Home » » Mengenal Sumber-sumber Karbohidrat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengenal Sumber-sumber Karbohidrat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Beras
Beras

Setiap hari kita makan nasi untuk mencukupi kebutuhan energi dan rata-rata kita memakannya sebanyak tiga kali, yaitu pagi, siang dan sore.

Mengapa kita makan nasi dan untuk apa nasi itu ?

Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kemudian diproses dalam tubuh sehingga menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas.

 Indonesia 

Makanan pokok bagi sebagian besar orang Indonesia adalah nasi. Beberapa negara yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok contohnya adalah Jepang dan negara-negara asia tenggara.

Untuk kawasan eropa, makanan pokoknya pun berbeda dan mungkin nasi akan sangat jarang ditemui. Mereka menggunakan sumber karbohidrat yang lain.

 Sumber karbohidrat 

Berikut adalah beberapa jenis sumber karbohidrat yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

1. Nasi

Seperti yang sudah disebutkan diatas, nasi adalah sumber karbohidrat utama bagi negara Indonesia dan juga beberapa negara lain.

Tanaman padi sangat banyak dibudidayakan di negara Vietnam, Thailand dan juga Jepang. Vietnam dan Thailand adalah negara-negara yang sudah mengekspor beras ke negara lain.
                 
2. Jagung

Jagung bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan sangat mudah ditemukan di negara kita. Jagung bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat selain padi.

Olahan jagung yang mudah dijumpai adalah penganan jagung bakar muda yang banyak dijual oleh para pedagang. Bisa kita jumpai ketika sedang ada acara-acara besar dikampung atau tempat lainnya.

Dipantai juga sangat sering dijumpai penjual jagung bakar ini dan banyak orang yang sangat menggemarinya, termasuk saya juga.

3. Gandum

Gandum juga menjadi sumber karbohidrat lainnya. Biasanya gandum sering dibuat  roti atau juga biskuit. Kalau di Eropa, kita akan sering melihat olahan makanan dari gandum.

Roti adalah contoh makanan pokok yang sering dimakan disana dan warganya akan jarang makan nasi, seperti kita di Indonesia.
                                       
4. Kentang

Kentang juga menjadi salah satu sumber karbohidrat. Olahan kentang banyak digunakan sebagai pengganti nasi.

5. Sagu

Masyarakat di timur Indonesia sangat terbiasa menggunakan sagu sebagai makanan pokok. Contohnya di daerah Maluku dan juga Papua.

Disana pohon sagu sangat banyak ditemukan dan masyarakatnya tidak terlalu bergantung dengan beras lagi. Ini sangat cocok sebagai makanan alternatif pengganti beras.

6. Ketela dan ubi

Dua tanaman ini merupakan makanan pokok jaman ketika kakek saya masih kecil. Dulu beras masih sulit ditemukan dan kalaupun ada, harganya sangat mahal.

Oleh karena itu, ketela dan ubi dijadikan sebagai makanan untuk sumber karbohidrat dan sekarang pun masih sering saya menjumpai banyak orang yang menyajikannya.

#naik daun

Di Bali, ubi mulai mendapatkan popularitasnya kembali. Ubi dicampurkan ke dalam nasi dan banyak dihidangkan diacara-acara pernikahan dan adat lainnya.

Nasi yang dicampur ubi sangat enak rasanya. Mungkin kalau anda sempat berkunjung ke Bali dan menemukan makanan ini, bisa mencobanya.


****************

Sumber karbohidrat bukan hanya nasi saja, masih banyak makanan lain yang bisa dijadikan penggantinya. Ini sangat penting agar masyarakat bisa menggunakan sumber makanan pokok lain agar ketahanan pangan kita semakin kuat.


 Baca juga : 

  1. Salah satu manfaat unik nasi
  2. Makanan untuk sarapan pagi anda




Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



0 comments:

Post a Comment