Home » » Tidur di Malam Hari Harus Dalam Keadaan Gelap lho...

Tidur di Malam Hari Harus Dalam Keadaan Gelap lho...

sleep in the darkness


Dulu ketika masih kecil, saya tidak terbiasa tidur dalam keadaan gelap dan harus ada lampu yang bersinar dan menemani tidur di malam itu.

Kemudian ketika sudah mula kelas 6 SD, saya mencoba untuk tidur mematikan lampu. Itu karena saya menonton anjuran untuk menghemat listrik. Jadi saya coba saja.

Memang benar sih untuk menghemat listrik, karena ketika tidur kita tidak memerlukan sinar lampu. Lagian ketika tidur, kita tidak melakukan kegiatan apapun selain memejamkan mata bukan?? Jadi cahaya lampu tidak diperlukan sama sekali..
#Lampu ini mampu memberi perintah kepada banyak orang lho



Mendapatkan tidur yang lebih berkualitas
Ternyata dalam keadaan gelap tidur saya menjadi lebih pulas dan ketika bangun badan terasa lebih enak.


Lebih enak tidur dalam keadaan gelap



Jika dibandingkan ketika memakai lampu waktu tidur, pas bangun tersebut mata agak sakit. Mungkin karena mata langsung terkena paparan sinar lampu.

Setelah tidur dalam gelap, saya tidak mengalami itu ketika terbangun. Mungkin ini karena mata bisa menyesuaikan diri sedikit demi sedikit dengan cahaya disekelilingnya.
#Mengapa kita melihat pesawat dahulu kemudian baru mendengar suaranya??



Diterapkan terhadap anak
Kemudian ketika buah hati saya yang pertama hadir, 2 hari pertama semenjak si adik lahir, kami selalu tidur dalam kondisi lampu yang menyala.

Ketika bangun saya merasa badan agak pegal karena tidur tidak nyenyak, selain itu si adik juga sering rewel dan menangis.

Sayapun mencoba untuk mematikan lampu ketika tidur di hari ketiga dan ternyata tidur saya lebih nyenyak dan anak sayapun sangat pulas tidurnya dan tidak rewel. Istri pun bisa istirahat dengan tenang sambil tetap memberikan asi kepada si adik setiap 2 jam sekali ketika ia tidur di malam hari.



Ketika lampu dimatikan, maka si adikpun akan langsung menuju tempat tidur 
dan terlelap bersama kami dalam tidur yang nyenyak



Sampai sekarangpun anak saya terbiasa tidur dalam keadaan gelap dan jika lampu tidak dimatikan ketika akan tidur, dia tidak akan mau tidur dan masih asyik saja bermain.

Kemudian seketika lampu sudah dimatikan, maka si adikpun akan otomatis langsung menuju tempat tidur dan terlelap bersama kami dalam tidur yang nyaman dan enak.
#7 ciri-ciri kalau anda sudah benar-benar tertidur



Ada hormon yang aktif ketika gelap
Perlu kita ketahui bahwa ketika kita tidur dalam keadaan gelap, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon tidur. Namanya adalah "melatonin". Hormon inilah yang membuat tidur kita menjadi lebih lelap dan nyenyak.



Hormon melatonin yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak 
dan akan aktif ketika keadaan disekitar gelap



Dikutip dari kompas.com, melatonin berfungsi

  • mengetahui saat bagi kita untuk tidur dan bangun, 
  • juga berfungsi mengatur irama jantung. 
  • Selain itu, melatonin juga berfungsi untuk mencegah kanker, penyakit jantung dan menurunnya fungsi otak.
Nah, sebaiknya kita tidur dalam keadaan gelap. Selain lebih sehat, juga membantu mengurangi pemanasan global dan lebih menghemat energi..



Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner


0 comments:

Post a Comment