Bagaimana Membuat Power Point Anda Tidak Bisa di Edit (How to Make Your Power Presentation Can't Be Edited)

Kita sering membuat presentasi dalam bentuk power point untuk berbagai kepentingan. Nah ketika anda membuat presentasi dan kemudian sudah menyimpannya dan ada orang lain yang meminta presentasi itu, mereka bisa mengubahnya.
(We often create presentation in Ms. Power Point for many reasons. When you satisfy and save the work, then other people copy that, they can make some changes in it)



Sayang bukan, presentasi yang susah payah diracik dijiplak orang lain dan bukan tidak mungkin orang itu mendapatkan keuntungan dari karya anda. Bagaimana membuat agar presentasi tidak bisa diubah?
(That's a pity right? All of the hard work that you put into that presentation, can be easily edited by others. They may use it for their own sake and gain benefits from that. So, how do we make our presentation can't be edited).


Membuat presentasi tidak bisa diedit (Make our presentation can't be edited)

Nah, cara termudah adalah menyimpannya dalam format lain. Ketika mau menyimpan hasil presentasi , jangan langsung klik save. Tetapi pilih mode penyimpanan lain.
(Naa.. there is an easy way to put extra protection to our work, by saving it in another format. When you want to save the presentation, don't just click "save", pay attention to this step)

Picture 1

Ketika pilihan save sudah tampil, pilih “save as type” dan kemudian pilih “power point show”. Ini membuat presentasi langsung terbuka dalam bentuk “slide show”-nya. Jadi anda tidak akan melihat tampilan power point seperti biasa yang bisa diubah. 
(Look at picture 1. Choose save as type and then choose power point show. This format will make the presentation appear in the slide show look. You won't see appearance like picture 2).


Picture 2


Kita tidak akan melihat tampilan seperti ini (gambar 2). Kita akan langsung melihat slide shownya seperti gambar di bawah (gambar 3).
(When you open that presentation, it will look like the picture 3)


Picture 3

Nah, orang lain tidak akan bisa mengutak-atiknya. Dan untuk membuktikan bahwa presentasi itu adalah milik anda, bisa ditambahkan nama, no mahasiswa/siswa, judul proyek, pembimbing dan lain sebagainya. Sehingga orang lain akan berpikir dua kali untuk memakainya.
(So, other people won't be able to make some editing. And to make sure this presentation is yours, you can add name, organization, student number, instructor and so on. They will think twice to use this presentation for their own  purpose).


Related articles :

4 comments for "Bagaimana Membuat Power Point Anda Tidak Bisa di Edit (How to Make Your Power Presentation Can't Be Edited)"