Marka Jalan di Daerah Berkabut

Marka jalan merupakan tanda yang sering dijumpai ketika melintas di jalan raya.

Marka ini menjadi tuntunan pengendara bagaimana memacu motor atau mobilnya dengan baik, sehingga semua pengguna jalan merasa nyaman dan aman.




Contohnya garis putih yang membagi jalanan menjadi dua, kanan dan kiri.

Jadi, pengendara sudah tahu bagian mana jalur yang harus dilewati, yaitu sebelah kiri, dan dilarang melewati garis tengah yang sudah ada.


Baca juga : 






Fungsi pentingnya

Ada hal menurut saya, merupakan fungsi penting marka jalan selain yang sudah disebutkan di atas.

Tanda jalan seperti gambar di bawah sangatlah berguna ketika kondisi lintasan diselimuti kabut dan jarak pandang sangat terbatas.


Marka jalan memainkan peranan yang vital.

Karena lampu kendaraan tidak bisa berbuat banyak, memberikan penerangan, mengingat jalanan tertutup kabut tebal, maka marka jalan menawarkan bantuan luar biasa.

Gambar di atas adalah daerah dekat kawasan Kintamani, Bali
  • Jarak pandang sangat terbatas, kurang lebih 10 meter. 
  • Ditambah jalanan berkelok di daerah pegunungan. 


Dengan jarak pandang yang sempit, membuat saya kurang tahu arah jalan yang di depan, apakah lurus atau belok.

Sehingga saya hanya menjadikan marka jalan sebagai panduan.

Iya,..
Menggunakan marka jalan sebagai penuntun gerak kendaraan..

  • Ketika saya lihat marka jalan berbelok, saya akan mengikuti arahnya. 
  • Ketika marka lurus, saya akan bergerak lurus juga.


Dengan ini :

  • Arah jalan bisa diprediksi, 
  • Dengan tetap menghidupkan lampu agar pengendara dari arah berlawanan lebih waspada akan datangnya kendaraan, 
  • Kecepatan dalam kondisi berkabut jangan terlalu cepat (agak lambat).


Penting!!

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, kecepatan kendaraan harus lambat, janganlah terlalu cepat. Ini demi keamanan kita semua..

Ketika jarak pandang yang terbatas, kecepatan lambat harus diterapkan. Sikap terburu-buru mesti dibuang jauh-jauh.

Karena bisa membahayakan diri sendiri atau pengendara yang lain..

Nah, bagaimana menurut anda??

Bagi anda yang sering melewati daerah pegunungan yang berkabut, pasti sangat sering menggunakan bantuan dari marka jalan untuk menuntun sampai tujuan kan??



Baca juga :

Post a Comment for "Marka Jalan di Daerah Berkabut"