Home » » Bahasa Indonesia Sama Dengan Bahasa Inggris

Bahasa Indonesia Sama Dengan Bahasa Inggris

Apakah yang membuat Bahasa Indonesia sama dengan Bahasa Inggris? Yang membuatnya sama adalah dalam hal fungsi dari masing-masing bahasa tersebut.

Saya membayangkan bagaimana jika tidak adanya Bahasa Indonesia di negara kita. Setiap daerah memiliki suku bangsa dan juga bahasa yang berbeda. Artikel ini saya buat ketika paman saya yang orang Bali bercakap dengan orang Sunda. Mereka berkomunikasi dengan lancarnya dan ini karena Bahasa Indonesia. Bayangkan jika kita harus mempelajari setiap bahasa daerah agar bisa berkomunikasi dengan orang dari daerah lain, ribet sekali kan?

Nah, disinilah fungsi dari Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang universal di negara kita dan semua orang bisa menggunakannya disamping bahasa daerah yang mereka miliki masing-masing. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang harus tetap kita jaga selama-lamanya.

Bagaimana dengan Bahasa Inggris? Bahasa Inggris juga memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat komunikasi internasional. Bahasa Inggris sekarang sudah mulai diperkenalkan sejak Sekolah Dasar. Dengan menguasai Bahasa Inggris, kita akan mudah berhubungan dengan orang dari negara lain. Coba bayangkan lagi bagaimana jika kita harus mempelajari setiap bahasa dari negara lain, tambah pusing dah...

Dengan hanya cukup mempelajari Bahasa Inggris, kita sudah bisa berkomunikasi dengan orang asing dan juga mereka pasti mempelajari Bahasa Inggris karena merupakan bahasa internasional. Memang kita perlu juga mempelajari bahasa lain seperti Prancis, Jepang dan lainnya. Tetapi menurut saya, Bahasa Inggris mutlak dipelajari untuk pergaulan internasional.

Jadi persamaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris adalah sama-sama memudahkan komunikasi dari berbagai macam masyarakat dengan latar belakang berbeda. Bedanya cuma pada cakupan wilayah saja. Kalau Bahasa Indonesia bahasa universal di negara kita sedangkan Bahasa Inggris bahasa universal di seluruh dunia.


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment