Home » » Memberi Tulisan / Caption Tepat dibawah Gambar Pada Postingan Blog

Memberi Tulisan / Caption Tepat dibawah Gambar Pada Postingan Blog


Caption atau tulisan dibawah gambar pada blog sangat perlu ketika kita membuat postingan. Dengan adanya caption maka pembaca akan mudah mencari gambarnya ketika kita menjelaskan sesuatu berdasarkan gambar tersebut. Jika ada banyak gambar dan kita memberikan penjelasan yang banyak juga, maka caption ini akan menjadi sangat penting. Misalnya jika anda menjelaskan gambar 2 dan dalam postingan anda ada 5 gambar. Maka jika tidak diberi caption maka pembaca kemungkinan bingung dalam mencari gambar yang mana. Ini bermanfaat ketika kita akan membuat suatu tutorial.
Ok, langsung saja ke caranya :
1.       Masuk ke akun blogger anda kemudian buat postingan baru, New Post. Lihat pada gambar 1 dibawah. Kemudian klik ikon gambar (dalam lingkaran merah).

Gambar 1
 
2.       Anda akan dibawa masuk ke dalam pilihan upload gambar.  Klik choose file untuk mencari gambar yang akan anda pasang. Setelah ketemu gambarnya, klik 2 x maka gambar sedang diupload. Tunggu sebentar. (lihat gambar 2)

Gambar 2
 
3.       Setelah gambarnya muncul pada kotak putih, seperti gambar 3, maka pilihlah add selected. Tulisan dalam kotak warna biru paling bawah. Yang dilingkari merah.

Gambar 3
 
4.       Gambar akan muncul pada area posting dan sekarang klik gambarnya sekali, maka akan muncul tulisan panjang dibawahnya dan pilih “add caption”. (gambar 4)

Gambar 4

5.       Gantilah tulisan add caption dibawah gambar dengan tulisan yang kita mau. Misalnya saya tulis "gambar 1". (lihat gambar 5).

Gambar 5
6.       Sekarang publish postnya, maka gambar anda sudah ada tulisan keterangan atau caption dibawahnya.  Hasilnya seperti gambar dibawah.


 Ok, selamat mencoba....


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



8 comments:

  1. klo buat keterangannya dengan kode HTML gmana gan?

    ReplyDelete
  2. @aan-shared : kalo link sih bisa.. kalo kode html mungkin bisa langsung ditulis saja disitu gan..

    ReplyDelete
  3. Bagaimana gan agar tulisannya bisa tepat di tengah-tengah gambar?

    ReplyDelete
  4. @afif : untuk rata tengahnya tinggal pake perataan kiri, tengah, kanan yang ada pada saat kita nulis postingan gan.. nah, tinggal pilih rata tengah saja dan selesai..

    ReplyDelete
  5. di blog saya captionnya ga mucul gan. Bingung mau diapain lagi -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya pas klik gambar ketika posting artikel langsung kelihatan pilihannya gan..

      Delete
  6. klo otomatis bisa gak gan?misalnya d pasang d template?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa gan..
      harus ditulis sendiri itu..

      Delete