punya nama.

Ribet tidak?
Pasti!!

Jika si A bernama Andi dan si B bernama Budi, ketika anda memanggil nama Andi, si Andi akan menoleh kepada Anda dan ketika memanggil Budi maka si Budi pun akan menoleh anda.

Identitas setiap anak jelas dan tepat.

Tidak ada keraguan lagi.

Begitu juga ketika anda ingin membeli barang dan tidak tahu nama barangnya apa (karena barang itu ga punya nama), susah bukan?

Ok, keruwetan sudah mulai terasa dengan tidak adanya nama.


Mempermudah

Misalnya kita melipir ke toko dan mencari suatu barang..

"Pak, ada barang itu ya?"
"Itu yang mana dik?"

"Itu lho pak, yang buat makan"
Diberilah benda lempeng nan bundar

"Bukan pak, itu lho yang bentuknya panjang dan ramping"
Diberilah benda untuk menyendok nasi.

"Bukan pak, yang agak tajam diujungnya"
Diberilah garpu.

"Nah, ini yang saya cari pak"

Lama banget kan?

Coba dari awal bilang garpu, si bapak tidak bolak-balik kesana kemari mengambilkan anda barang yang diinginkan.

Jadi, kehadiran nama mempermudah pencarian si bapak.

Sekali sebut langsung sependapat dengan pembeli.


Mempercepat

Mau berkunjung ke satu kota dan mencari rumah teman lama yang sudah tidak ditemui selama 100 bulan.

"Bro, rumahku di Jalan Angsa no.12"
"Sip, beres lah", jawab anda.

Dengan menggunakan bantuan google maps, andapun langsung melipir dan ke jalan yang disebutkan dan menemukan rumahnya dengan cepat.

Bagaimana jika jalannya tidak ada nama?

Ribet dah..
Mau nanya alamatnya, tapi nama jalan tidak ada.

Ok, anda memutuskan menelpunnya.

"Bro, aku sudah di kotamu ni. Aku ada di depan hotel"
"Hotel mana, aku jemput"

"Yee,, kan hotelnya ga ada namanya"
"Waduh..."

Yang jelas lebih enak

Mau minta ini, cepat diberikan karena namanya jelas. "Pak, tolong pesan nasi rames". Pesananpun datang sesuai order.

Tidak terjadi kesalahan seperti kasus membeli di toko diatas.

Nama membuat semuanya menjadi lebih mudah dilakukan dan memperlancar apa yang ingin dikerjakan.

Betul kan?

Nah, seberapa penting arti nama?

Penting banget kan..
Kalau menurut anda sendiri bagaimana?

Wajib ada

Setiap orang harus punya nama. Kalau tidak, ia tidak bisa membuat kartu identitas penduduk ataupun kartu pengenal lainnya.

  • Membuat akta lahir
  • Kartu keluarga
  • Kartu pelajar
  • Kartu tanda penduduk
  • Surat ijin mengemudi
Itu semua tidak bisa dibuat, jika nama jelas.

Terus ketika mau berkunjung ke negeri nan jauh disana, kita harus memerlukan paspor dan juga visa. Kalau tidak punya ini dan sudah berada disana, bisa gawat dan ribet.

Nama sangat memudahkan urusan dan menenangkan hati.

Dengan mempunyai nama, akta lahir dan berbagai identitas bisa dibuat. Ketika membuat paspor jauh lebih mudah.

Visa juga sama.

Pas berada di negara tujuan, kita merasa aman dan nyaman, mengingat dokumen yang sudah lengkap selengkap-lengkapnya.

Tidak ada rasa was-was.

Itu baru ke luar negeri.

Di dalam negeri identitas penting banget. Selain kartu-kartu diatas, proses masuk sekolah dan pembuatan ijazah tanda tamat belajar jauh lebih mudah.

Mau masuk sekolah atau perguruan tinggi, identitas lengkap mesti dilampirkan. Dan itu semua diawali dengan nama.

Nah, jelas kan..?

Nama itu penting, penting banget..
Nama membuat hidup lebih tenang, lebih enteng dan lebih mudah..

Setuju?



Baca juga :



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment